me

7 Tips Membawa Bekal Makanan untuk Perjalanan Jauh

May 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com
Berikut tips membawa bekal makanan untuk perjalanan jauh, baca selengkapnya di sini.

Cicilan 0% KAM

Tips membawa bekal makanan untuk perjalanan jauh, penting buat kamu yang sedang ingin bepergian. Soalnya, membawa bekal di kotak penyimpanan makanan, bisa menghemat biaya makan. Menunya bisa disesuaikan dengan selera, makanannya pun lebih higienis.

Terlepas dari hal tersebut, penting buat mengetahui tips untuk membawanya, karena makanan perlu disimpan dengan baik supaya tetap layak dikonsumsi, sekaligus gizinya tetap terjaga. Yuk, lihat tips membawa bekal makanan berikut ini:

Baca juga:


1. Bikin Daftar Makanan yang Akan Dibawa

Bikin Daftar Makanan yang Akan Dibawa
freepik.com

Ketahui dahulu, berapa hari kamu akan bepergian. Dari sini, kamu bisa mengira-ngira, berapa kali kamu akan makan. Biasanya, kita makan berat tiga kali sehari. Kemudian, buat perkiraan juga, seberapa sering kamu akan ngemil di jalan. Dalam sehari, kira-kira ngemil berapa kali dan kapan saja.

Pastikan juga berapa orang yang akan pergi. Misalnya, ada total empat orang yang akan melakukan perjalanan selama dua hari. Maka, kebutuhan makan satu orang dikali empat. Soalnya, ada empat orang yang akan bepergian. Di samping itu, coba tentukan siapa yang akan mempersiapkan apa.

Misalnya, si A mempersiapkan lauk, si B menyiapkan roti-rotian, si C membawa minuman. Jadi, semuanya benar-benar didiskusikan dengan cermat dan teliti. Soalnya, bekal makanan dan minuman sangat penting, apalagi rencananya, kamu akan membawanya untuk perjalanan jarak jauh.

2. Membilas Bahan Segar Seperti Sayur dan Buah

Membilas Bahan Segar Seperti Sayur dan Buah
freepik.com

Tentu saja, kamu akan membawa bekal yang berupa bahan-bahan segar, seperti misalnya sayur dan buah. Kamu mungkin akan berpikir untuk membawa sayur yang lebih tahan lama, seperti kubis, selada, tomat, mentimun. Lalu, kamu mungkin akan membawa buah yang mudah dikonsumsi.

Misalnya, kamu bawa pisang, apel, jeruk. Maka, jika kamu berniat membawa bekal makan yang berupa bahan-bahan segar, kamu bisa menyiapkannya dengan baik. Jadi, sebelum kamu mengemas sayur dan buah tersebut, kamu perlu membilasnya terlebih dahulu. Bilas dengan menggunakan air yang mengalir.

Tujuan membilas sayur dan buah ini, yaitu untuk menghilangkan semua kuman, bakteri, dan kotoran. Jadi, supaya bersih, sampai nggak ada lagi yang tersisa dan menempel pada bahan makanan. Baru setelah hilang dan bersih sempurna, kamu dapat memasukkannya ke dalam kotak makan.

3. Pakai Kotak Makanan dengan Tutup Rapat

Pakai Kotak Makanan dengan Tutup Rapat
freepik.com

Persiapan penting lainnya yaitu memilih kotak makanan yang tepat buat dibawa. Kuncinya, yaitu kamu bawa kotak makanan yang dilengkapi dengan tutup. Nggak cuma itu saja, tapi tutup kotak tersebut juga harus benar-benar rapat sekaligus kedap udara. Hal ini penting buat diperhatikan.

Soalnya, kotak yang tertutup rapat tanpa ada sela-sela buat aliran udara, bisa menjaga kualitas makanan supaya tetap bagus, dan terutama nggak basi. Jadi, hal ini dapat menjadi kunci utama yang kamu pastikan dari kotak makanan tersebut, yaitu memiliki tutup yang bisa menutup dengan rapat.

Nggak hanya itu, jika tutup kotak makanan benar-benar rapat, maka nggak ada risiko tutupnya akan terbuka. Ini sangat penting, apalagi kamu di tengah perjalanan, bukan. Tentu kamu ingin kotak penyimpanan makanan kamu, tertutup rapat dan nggak akan terbuka secara nggak sengaja.

4. Menjaga Suhu Makanan Tetap Dingin

Menjaga Suhu Makanan Tetap Dingin
Freepik.com/author/pixel-shot-com

Di sepanjang perjalanan, cobalah untuk menjaga suhu makanan supaya tetap dingin. Caranya, kamu dapat membawa makanan dingin dengan memasukkannya ke dalam kotak makan bersekat, kemudian dimasukkan ke dalam tas bekal yang bisa menjaga suhu agar tetap dingin.

Di samping itu, kamu dapat menambahkan es batu dan juga bisa tambahkan frozen gel packs ke dalam kotak pendingin atau cooler box. Buat penyimpanan makanan, disarankan kamu menjaga agar suhu makanan tetap dingin di kisaran 5 derajat Celsius, biar nggak muncul bakteri.

Begitu pula dengan makanan panas, kita perlu ikut menjaga kondisi suhunya. Untuk konsumsi, disarankan makanan panas disajikan dengan suhu minimal 60 derajat Celsius. Kamu bisa pakai wadah contohnya termos portabel buat makanan atau minuman, sehingga suhu terjaga dan tetap sama, seperti ketika makanannya baru saja dimasak.

5. Gunakan Wadah Kotak Makan yang Tepat

Gunakan Wadah Kotak Makan yang Tepat
freepik.com/author/mdbildes

Wadah kotak makan untuk menyimpan makanan dan minuman juga perlu diperhatikan baik-baik. Kamu perlu memilih kemasan kotak makan yang tepat. Tujuannya supaya makanan yang disimpan di dalamnya nggak mudah rusak, misalnya jadi berair, busuk, atau teksturnya menjadi terlalu lunak.

Jadi, perhatikan bahan kotak makan tersebut. Jika plastik, pastikan material plastiknya tebal dan kuat, serta kalau bisa tahan panas. Kemudian, selain itu, pastikan juga bentuk desain wadah makanan yang kamu gunakan. Apa kamu ingin membawa wadah berbentuk kotak atau bulat?

Tempat makan bulat yang paling populer, salah satunya berbentuk rantang dengan dua sampai lima wadah yang disusun bertumpuk. Kalau wadah berbentuk kotak banyak pilihannya, tinggal disesuaikan ukurannya dengan makanan yang kamu bawa. Kamu juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seperjalanan yang akan bepergian sama kamu.

6. Membawa Makanan yang Tak Mudah Rusak

Membawa Makanan yang Tak Mudah Rusak
freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Nah, ini juga penting banget, apalagi jika kamu akan membawa makanan untuk bepergian jarak jauh. Akan lebih baik, juga disarankan, agar kamu membawa bekal berupa makanan yang tinggi kandungan gizi dan juga nggak mudah rusak. Misalnya, kalau buah bawalah yang teksturnya keras, seperti jeruk, apel utuh, dan lainnya. Buahnya masih lengkap dengan kulitnya.

Terus, disarankan juga untuk membawa menu lainnya, berupa buah yang telah dikeringkan, misalnya, kismis, kacang-kacangan panggang tanpa banyak garam, trail mix, dan biskuit gandum utuh. Di samping itu, kamu juga boleh banget membawa snack bar yang terbuat dari bahan yang sehat.

Misalnya, snack bar tersebut bisa berbahan gandum utuh dan kacang dan buah. Camilan ringan tapi bergizi tinggi tersebut, bisa mengenyangkan buat perut, apalagi buat di tengah perjalanan. Gunakan kotak makan serbaguna buat menyimpan makanan dan camilan secara terpisah, sesuai dengan kebutuhan kamu.

7. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Mencukupi Kebutuhan Air Putih
freepik.com/author/weyo

Ada satu lagi yang juga sangat penting buat bekal, yaitu air putih. Pastikan selalu memenuhi kebutuhan air minum buat seluruh anggota keluarga atau teman-teman yang bepergian, biar nggak dehidrasi, apalagi jika kamu atau orang terkasih berkendara sendiri.

Hindari berkendara dalam kondisi sedang lapar serta kurang minum. Menurut Dokter Mari Carmen Lopez dari SEAT CARS Medical Centre, kamu nggak boleh mengemudi saat perut kosong, karena bisa bikin gula darah rendah dan jadi pusing, dan rasa lapar dapat menurunkan konsentrasi karena pikiran kita tertuju ke hal lain. Terus, penting juga buat mencukupi air minum di perjalanan.

Soalnya, jika kurang minum hingga dehidrasi, dan jadi kurang konsentrasi, pengendara tersebut bisa nggak sengaja keluar jalur, sampai terlambat saat mengerem. Selain mencukupi kebutuhan air putih, disarankan kamu minum minuman dengan kandungan elektrolit.


Baca juga:

Demikian tips membawa bekal makanan untuk perjalanan jauh. Kalau mau melengkapi kotak makanan buat dibawa, yuk langsung beli di Blibli. Di kategori home & living, ada kotak serbaguna lengkap, dan masih banyak wadah bekal lainnya, termasuk botol air minum. Belanja sekarang aja, lagi ada banyak diskon.