Di hunian minimalis, keberadaan rak dinding itu penting banget. Rak dinding bisa jadi media penyimpanan sekaligus dekorasi yang mempercantik ruangan. Sayangnya, rak dinding sering kali nggak dipasang secara optimal dan malah bikin ruangan terlihat berantakan. Untuk mencegah itu terjadi, kamu tentu harus tahu tips dan trik jitu dalam memasang rak dinding.

Nah, kali ini, Blibli.com bakalan membahas tips memasang rak dinding bareng Mbak Novita, Design Director dari NVA Interior Design. Bersama NVA Interior Design selama 6 tahun terakhir, Mbak Novita ini sudah sering banget mendesain ruangan rumah ataupun apartemen. Nah, menurut Mbak Novita, 5 hal berikut inilah yang nggak boleh dianggap sepele dalam memasang rak dinding!

DI SINI TEMPATNYA RAK DINDING DENGAN HARGA TERJANGKAU!!!

1. Lokasi pemasangan rak dinding

memasang rak dinding
Via – Akitas Mexico

Rak dinding itu boleh dipasang di mana saja. Mau di ruang makan, kamar tidur, ruang kerja, atau di mana pun. Akan tetapi, yang harus jadi pertimbangan adalah bagian dindingnya.

Menurut Mbak Novita, pemilihan bagian dinding perlu disesuaikan dengan fungsi rak dinding itu sendiri. Apabila fungsi rak hanya sebagai dekorasi ruangan, maka sebaiknya rak ditaruh di bidang dinding yang terluas. Namun, jika rak berfungsi sebagai media penyimpanan, taruhlah rak di dekat area berkegiatan.

CARI RAK DINDING YANG PAS DENGAN UKURAN DINDING? DI SINI AJA!!!

2. Pilih bentuk rak dinding yang sesuai

memasang rak dinding
Via – Decoist

Bentuk rak dinding sangatlah variatif, dari yang sebilah papan, persegi panjang, kubus, hingga bentuk rumah, dan sebagainya. Di antara bentuk-bentuk tersebut, mana yang paling cocok buat ruanganmu?

Menurut Mbak Novita, pemilihan bentuk rak dinding akan mempengaruhi kesan dari ruangan. Jadi, jangan sampai salah pilih. Apabila kamu mau ruangan terkesan ringan, gunakanlah rak dinding yang berbentuk sebilah papan saja. Akan tetapi, kalau mau ruangan terkesan dinamis atau playful, kamu bisa menggunakan rak kubus atau bentuk lainnya yang disusun secara dinamis.

SEMUA BENTUK RAK DINDING YANG KAMU MAU BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

3. Ketebalan rak jangan dianggap sepele!

memasang rak dinding
Via – Scene7

Dalam memilih rak, ketebalan bidangnya jangan dianggap sepele. Rak yang tebal belum tentu kokoh dan rak yang ringan belum tentu rapuh.

Saran dari Mbak Novita, pilihlah rak yang bentuk dan ketebalannya terkesan ringan namun tetap kokoh. Jangan memilih rak yang tebal karena akan terlihat bulky.

DI SINI BANYAK PILIHAN RAK DINDING YANG RINGAN NAMUN KOKOH, LHO!

4. Corak dan warna jangan sampai salah!

memasang rak dinding
Via – Hangers Only

Kalau pemilihan bentuk sudah, sekarang berlanjut pada corak dan warna. Mbak Novita menyarankan untuk memilih corak yang nggak ramai agar rak dinding gak terkesan terlalu mendominasi. Kemudian, soal warna, rak dinding tentu harus serasi dengan furnitur dan dinding ruangan secara keseluruhan. Warna yang serasi, ya, bukan warna yang sama.

Serasi nggak harus senada, warna yang kontras justru lebih baik. Sebagai contoh, apabila warna dindingmu abu-abu muda, kamu bisa menggunakan rak berwarna putih atau hitam. Hindari warna abu-abu muda atau warna abu-abu lainnya agar rak dinding nggak terkamuflase dengan bidang dinding.

KAMU BISA DAPATKAN RAK DINDING YANG ELEGAN DI SINI

5. Kuantitas wajib pas!

 

memasang rak dinding
Via – Decornation

Sebagai media penyimpanan, rak dinding memang efisien. Namun, hal itu bukan berarti kamu lantas memasang sebanyak-banyaknya rak dinding dalam satu ruangan. Mbak Novita mengatakan bahwa jumlah rak dinding itu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan proporsional bidang dinding.

Satu hingga dua rak sudah cukup jika bidang dinding ruangan kecil dengan tinggi plafon 2,8 meter. Namun, jika rak memang menjadi dekorasi utama sekaligus media penyimpanan, kamu bisa menggunakan rak kubus dengan 4 hingga 5 rak dalam satu dinding. Untuk menjadikan rak kubus tersebut sebagai center attention, kamu bisa memasangnya bertingkat dengan tinggi masing-masing sekitar 30 cm.

CARI RAK DINDING YANG MUAT BANYAK? DI SINI AJA!!!


Tips yang diberikan Mbak Novita ini nggak susah dan bisa langsung kamu praktikan sendiri, kan, Friends? Namun, kalau kamu masih ragu untuk memasang rak dinding sendiri. Kamu bisa menghubungi NVA Design Interior di web resminya atau melalui Instagramnya @NVAInterior untuk minta bantuan mereka atau sekadar tanya-tanya lebih lanjut.

Soal rak dinding yang tepat, kamu langsung aja cek Blibli.com. Di Blibli.com, tersedia semua model rak dinding yang kamu mau. Udah gitu, lagi ada diskon khusus untuk rak dinding pilihamu. Daripada kehabisan, mendingan langsung #BlibliSekarang aja!

DAPATKAN RAK DINDING YANG KAMU MAU SEKARANG JUGA!!!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY