7 Tips Hemat dan Praktis Saat Memasak Ala Anak Kos

Menjadi seorang anak kos nggak hanya dituntut untuk mandiri, namun juga kreatif dan cerdas dalam memaksimalkan segala hal agar hidup lebih efisien. Salah satunya dalam hal masak-memasak.

Jam yang sibuk (dan rasa malas) membuat banyak anak kos nggak punya cukup waktu untuk menyiapkan makanan. Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi, karena beberapa tips berikut ini akan siap membantu kamu kala perut keroncongan datang. Ada apa saja?

1. Pilih mentega sebagai pengganti minyak goreng

mentega-pengganti-minyak-goreng

Bagi kamu yang ingin berhemat dalam memasak, sebaiknya gunakan mentega/margarin untuk menggoreng atau menumis bahan makanan. Selain pemakaiannya lebih hemat dari minyak goreng, aroma dan rasa mentega bekerja lebih baik.

2. Ingin sehat? Kurangi makanan yang digoreng-goreng

kurangi-gorengan

Via – Cognitive Leeks

Nah, jika kamu ingin menerapkan hidup sehat, sebaiknya kamu mulai kurangi kebiasaan menggoreng makanan. Lebih bagus lagi jika kamu bisa menghindari penggunaan minyak goreng sama sekali. Sulit juga membersihkannya setelah masak selesai.

Agar lebih sehat, buatlah makanan dengan cara direbus atau dikukus. Misalnya sayur bayam, pepes tahu, dan lain-lain. Selain lebih mudah dibuat, kamu juga lebih gampang nyucinya.

3. Beli bumbu siap saji saja!

bumbu-siap-saji

Via – fillyourplate

Kehidupan anak kos identik dengan hal-hal bersifat instant dan efisien. Untuk menghindari kerepotan saat memasak makanan, sebaiknya pilih saja bumbu masakan yang sudah jadi. Selain lebih simple, kamu juga bisa menghemat biaya dan waktu. Kalau mau memasak, tinggal tabur. Selesai, diikat.


BACA JUGA Punya Dilema Dalam Mengatur Kamar, Ini Solusi Buat Kamu Anak Kos


4. Simpan sisa makanan dalam wadah kedap udara dan tahan bocor

mwadah-makanan

Via – bahasa-aquila

Sisa makanan tadi malam masih banyak? Jangan dibuang begitu saja! Makanan tersebut nantinya bisa kamu konsumsi lagi untuk sarapan atau makan siang keesokan hari. Simpanlah sisa makananmu dalam wadah kedap udara anti bocor (tupperware).

Kemudian masukkan dalam lemari pendingin. Jika ingin kamu konsumsi, tinggal panaskan kembali. Eits, tapi perhatikan dulu ya, makanannya mudah basi atau nggak. Kalau iya, langsung buang tanpa menyimpan.

5. Sediakan makanan yang gampang diseduh

makanan-diseduh

Nggak perlu deh nyalain listrik atau kompor. Makanan yang gampang diseduh dengan air atau susu jelas-jelas lifesaver banget. Kamu bisa beli oat atau sereal untuk bertahan hidup.

Makanan tersebut nggak hanya bisa dikonsumsi pada pagi hari, namun juga pada waktu-waktu tertentu saat kamu didera kelaparan. Mau lebih sehat dan kenyang? Potong buah kecil-kecil untuk ditabur di atasnya.

6. Microwave untuk solusi memasak praktis

microwave

Via – laquintadimension.tk

Ini dia alat masak yang wajib banget dimiliki para anak kos! Dengan microwave kegiatan masak-memasak nggak lagi harus menguras tenaga dan keringat.

Kamu bisa memanaskan sisa makanan semalam atau memasak hidangan lainnya. Tinggal pencet tombol dan atur waktunya. Voila! Makanan pun siap tersaji. Membersihkannya pun nggak sulit, yang penting rajin.

7. Manfaatkan setrika untuk membuat toast bread

setrika

Via – Grilledcheesesocial

Ide yang satu ini memang terdengar sedikit nyeleneh. Tapi kalau efektif, siapa peduli? Banyak yang mempraktekannya loh. Siapa kira setrika listrik yang kamu punya di kosan, nggak hanya bisa digunakan untuk merapikan pakaian. Tapi juga alat untuk membuat roti panggang.

Kamu hanya tinggal menyiapkan roti, mentega, dan isiannya. Kemudian bungkus dengan alumunium foil, tindih roti tersebut dengan setrika panas. Kamu bahkan nggak perlu dapur buat ini. Cocok buat sambil setrika, sambil sarapan.

Ternyata banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir biaya dan tenaga saat akan memasak di kos, ya? Dengan sedikit kreativitas, kegiatan yang satu ini akan terasa lebih menyenangkan.

Dalam kesempatan ini. Blibli.com juga ingin berpartisipasi membantu meringankan beban anak kos saat memasak! Kamu bisa temukan segudang pilihan produk yang dapat membuat kegiatan memasakmu lebih praktis, dari microwave sampai setrika. Yuk, langsung borong produk-produknya agar pengalaman memasakmu lebih menyenangkan!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY