Tips Memaksimalkan Ruang ala Jepang

Home sweet home! Istilah ini pasti udah ngga asing lagi kan? lalu, apa sih makna rumah nyaman menurutmu? Apakah rumah besar dan mewah, atau justru rumah minimalis nan hangat dan nyaman?

Jika pilihanmu ada di rumah minimalis dan nyaman, tentu hunian ala Jepang bisa jadi rekomendasi.

Rumah ala Jepang identik dengan konsep minimalis, kental akan kesederhanaan dan juga fungsional. Bahkan, rumah minimalis juga punya banyak manfaat loh! Selain lebih praktis, biaya operasional rumah pun otomatis akan semakin terjangkau.

Dan nggak cuma itu aja, dengan lahan terbatas rumah-rumah di Jepang bisa memanfaatkan ruang semaksimal mungkin, sehingga dapat mengakomodasi semua kebutuhan penghuninya secara optimal. Nah, kalau kamu tertarik memiliki rumah mungil dengan fungsi maksimal ala Jepang, simak yuk tips dan triknya berikut ini.

1. Pahami fungsi ruang

Photo by Pexels

Rumah Jepang cenderung berdesain minimalis dengan luas ruang terbatas. Supaya setiap barang yang ada di dalam ruangan tidak sia-sia, kamu harus mengoptimalkan fungsi barang atau furnitur yang ditaruh dalam ruangan tersebut. Bila perlu, pilihlah furnitur agar bersifat multifungsi seperti tangga yang sekaligus dapat dijadikan laci penyimpanan. Dengan demikian, tak ada ruang yang terbuang sia-sia.

CEK KOTAK MULTIFUNGSI UNTUK SIMPAN PERNAK-PERNIK INI

2. Perhatikan pencahayaan

Photo by Pexels

Pencahayaan yang tepat juga dapat membuat suasana ruang terasa lebih luas dan nyaman, loh. Pemilihan lampu bernuansa ternyata bisa menjadikan ruang di rumah terasa nyaman dan hangat seperti rumah-rumah di Jepang.

INI PILIHAN LAMPU LANTAI DENGAN DESAIN MINIMALIS

3. Pemilihan ornamen

Photo by Pexels

Agar ruangan terlihat lebih luas, coba deh pilih ornamen sederhana dan minimalis untuk menghindari kesan yang sumpek. Perlu diingat bahwa rumah-rumah di Jepang sangatlah mementingkan efisiensi tempat. Jadi usahakan hindari penggunaan ornamen berukuran besar seperti lukisan, lemari atau meja yang terlalu besar, yang membuat ruangan terasa kian sesak.

RAK PUTIH DENGAN BANYAK KOMPARTEMEN COCOK UNTUK MENYIMPAN PERNIK KECIL

4. Buat ruang multifungsi

Photo by Unsplash

Membuat area multifungsi jelas bisa menghemat ruang. Misalnya, kamu bisa menggunakan sudut ruang keluarga sebagai area baca dengan menyediakan kursi dan lampu lantau. Atau misalnya menyatukan ruang TV dengan ruang makan, sehingga akan lebih efisien.

KURSI BERDESAIN VINTAGE UNTUK READING CORNER 

5. Hindari partisi

Photo by Unsplash

Menyekat ruangan dengan partisi permanen seperti tembok hanya akan membuat ruangan terasa sesak dan terkotak-kotak. Ruang gerak pun jadi lebih terbatas. Cobalah terapkan desain open space sehingga ruang di rumah akan terasa lebih luas. Untuk memisahkan fungsi ruang, kamu bisa memanfaatkan partisi bergaya minimalis.

PEMBATAS RUANGAN BERGAYA JEPANG YANG MINIMALIS

6. Tata kabel dan barang secara rapi

Photo by Unsplash

Ruang yang rapi dan tertata akan terasa lebih lapang dan nyaman. Agar rumah terlihat lebih rapi, pastikan kabel-kabel di rumah teratur. Jangan lupa juga untuk menata pernik di rumah secara rapi. Kamu bisa manfaatkan container dalam berbagai ukuran untuk menyimpan pernak-pernik rumah. Pilihan wadah yang transparan bisa jadi solusi. Sebab, kamu bisa mencari barang yang tersimpan dalam kotak dengan mudah tanpa harus membuka tutup wadah.

Jepang selalu memiliki produk-produk yang praktis dan fungsional. Kali ini, Blibli.com menghadirkan promo menarik dari Tokyo1 Official Store yang merupakan toko alat rumah tangga unik dan asli Jepang. Dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau, pilihan produk pun terbilang variatif.

Yuk, lengkapi rumah dengan produk Tokyo1 Official Store di Blibli.com. Selain lebih praktis karena online, proses pembayaran pun aman. Kamu juga bisa mengembalikan produk dalam jangka waktu 15 hari setelah dibeli, jika ternya produk tidak. Cek di sini untuk promo menarik dari Tokyo1 Official.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY