Tips Manjain Kucing di Rumah Biar Tetep Bersih dan Sehat

Photo via pixabay.com

Tau nggak sih kalo punya piaraan di rumah bisa ngurangin stress? Ada banyak banget pilihan hewan yang bisa dipelihara di rumah. Mulai dari yang paling standar kayak kucing, anjing, ikan, sampe yang ekstrim, kayak iguana, uler-uleran, dan reptil-reptil yang lain. Di Indonesia sendiri karena mayoritas muslim, banyak banget yang miara kucing. Kalo mau pelihara anabul lucu ini, ikutin tips ini aja.

Tips Melihara Kucing

  1. Pahamin Kebutuhan Makanannya
Meo Kitten Ocean Fish Cat Food Makanan Kucing 1 1kg
Meo Kitten Ocean Fish Cat Food Makanan Kucing 1 1kg

Tips paling dasar buat miara kucing di rumah adalah paham dulu kebutuhan makanan apa aja yang dibutuhin. Perlu juga buat nyiapin makan yang sesuai porsi, biar si manis nggak kegendutan atau malah jadi kurus.

Harus rutin juga buat ngitungin berapa berat si kucing, soalnya mereka butuh makan seenggaknya 2% dari berat badan. Contoh, kalo kucing yang beratnya sekitar 5 kg, berarti dia butuh makan paling dikit 100 gram per hari. Kalau dia masih anakan, bisa lebih banyak ngasih makannya.

Anak kucing biasanya makan 4-6 kali sehari. Bisa kasih makanan basah atau makanan kering kayak Equilibrio Kitten dan Proplan Kitten yang nutrisinya banyak. Kalo mau yang harganya lebih miring, Me-o Kitten di Blibli bisa jadi pilihan yang pas. Jangan lupa juga buat selalu sediain minuman bersih buat si mpus ya.

  1. Ngajarin SOP Pup & Pipis
OEM Cat Litter Box 17 Bak Pasir Kucing
OEM Cat Litter Box 17 Bak Pasir Kucing

Kalo piaraan masih pipis dan pup sembarangan, bukan ngilangin stress yang ada malah emosi doang. Nah, dari si anabul masih kecil harus banget ngajarin dia buat buang air di tempatnya. Biar buang air kecil atau buang air besar ga sembarangan, bisa siapin litter box yang udah diisi pake pasir buat si kucing.

Lebih bagus kalo milih litter box model kebuka kaya produk OEM. Model yang ketutup bisa bikin bau kotoran awet di tempat yang ujung-ujungnya malah bikin si mpus jadi nggak nyaman lagi. Pilih juga yang ada scoop-nya biar gampang dibersihin pas udah penuh. Pasir juga penting lho! Pilih yang bisa ngurangin aroma-aroma yang gak enak dari kotoran si kucing.

  1. Sikat Bulunya Harus Teratur
HOME TECH Grooming Anjing kucing Sarung Tangan Pijat Perawatan Membersihkan
HOME TECH Grooming Anjing kucing Sarung Tangan Pijat Perawatan Membersihkan

Kalo kucing piaraan punya bulu yang tebel kayak jenis Persia, British Shorthair, atau Munchkin, harus banget rajin nyikatin bulunya. Bulu kucing yang tebel dan jarang disikat bisa cepet kusut. Sambil nyikat, sekalian periksa juga ada kutu apa nggak di badan anabul.

Buat nyikat bulu kucing juga ada sisir khusus. Mulai dari sisir jarum buat kucing yang bulunya lebat banget, sampe sisir kayu buat ngerapihin bulu kucing atau slicker brush yang bisa dipake buat grooming sendiri di rumah. Ada juga yang modelnya sarung tangan dan bisa dibeli di Blibli.com. Selain buat grooming, alat ini juga bisa dipake buat mijetin si manis.

  1. Gunting Kukunya Dengan Rutin
GUNTING KUKU KUCING
GUNTING KUKU KUCING

Kucing rumahan yang gak pernah keluar rumah harus rutin digunting kukunya. Soalnya, kalo dibiarin tangan si anabul bisa luka. Jadi, wajib banget nyiapin gunting kuku kucing ini. Inget ya, gunting bagian runcingnya aja dan jangan terlalu dalem apalagi sampe ngegunting bagian yang warnanya pink.

Selain tips-tips di atas, perlu juga bawa anabul ke dokter yang rutin, biar kesehatan dia bisa kepantau. Semua alat-alat buat ngerawat kucing kayak yang di atas bisa didapetin di Blibli.com. Variannya banyak dan harganya juga ramah banget di kantong. Langsung aja cek promonya di sini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY