Tips Liburan Bareng Temen-Temen Biar Gak Cuma Jadi Wacana Doang

Photo via pexels.com

Ngabisin waktu liburan bareng temen-temen pastinya bakal asik banget. Pengen kumpul dan jalan bareng, tapi bingung mau kemana? Staycation di area dalam kota atau sekitarnya bisa jadi alternatif liburan yang oke dan hemat budget. Nah, biar liburan sama temen-temen gak cuma jadi wacana, cobain tips-tips berikut.

  1. Cari Tanggal yang Tepat
Photo via pexels.com

Ini adalah part pertama dan yang paling susah biasanya. Karena nyocokin jadwal orang-orang pasti ribetnya setengah mati. Jadi, coba set tanggalnya dari jauh-jauh hari biar semua pada ngosongin jadwal. Ini juga buat jaga-jaga supaya liburannya tenang. Kalo di tengah waktu liburan tiba-tiba ditelpon sama bos urusan kerjaan, kan jadi gak nyaman.

2. Bikin Agendanya

Photo via pexels.com

Kalo udah dapet tanggalnya, langsung bikin deh agendanya. Jadi pas udah waktunya, gak akan bingung lagi mau ngapain. Cari referensi aktivitas seru yang bisa dilakuin rame-rame. Kalo ada temen yang rumahnya punya taman yang lega, camping pake tenda juga asik walaupun cuma di rumah aja. Jangan lupa siapin mini games biar gak boring.

3. Alokasi Dana Biar Gak Boncos

Photo via pexels.com

Karena liburannya ini gak sendirian, urusan duit harus diomongin dari awal. Setelah agendanya udah ditentuin, bisa langsung itung estimasi biayanya. Jadi ketahuan deh tuh setiap orang harus patungan berapa. Semua biayanya harus bener-bener diitung, dari penginapan, transportasi, konsumsi, cemilan, dan lain-lain supaya pengeluarannya kejaga dan gak ada orang yang nombok. Kalo udah cocok, tinggal berangkat deh.

4. Bikin Aturan: Dilarang Henponan

Photo via pexels.com

Kumpulin HP jadi satu. Percuma kan kalo udah kumpul bareng temen-temen, tapi malah pada sibuk sama HP masing-masing. Makanya aturan ini penting buat dipake. Bikin kesepakatan awal sama temen-temen tentang urusan yang satu ini. Bisa coba sesuaiin aturannya, misalnya bikin jam-jam tertentu yang ngebolehin buat main HP. Jadi, pas lagi kumpul gak ada yang ansos.

5. Main Games Yang Rame

Photo via pexels.com

Biar makin seru, bikin agenda main games yang bisa dimainin rame-rame. Games di sini bukan games HP loh ya. Tapi game yang bikin kita ketawa-ketiwi dan penuh interaksi kaya monopoli, kartu,  “truth or dare”  atau game jadul waktu kita masih bocah kaya “ABC 5 Dasar”.

PROMO: Berbagai Board Games Pilihan

Staycation emang jadi alternatif liburan yang bisa dipilih, apalagi di masa pandemi kaya sekarang. Formatnya juga bisa macem-macem. Bisa sewa vila rame-rame, kamar hotel, atau di rumah aja sambil barbeque-an. Yang penting, gak lupa nerapin yang namanya protokol kesehatan, pake masker, dan tetap jaga jarak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY