[Interview] Yuk, Level Up Skill Bikin Video Travel Dengan Tips dari Thorofi, Videografer CIAYO Corp

video travel

Di musim liburan ini, membuat video travel yang keren untuk ditunjukkan ke teman-teman memang bisa jadi kegiatan seru! Supaya kamu bisa meningkatkan keahlianmu dalam membuat video travel, Blibli Friends sudah ngobrol bareng Mas Thorofi, nih. Mas Thorofi sendiri adalah seorang videografer dari CIAYO Comics yang sudah sering membuat vlog travel untuk tim CIAYO.

Kira-kira, apa saja teknik dan hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas vlog travel-mu? Yuk, langsung simak saja wawancara bersama Mas Thorofi!

SIAPKAN KAMERA TERLEBIH DAHULU SEBELUM MULAI TRAVEL SERUMU!

1. Perlengkapan wajib ketika membuat video travel?

video travel
Via – Markertek

Pertanyaan paling umum ketika ingin membuat video travel adalah: Apa sih jenis kamera yang paling bagus untuk membuat video travel? Menurut Mas Thorofi, semua kamera itu bagus dipakai untuk merekam video travel, asalkan kamu mengerti teknik merekam dan menguasai kamera yang kamu gunakan.

Bila kamu ingin menggunakan kamera seperti Go-Pro ataupun drone, kamu harus mengerti terlebih dahulu cara kerja mereka beserta dengan fitur-fiturnya. Misalnya, jangan gunakan Go-Pro untuk mengambil video yang biasa-biasa saja. Kamu bisa mengenakan Go-Pro yang tahan air ketika meloncat ke air atau menyelam bersama ikan-ikan.

Di lain sisi, kamu tetap bisa membuat video travel yang cantik, bahkan bila kamu hanya bermodal kamera smartphone seperti iPhone. Jadi, mulailah merekam dengan kamera yang paling nyaman kamu gunakan dan kuasai!

CARI KAMERA YANG PALING KAMU KUASAI DI SINI

2. Terapkan teknik transisi in-camera di lapangan

Bila kamu ingin membuat video travel jadi lebih menarik, ada satu teknik yang dapat kamu manfaatkan, yaitu teknik transisi. Bukan transisi melalui editing, lho! Yang dimaksud di sini adalah in-camera transition.

“(Contohnya) Saat ambil long shot suatu daerah, di akhir video kamu gerakkan kamera kamu secara cepat ke arah kanan (pan right) lalu cut. Lalu, di shot berikutnya, kamu mulai video dengan pan right, lalu cut. Nah, di tahap editing, kamu bisa menyatukan kedua video itu tanpa menambahkan efek digital,” jelas Mas Thorofi.

SIAPKAN KAMERA SEBELUM MEMULAI LIBURAN AGAR KAMU BISA PUNYA VIDEO KENANGAN

3. Perlengkapan kamera ekstra yang seharusnya dibawa

video travel
Via – DIY Photography

Menciptakan video yang stabil dan nggak goyang adalah hal penting dalam video travel. Untuk mencapai hal tersebut, Mas Thorofi merekomendasikan aksesoris berupa monopod. Berbeda dengan tripod yang lebih berat dan butuh waktu untuk pemasangannya, monopod memiliki bobot yang lebih ringan dan relatif mudah digunakan.

“Pilihlah monopod yang nggak terlalu berat. Tujuannya untuk meringkas dan meringankan bebanmu. Nggak mau kan naik-naik gunung bawa barang berat? Jika kamu punya Go-Pro, pastikan pilih monopod yang ada baut 1/4-nya, agar bisa jadi tongsis buat Go-Pro juga,” tambah Mas Thorofi.

CARI MOUNT UNTUK KAMERA AGAR VIDEO TRAVEL NGGAK BLUR DAN SELALU JERNIH

4. Hal-hal lain yang nggak boleh kelupaan ketika membuat video travel

Ini yang sering kali dilupakan saat merekam video travel. Mungkin karena takut kehilangan momen, kita jadi suka ambil gambar sebanyak-banyaknya. Padahal, kalau footage yang sudah diambil shaky alias goyang-goyang semua, ya sama aja bohong!

“Hal pertama yang harus diingat saat bikin video travel adalah kamu akan kehilangan waktu menikmati traveling. Jangan paksakan menikmati pemandangan sembari merekam, itu cuma akan membuat konsentrasimu terbelah. Kedua, jangan buru-buru dalam mengambil momen! Tetap tenang dan lihat sekitar. Take your time, ambil posisi yang bagus, dan baru ambil gambar! Buru-buru mengambil gambar hanya menghasilkan video yang shaky,” jelas Mas Thorofi secara mendetail.

Mas Thorofi juga menambahkan kalau kamu dapat memanfaatkan strap kamera untuk mengambil gambar dengan stabil. Caranya adalah dengan menggantungkan kamera di leher dan menarik kamera ke arah depan secara kuat ketika kamu ingin mengambil gambar.

DAPATKAN KAMERA DSLR DAN STRAP-NYA YANG KOKOH DI BLIBLI.COM


Nah, itu dia tips untuk kamu yang ingin level-up ketika membuat video travel. Selain menguasai perlengkapan yang kamu miliki, kamu juga harus mengerti teknik-teknik dasar dalam membuat video!

Kalau kamu masih penasaran soal membuat video travel, kamu bisa langsung bertanya pada Mas Thorofi di akun instagramnya, @thorofi, ya. Buat yang penasaran dengan video susunan Mas Thorofi, kamu juga bisa melihat vlog tim CIAYO Comics di akun YouTube-nya. Nah, kalau kamu sudah nggak sabar untuk melengkapi perlengkapan video travel dengan monopod atau strap, kamu bisa langsung dapatkan di #BlibliSekarang!

DAPATKAN KAMERA UNTUK MELENGKAPI VIDEO TRAVEL LIBURAN AKHIR TAHUNMU

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY