Berbicara tentang keindahan alam Indonesia, rasanya nggak akan pernah ada habisnya. Kamu tentunya bangga bisa lahir dan besar di negara yang disebut-sebut sebagai tanah surga ini.

Keelokan alam Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis lokal dan manca-negara untuk berkunjung. Nggak terkecuali kamu, bukan? Tapi hal tersebut rasanya agak mustahil mengingat biaya yang dikeluarkan tentunya akan sangat besar.

Jangan berkecil hati dulu, siapa bilang kamu nggak bisa pergi keliling Indonesia dengan budget minimal? Dengan tips-tips berikut ini, impianmu untuk keliling Nusantara dapat terwujud!

1. Melakukan perjalanan malam untuk menghemat biaya menginap

perjalanan-malam

Via – luggage.co.nz

Sudah punya daftar tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi dari Sabang sampai Merauke? Tahap selanjutnya kamu perlu mencari dan memesan tiket penerbangan atau transportasi umum lain.

Bagi kamu yang ingin menghemat pengeluaran saat jalan-jalan, sebaiknya pilih perjalanan pada malam hari. Memulai perjalanan pada malam hari memungkinkan kamu bisa tidur di dalam kereta, pesawat atau bus malam.

Hal ini tentunya akan menghemat biaya menginap dan sangat efektif apabila diterapkan untuk perjalanan jauh yang sekiranya akan menghabiskan waktu berjam-jam.

Selain itu, untuk tiket pergi-pulang, sebaiknya pilih pada hari biasa karena harga tiket biasanya akan melonjak naik pada akhir pekan. Selain lebih terjangkau, perjalanan pada hari biasa (malam) juga akan menghindarkanmu dari kemamacetan sehingga kamu dapat menghemat banyak waktu.

2. Isi dompet tetap terjaga dengan makan di tepi jalan

makan-di-pinggir-jalan

Salah satu hal menyenangkan yang perlu kamu coba saat mengunjung tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia adalah mencicipi kuliner khas lokalnya. Namun jika kamu ingin menekan biaya seminimal mungkin, hindari makan di restoran besar nan mewah.

Cari tahu apakah ada warung atau pasar tradisional yang juga menjajakan makanan serupa. Karena harga makanan di warung tepi jalan atau kaki lima tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga makanan di restoran.

Rasanya sama-sama enak, harganya murah dan kamu bisa lebih merakyat dengan warga sekitar! Hal ini bakal berguna jika kamu jalan-jalan ke kota besar (Jakarta, Surabaya), banyak turis internasional (Bali), yang dekat dengan negara lain (Tanjungpinang, Medan) yang relatif lebih mahal.

3. Kumpulkan kontak teman di berbagai pulau sebanyak-banyaknya

kontak-teman

Ungakapan “banyak teman banyak rezeki,” mungkin akan lebih terasa saat kamu melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Indoesia. Yup, dengan punya kenalan atau teman sebanyak mungkin, kamu bisa menghemat biaya jalan-jalan!

Jika memungkinkan, nggak jarang loh, kamu diizinkan untuk menginap di rumah teman, bahkan menggunakan fasilitas kendaraan untuk berkeliling secara gratis.

Selain itu, teman atau kenalanmu di daerah yang sama sekali belum pernah kamu singgahi juga bisa memberikan rekomendasi tempat-tempat murah yang nggak banyak orang tahu.

Nggak sulit kok mencari kenalan atau teman baru yang bisa kamu temui di Indonesia.  Sebelum berencana untuk jalan-jalan, luangkan waktu kamu untuk bergabung dengan komunitas wisata yang bisa kamu temukan dengan mudah melalui keajaiban internet.

Selain akan mendapatkan kenalan baru, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan orang-orang asli dari wilayah yang ingin kamu kunjungi nanti. Jangan lupa untuk mencatat kontaknya ya!

Hanya saja, kamu jangan terlalu mudah percaya jika kenalan baru kamu tersebut terkesan terlalu baik. Namanya juga bertemu dengan orang asing, kamu nggak akan pernah tahu kejadian seperti apa yang akan kamu alami nanti.

4. Penginapan murah nggak masalah, asalkan layak

penginapan-murah-gak-masalah

Ingin berkeliling Indonesia dengan budget minim? Buang jauh-jauh keinginan untuk bisa menginap di hotel dan penginapan mahal. Kalkulasikan total budget kamu, dan jangan menghabiskan lebih dari 30% untuk biaya penginapan sepanjang perjalanan!

Meskipun murah, pastikan penginapan yang kamu pilih nggak murahan ya, friends! Pastikan terlebih dahulu, fasilitas apa saja yang ditawarkan pihak hotel atau hostel tempat kamu menginap.

Kamu bisa memanfaatkan situs internet yang menyediakan referensi penginapan atau hotel murah untuk mencari tahu. Lebih bagus lagi kalau kamu menemukan promo atau diskon!

Selain itu, untuk menghemat biaya lainnya, pilih juga penginapan yang dekat dengan objek wisata yang akan kamu kunjungi.

5. Bawa pakaian secukupnya

pakaian-secukupnya

Via – renttoapartments

Masalah yang satu ini biasanya paling bisa membuat para wanita pusing. Ingatlah bahwa mengelilingi Indonesia itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Serta memungkinkan kamu untuk berpindah-pindah pulau dan tempat lebih dari dua kali.

Agar tidak repot, maka bawalah pakaian dengan jumlah sedikit sehingga memudahkan kamu untuk membawanya tanpa rasa berat saat harus berpindah lokasi. Untuk menyiasati agar nggak kehabisan pakaian, bawalah detergen cair sehingga kamu bisa mencuci pakaian kotor.

Bawalah pakaian kasual seperti kaos, celana panjang dan pendek serta beberapa pakaian dalam. Bagi para wanita, sebaiknya hindari juga pakaian yang terlalu seksi dan terbuka.

Selain karena kamu nantinya akan bertemu orang-orang dari berbagai macam daerah yang masih menjunjung tinggi nilai kesopanan, berpakaian tertutup dapat menjauhkanmu dari hal-hal yang tidak diinginkan.


BACA JUGA Jalani Liburan yang Nggak Biasa dengan Melakukan 7 Hal Ini


6. Nebeng lebih asyik dan murah ketimbang naik taksi

nebeng

Namanya juga ingin jalan-jalan murah, apapun juga akan kamu lakukan untuk menekan biaya pengeluaran. Salah satu biaya terbesar yang akan menguras isi dompetmu saat berlibur adalah ongkos atau biaya transportasi.

Karena masih asing dengan medan dan daerah sekitar, kamu tentunya akan lebih sering menggunakan tranportasi umum yang terkesan praktis dan aman seperti taksi.

Padahal jika hal ini tetap kamu teruskan, maka bukan nggak mungkin, budget liburanmu akan cepat terpangkas habis.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meminta warga sekitar untuk memberimu tumpangan menuju tempat lain yang ingin kamu singgahi.

Mintalah dengan cara yang sopan dan nggak memaksa. Biasanya mereka akan senang hati mengantarkanmu jika memang kebetulan akan menuju tempat yang sama. Kalau nggak ada yang membantu, jalan kaki!

7. Pilih paket wisata untuk kamu yang nggak mau repot

beli-paket-wisata

Via – Sewa Bus Wisata

Indonesia bukanlah negara yang kecil. Terdiri dari banyak pulau dari Sabang sampai Merauke, tentunya memungkinkan kamu untuk singgah di banyak tempat. Jika membayangkannya saja sudah membuat kamu pusing, mengapa nggak coba pilih perjalanan bersama agen wisata saja?

Agen-agen wisata tersebut biasanya menawarkan banyak pilihan paket wisata yang bisa kamu coba. Selain menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan berangkat sendiri, paket wisata biasanya berisi pilihan tempat-tempat wisata populer yang beragam.

Kamu juga nggak perlu lagi dipusingkan dengan alat transportasi dan akomodasi karena semuanya sudah termasuk dalam harga paket.

Hanya saja, kelemahan dari mengikuti paket wisata adalah terbatasnya waktu untuk menikmati tempat wisata yang kamu singgahi. Kurang puas deh!

8. Hindari tempat wisata populer dan pilih objek wisata gratis

hindari-tempat-populer

Memiliki kesempatan untuk mengunjungi kiendahan Indonesia nggak selamanya harus mengunjungi destinasi wisata yang mahal. Ada banyak objek wisata menarik yang bisa kamu nikmati secara cuma-cuma tanpa biaya tiket masuk.

Untuk mengetahui tempat-tempat tersebut, sering-seringlah browsing di internet untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Atau kamu juga bisa menanyakannya langsung kepada penduduk lokal saat kamu berada di sekitar lokasi.

Untuk lebih bisa menekan biaya, hindari untuk mengunjungi tempat-tempat wisata populer sebisa mungkin. Selain tempatnya yang bisa dipastikan selalu ramai oleh wisatawan, destinasi populer biasanya menawarkan biaya tiket masuk yang tinggi.

Lain cerita jika punya teman atau kenalan yang bisa membawa kamu masuk. Jika kamu bersama dengan penduduk lokal atau kenalan orang dalam, gratis merupakan harga tiket masukmu.

9. Prioritaskan objek wisata yang ingin kamu kunjungi

prioritas-tempat-wisata

Via – surgatraveller

Memiliki waktu dan biaya yang terbatas, membuat kamu nggak bisa sesuka hati mengunjungi banyak tempat sekaligus. Untuk itu, buatlah daftar tempat-tempat wisata mana saja yang ingin kamu kunjungi.

Kemudian dari daftar-daftar tersebut, prioritaskan mana yang benar-benar worth it untuk kamu singgahi. Untuk membantumu menentukannya, pilihlah lokasi wisata yang berdekatan dengan tempat wisata lainnya. Sehingga kamu bisa mengunjungi banyak tempat tanpa harus keluar biaya lebih.

Rencanakan perjalanan dengan baik dari jauh-jauh hari. Dari satu titik ke titik lain, tarik garis dan cari rute paling pendek dan efisien untuk mencapainya. Pasangkan juga target budget yang akan kamu habiskan di setiap destinasi.

10. Jika ingin membeli oleh-oleh, belilah di pasar tradisional

beli-oleh-oleh-di-pasar

Bagi orang Indonesia, membeli buah tangan saat bepergian untuk diberikan pada orang-orang terdekat seakan menjadi keharusan. Tapi bagaimana jika budget yang kamu miliki sangat terbatas?

Tenang saja, dengan uang yang nggak banyak, kamu masih bisa kok memberi oleh-oleh untuk orang rumah sepulang perjalanan keliling Indonesia-mu. Caranya adalah dengan memilih oleh-oleh yang nggak mahal namun berkesan.

Agar bisa membeli dengan harga yang murah, belilah oleh-oleh yang dijual di pasar tradisional. Selain pilihannya lebih beragam, kamu juga bisa menggunakan keahlian menawar terbaikmu untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Jadi sudah siap berkeliling Indonesia untuk merayakan pergantian tahun baru nanti? Pastikan semua barang yang kamu perlukan telah kamu siapkan dalam kopermu. Koper yang nggak terlalu berat namun bisa menampung banyak merupakan hal penting. Kamu nggak mau menghabiskan energimu kebanyakan dalam membawa koper sana sini. Karena, energi yang habis berarti makan dan istirahat lebih, serta waktu yang lebih sedikit.

Selamat jalan-jalan ya Friends!

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY