me

Tips Hilangkan Ngantuk Saat Puasa

Apr 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/odua

Puasa memang bisa bikin badan kita terasa lelah dan ngantuk, terutama pas jam-jam sore menjelang waktu berbuka. Hal ini sebenarnya wajar ya Blibli Friends, soalnya energi di badan kita menurun drastis dan dehidrasi karena nggak dapat asupan makanan dan minuman berjam-jam. Alhasil buat kamu jadi kurang produktif. Nggak heran ini juga yang bikin jam kerja dan sekolah diperpendek. 

Sebenernya, ada kok beberapa cara yang bisa kamu coba buat menghilangkan rasa ngantuk saat puasa. Jangan sampai pahala ibadahnya berkurang gara-gara nggak produktif pas kerja atau sekolah. Yuk, simak 7 tips sederhana yang bisa bikin kamu tetap bugar dan semangat menjalani puasa!

Baca Juga:


  1. Atur Pola Tidur
freepik.com/author/odua

Buat kamu kaum yang suka begadang, ini wajib jadi poin penting,nih! Pas puasa tubuh kita bener-bener off dari segala macam asupan. Otomatis nggak ada makanan yang bisa dibakar buat jadi energy. Nah, kalau pola tidur kamu kurang teratur, ini bisa jadi salah satu faktor utama yang bikin kamu gampang banget ngerasa ngantuk pas puasa. Energi kamu nggak seutuhnya pulih waktu tidur.

Coba buat mengatur pola tidurmu biar bisa tidur yang cukup setiap harinya. Hindari begadang atau tidur terlalu larut malam, dan pastikan untuk bangun tepat waktu biar bisa sahur tepat waktu dan aktivitas puasamu lebih segar. Usahakan 8 jam dan kualitas tidurnya baik, misal matiin lampu pas tidur. Dijamin bangun-bangun badan lebih fit.

Apalagi sesuai hadits tidur orang berpuasa adalah ibadah, seperti yang tercantum di ayat dalam kitab Ittihaf sadat al-Muttaqien: “Tidurnya orang puasa adalah ibadah, nafasnya adalah tasbih, dan diamnya adalah hikmah.” Tentunya bukan berarti kamu boleh malas-malasan, ya Blibli Friends! Karena tidur yang berarti ibadah adalah bukan buat malas-malasan tapi biar puasanya lancar.

Jadi meskipun tidur termasuk ibadah, bukan berarti kamu harus terus-terusan istirahat.  Wajar kalau tenaga sering drop karena puasa bakal bikin asupan berkurang. Istirahat saja sesuai kebutuhan badanmu, dan jangan ragu buat tidur sebentar kalau pas lagi ngantuk. Tidur singkat 10-20 menit saat jam istirahat kantor atau sekolah bisa membantu mengembalikan energi dan memperbaiki mood.

  1. Buka dan Sahur dengan Makanan Bernutrisi
freepik.com/author/odua

Makanan yang kamu konsumsi saat sahur atau buka juga ngaruh banget ke tingkat energi dan kebugaran selama puasa. Makanan bernutrisi tinggi yang paling disarankan seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, serta buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh, karena bisa bikin kamu merasa cepat lemas dan ngantuk.

Banyak banget di antara kamu yang biasanya malas sahur dengan makanan yang berat, beda sama buka yang selalu beragam jenis makanannya. Padahal jenis asupan pas sahur jauh lebih penting, lho. Kamu bisa pilih makanan-makanan yang dicerna lebih lama dalam perut seperti serat, protein dan karbohidrat. 3 jenis gizi ini bagus banget buat dibakar jadi tenaga selama seharian.

  1. Jaga Hidrasi Tubuh
freepik.com/author/firmangallery

Dehidrasi ini yang jadi penyebab utama rasa ngantuk saat puasa. Pastikan buat minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka. Hindari minuman yang mengandung  gula berlebihan karena bisa bikin kamu lebih cepat merasa haus. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan segar juga bisa banget menjaga hidrasi tubuh dan asupan vitamin. 

Kamu bisa pilih minum air putih, susu atau air kelapa muda terutama saat sahur. Usahakan untuk mengurangi makanan manis atau asin saat sahur karena sifatnya yang mengikat air sehingga bikin badan mudah haus. Lebih baik konsumsi manis pada saat jam buka karena bisa mempercepat kembalinya energi.

  1. Hindari Minuman Berkafein
Hindari Minuman Berkafein
freepik.com/author/topntp26

Minum memang penting banget nyukupin asupan cairan buat persiapan badan puasa. Tapi hati-hati karena jangan sampai kamu minum yang tinggi kafein. Meskipun kafein diyakini bisa nambah energy, tapi sebenarnya ini cuma sesaat, lho. Ibaratnya kayak nge-boost mood tubuh dalam waktu yang singkat aja. 

Kalau kamu kebanyakan mengkonsumsi minuman berkafein kayak kopi dan teh bisa bikin kamu ngalamin penurunan energi yang lebih besar setelah minum. Lebih baik hindari minuman berkafein waktu sahur dan berbuka. Alternatif yang bisa kamu pilih adalah minuman yang lebih sehat kayak air putih atau jus buah segar.

  1. Bergerak dan Olahraga Ringan
Bergerak dan Olahraga Ringan
freepik.com/author/odua

Meskipun badan lagi berpuasa, coba aja buat tetap aktif bergerak atau olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan. Aktivitas fisik yang teratur kayak gini bisa bantu melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon endorfin bikin kamu merasa lebih segar dan bersemangat.

Tips ini cocok banget buat kamu yang cenderung kerja kantoran atau nggak banyak gerak. Gerakan paling mudah yang bisa dilakukan misalnya kayak stretching, naik turun tangga atau sekedar berjalan keliling ruangan. Gerakan-gerakan ini lumayan efektif untuk mengalihkan perhatian kita biar nggak ngantuk.

  1. Latihan Pernafasan
Latihan Pernafasan
freepik.com/author/odua

Tips yang satu ini juga punya peran penting buat jaga kesehatan dan kenyamanan pas puasa. Latihan pernafasan bisa nolong banget ngejaga energi dan konsentrasi. Kamu bisa melakukannya dengan menarik nafas dalam selama 5 detik lalu menghembuskannya selama 10 detik. Lakukan ini setiap 1-2 jam sekali atau pas kamu lagi merasa ngantuk-ngantuknya.

Latihan nafas ini bantu kamu buat naikin oksigenasi tubuh. Salah satu penyebab ngantuk nggak cuma karena capek, tapi bisa juga kurangnya supply oksigen ke otak juga. Oksigen yang lancar bisa kurangi rasa lelah dan kuatkan sistem saraf. Jadi otomatis mengurangi stress dan naikin konsentrasi kamu selama bekerja.

  1. Kendalikan Emosi
freepik.com/author/sewuparistudio

Emosi yang nggak stabil atau stres bisa bikin kamu juga lebih mudah lelah dan ngantuk. Cobalah untuk menjaga emosi kamu tetap stabil dan positif selama menjalani puasa. Lakukan aktivitas yang menyenangkan, berbicara dengan teman atau keluarga, atau luangkan waktu untuk meditasi atau berdoa agar pikiran tetap tenang dan fokus.

Mengisi kegiatan ngabuburit dan berburu takjil bareng temen-temen juga bisa jadi kegiatan yang seru. Dengan begitu kamu ga mudah ngantuk tapi tetap bisa produktif dan bersosialisasi.

Semoga tips-tips di atas bisa bantu mengurangi rasa ngantuk saat puasa dan tetap menjalani ibadah dengan penuh semangat dan konsentrasi, ya! Tubuh yang produktif tentunya jadi kunci utama menjalani puasa dengan lancar dan nyaman sampai lebaran nanti.


Baca Juga:

Ngomongin soal lebaran, buat kamu yang masih belum siap outfit terbaik buat lebaran segera klik dan scroll koleksi fashion muslim di Blibli! Temukan ribuan koleksi outfit berkualitas dengan harga bersahabat cuma di Blibli!