Di era hits pamer foto di medsos seperti saat ini, seni fotografi semakin dilirik oleh banyak kalangan guna mendapatkan kualitas foto yang mumpuni sebelum dipajang di hadapan dunia.

Akan tetapi, ternyata masih banyak kegalauan yang melanda sebelum terjun dan belajar di dunia ini. Soalnya, fotografi bukan masalah membungkuk badan dan menekan tombol kamera!

Kali ini, Blog Blibli Friends duduk bersama Bung Heret Frasthio, founder dari Edge Network dan 2H Photography untuk berbagi beberapa tips buat kamu yang baru memegang kamera! Penasaran? Yuk, simak!

1. Soal kamera, jangan sampai salah pilih!

pilih-kamera

Via – Lumix Indonesia

Pilihan kamera pertama menjadi faktor penunjang penting dalam belajar fotografi. Untuk pemula, kamera dengan standar harga lima juta sama sekal nggak berlebihan. Kamu bisa memulai dengan kamera DSLR sederhana dengan fix lense untuk lebih aman.

Kalau ternyata budget masih belum cukup, kamu bisa membeli yang second-hand. Heret berpesan agar teliti dalam memeriksa kelengkapan dan fitur kamera, mulai dari shutter (semakin besar semakin sering dipakai), lensa, ketahanan baterai, dan detil lainnya. Intinya, jangan sampai terlewat dan menyesal ketika kamera sudah di tangan.

2. Jangan takut untuk bereksperimen!

bereksperimen

Via – Lumix Indonesia

“Kalau mau belajar fotografi, biasakan take photo dengan settingan manual,” kata Heret saat ditanya.

Menurut Heret, kalau kamu terus menggantungkan diri pada settingan otomatis penuh, kamu nggak akan belajar banyak bro! Hal ini jelas karena pada pengaturan itu semuanya sudah ditentukan sepenuhnya, baik ISO, shutter speed, maupun aperture ketika kamera digunakan.

Sehingga, gambar yang dihasilkan memiliki pencahayaan seimbang dan nggak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Coba kalau kamu belajar secara manual, pasti kamu akan merasakan sensasi kebingungan dan jengkel karena pencahayaan yang terlalu terang atau gambar nggak keliatan karena ISO yang terlalu rendah.

Nah, dari pengalaman-pengalaman ini, kamu akan terus mengasah teknik dan sense of photography untuk dapat menyesuaikan pengaturan di setiap situasi yang berbeda.

3. Pada akhirnya, improvisasi itu perlu bro!

improvisasi

Via – Lumix Indonesia

Gambar yang baik adalah gambar yang memiliki komposisi bentuk, sudut pengambilan, garis, dan warna yang menarik. Tapi bagaimana kita mengukur ‘menarik’?

Friends, perlu diingat bahwa fotografi adalah seni. Dalam seni, kita tidak mengenal salah atau benar. Pasalnya, seni fotografi menyangkut bagaimana sang fotografer menyampaikan suatu maksud lewat fotonya.

Nah, biar kamu sebagai fotografer pemula dapat menghasilkan gambar yang menarik, Heret berpesan banyak-banyaklah berimprovisasi dan jangan lupa menambahkan bumbu perasaan pada setiap jepretan yang kamu hasilkan. Percayalah, lama kelamaan sense of photography itu sendiri juga akan tumbuh kok.

4. Objek yang kamu suka apa?

pilih-objek-yang-disuka

Via – Lumix Indonesia

Pesan Heret, jangan terlalu membatasi dan memaksakan diri. Nikmati saja setiap proses pembelajaran yang kamu dapatkan. Kalau baru belajar, mulailah dengan objek-objek yang kamu suka dan jangan takut untuk mencoba berbagai macam objek baru.

Dengan terus mencoba, lama kelamaan kau akan menemukan kekuatan fotografi kamu. Nggak selalu kok kamu harus menguasai semua jenis teknik.

Mungkin kamu memang nggak cocok untuk fotografi makanan dan fashion. Tapi siapa tahu bakatmu terletak di fotografi human nature?

5. Tidak ada salahnya belajar editing juga loh

belajar-editing

Via – Lumix Indonesia

Agar hasil jepretan makin yahud, nggak ada salahnya kamu juga mulai belajar proses editing. Untuk pemula, Heret menyarankan untuk menguasai Photoshop dan Lightroom.

Karena, meskipun sudah berusaha seperti apapun, terkadang masih ada saja kekurangan pada jepretan yang kita foto. Apalagi kalau masih awal dan susah menyeimbangkan cahaya. Nah, fungsi editing ini tentunya akan memberikan nilai tambah kan pada jepretan kamu.

Untuk sampai sekeren ini, Heret juga nggak mendapatkannya secara instan lho friends. Butuh sepuluh tahun lamanya jungkir balik di dunia fotografi hingga mencapai kemampuan sekarang.

Nah, pesan Heret untuk kita semua, baiknya kita selalu menikmati proses pembelajaran itu. Intinya, pantang menyerah ya friends hingga kita dapat menemukan karakter fotografi kita.

Bagaimana, apakah kamu mendapat insight dari diskusi ini? Ingat kata Heret, jangan salah pilih kamera! Yuk, temukan perangkat kamera dan fotografi dengan kualitas baik di Blibli.com. Jangan lupa manfaatkan cicilan 0%-nya! Selamat mengejar impian fotografimu!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY