Foto underwater semakin menarik banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Siapa yang nggak ingin mengabadikan momen spesial berenang bersama biota laut yang indah? Kamu juga pasti mau, kan!

Nah, kali ini Blibli Friends mau berbagi tips soal mengambil foto underwater. Kenalan, yuk dengan seorang penyelam prosefional sekaligus Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Sulawesi Selatan, Angel Jobs. Apa aja tips dari Angel? Simak di bawah ini!

CEK KAMERA UNDERWATER PILIHANMU DI SINI

1. Tentukan jenis foto yang mau diambil sejak di darat

Foto Underwater
Via Cambodia Resort

Menurut Angel, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis foto yang ingin kamu ambil di bawah air nanti. Apakah wide atau macro? Hal itu berpengaruh terhadap lensa yang akan kamu gunakan nanti. Pasalnya, selama foto underwater, kamu nggak bisa dengan mudah gonta-ganti lensa di bawah air, friends.

KLIK DI SINI UNTUK TEMUKAN KAMERA YANG PAS BUATMU

2. Pahami titik penyelaman yang dituju

Foto Underwater
Via – @angelmjobs

Tiap titik penyelaman memiliki karakteristiknya sendiri, friends. Ada beberapa spot yang hanya cocok untuk foto-foto wide, misalnya daerah yang memiliki arus deras. Angel menyebutkan spot yang seperti ini pas banget buat kamu yang pingin bertemu dengan ikan-ikan besar, seperti hiu atau pari.

Sebaliknya, daerah berarus pelan biasanya lebih cocok untuk foto-foto macro karena relatif lebih tenang dan aman. Buat kamu yang pingin memotret koral dan ikan-ikan kecil yang eksotis, spot ini cocok buatmu.

KAMERA YANG SATU INI DIJAMIN COCOK BUAT FOTO UNDERWATER

3. Jangan lupa gunakan housing atau case

Foto Underwater
Via – @angelmjobs

Ini nih salah satu komponen terpenting kalau ingin foto underwater. Kamu nggak bisa menenteng DSLR atau kamera mirrorless ke dalam air begitu aja. Pastikan housing yang kamu punya masih bagus dan bersih, friends.
“Soalnya, satu butir pasir atau kotoran saja sudah dapat menyebabkan kebocoran,” ungkap Angel.

Lebih lanjut lagi, tiap housing biasanya dilengkapi dengan detektor kebocoran berupa lampu atau bunyi. Nah, setelah kameramu udah dalam housing, jangan lupa pastikan si detektor ini udah menyala.

CEK DI SINI UNTUK TEMUKAN HOUSING KAMERA YANG TEPAT

4. Pastikan Semua Terlihat Natural

Foto Underwater
Via – @angelmjobs

Namanya memotret di alam bebas, ada baiknya kita beraktivitas tanpa mengganggu para hewan laut yang ditemui, friends. Nggak mau juga, kan memperlihatkan foto hewan laut merasa terganggu dengan kehadiranmu di “rumah” mereka?

Angel juga mengingatkan supaya kamu nggak dengan sengaja memindahkan hewan-hewan kecil biar fotomu bisa terlihat lebih bagus.
“Nanti hewan yang lagi makan atau bertelur jadinya terganggu,” ujar penyelam sekaligus dokter gigi ini.

MALAS PAKAI SLR BUAT FOTO UNDERWATER? PAKAI ACTION CAM AJA

5. Perhatikan Angle Foto

Foto Underwater
Via – @angelmjobs

Menurut penuturan Angel, angle atau sudut terbaik untuk mengambil foto underwater adalah eye level dan low angle. Plus, jangan lupa usahakan untuk mendapatkan mata si objek– ikan, kura-kura, dan lainnya– dalam frame, terutama untuk foto-foto macro, biar fotomu terkesan lebih hidup.

Sudut eye level atau sejajar mata memungkinkan kamu mendapatkan detail yang bagus. Sementara itu, low angle cocok banget kalau kamu pingin mendapatkan foto yang terkesan anggun dan megah. Biasanya, sih trik ini digunakan kalau ketemu ikan-ikan besar, hiu misalnya.

LENGKAPI PERLENGKAPAN FOTOGRAFI BAWAH AIRMU DI SINI


Itu dia 5 tips mengambil foto underwater dari Angel Jobs, friends! Oh, ya, Angel juga mengingatkan supaya kamu tetap memperhatikan keselamatan diri dan kelestarian ekosistem bawah air, ya. Jangan sampai gara-gara keasyikan foto, ternyata kamu sudah menginjak-injak koral sampai hancur!

Buat kamu yang pingin mulai mencoba foto-foto di bawah air, yuk mulai lengkapi perlengkapanmu dari sekarang! Di Blibli.com, kamu bisa dapatkan semua perlengkapan foto underwater yang kamu butuhkan, lho! Yuk cek #BlibliSekarang!

KLIK DI SINI UNTUK CEK KOLEKSI KAMERA BAWAH AIR LAINNYA

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY