Tips Foto OOTD dari Selebgram Ini Bikin Feed Kamu Makin Ganteng!

Outfit of the Day, alias OOTD memang sudah nggak asing, buat kalian pengguna aktif media sosial. Tapi, meski terlihat mudah, membuat foto OOTD ternyata punya seni dan teknik yang cukup kompleks. Buat kalian yang sering pakai #OOTD, pernah nggak sih terpikir apa tips foto OOTD para selebgram atau model instagram supaya bisa mendapat ratusan atau bahkan ribuan likes?

Penasaran, kan? Karena itu, kali ini Blibli Friends bakal mengajak kamu mengobrol seru dengan seorang Content Creator yang eksis di media sosial dengan posting-an OOTD-nya, Alex Tan! Dengan ribuan followers Instagram, apa rahasianya buat selalu tampil hits di setiap posting-annya?

Ciptakan mood yang tepat

tips foto ootd
Via – @alexxrex

Berawal dari hobinya melakukan “cafe hopping” dan fotografi, Alex kini sudah memiliki banyak pengikut di media sosial yang menunggu posting-annya yang kebanyakan merupakan foto OOTD dan foodporn.

Namun, Alex sendiri mengaku bahwa ia sebenarnya hanya mengikuti alur saja. Mengikuti bagaimana “mood” dan suasana membawanya, ketika mengunjungi suatu tempat.

“Konsep biasanya tidak terlalu dipikirkan, kebanyakan hanya menyesuaikan mood dan suasana tempat yang mau dikunjungi hari itu”, cerita Alex. Sisanya bakal mengikuti.

Buat Alex, mood dan suasana yang baik akan menghasilkan gambar yang baik juga. So, hal pertama yang perlu kamu miliki sebelum membuat foto OOTD adalah membangun mood yang tepat!


Baca juga: Bagaimana Sih, Foto Ala Foodgrammers yang Keren?


Outfit yang cocok merepresentasi diri

tips foto ootd
Via – @alexxrex

Sebagai Content Creator, Alex mencoba menyampaikan kesan fun dalam setiap penampilannya untuk konten media sosial. Ini tips foto OOTD pertama yang wajib kamu catet, guys!

“Untuk konsep style, lebih ke arah fun dan approachable. Jika membahas soal kedua hal ini, intinya ingin membuat hidup lebih berwarna, dan ini direpresentasi nggak hanya lewat outfit tetapi juga pembawaan diri”, jelas Alex.

Meski kerap tampil dengan gaya khas basic dan simple, dengan pembawaan diri yang tepat, tentu kesan fun dan approachable (ketimbang cold and tough) bukan nggak mungkin direalisasikan!

Soal fashion item, Alex sendiri termasuk penggemar outerwear. “Dengan outerwear, kita bisa bermain dengan kombinasi outfit. Artinya akan lebih banyak juga style yang bisa dikembangkan”, ungkapnya.

Kenali tren itu penting, namun lebih penting lagi mengenali diri sendiri

tips foto ootd
Via – @alexxrex

Selain memilih outfit yang mampu merepresentasi diri sendiri, Alex juga nggak menampik bahwa mengikuti tren yang ada itu penting! Apalagi kalau berbicara soal fashion. Namun, bukan berarti kamu harus memaksakan style yang sebenarnya nggak nyaman atau kurang cocok untuk kamu.

“Untuk outfit, kebanyakan memang mengikuti trend, tapi tetap harus cerdas dalam menyeleksi mana yang cocok dan terlihat bagus pada kita. Apalagi style setiap orang itu berbeda. Meski trend kadang disukai banyak orang, belum tentu juga terlihat bagus pada kita”, jelas Alex saat ditanya mengenai bagaimana ia menentukan outfit saat membuat foto OOTD..

So, sebelum kamu mencari tahu mengenai trend yang ada, ada baiknya kalau kamu mencari tahu terlebih dahulu gaya dan outfit yang klop dengan fisik serta kepribadianmu!

Pilihlah tempat yang match denganmu

tips foto ootd
Via – @alexxrex

Berbicara soal tips foto OOTD, meski komponen utama-nya adalah outfit, namun pemilihan tempat juga cukup penting dan perlu diperhatikan!

Mostly tertarik pada tempat yang lebih bertema minimalistic, unik, dan ‘lucu’. Selain itu minimalistic memang sesuai dengan feed media sosial yang memang sudah kuat dengan image minimalis.”, ungkapnya.

“Di sisi lain, kesan minimalis ini juga akan membantu kita terlihat lebih pop-out dibandingkan dengan background foto”, jelas Alex. Dalam memilih tempat juga Alex selalu menyesuaikan dengan outfit yang ingin ia kenakan hari itu. Jadi, bisa dikatakan semua aspek saling berkaitan.

“Jika street style bisa coba di area parkir atau bangunan kosong. Misalkan sedang berada di restoran, mungkin outfit semi-formal dan formal yang rapi akan lebih baik”, jelas Alex membagi sedikit tips mengenai pemilihan outfit.

Tips foto OOTD yang paling penting itu satu: harus pede!

tips foto ootd
Via – @alexxrex

Sudah menggunakan latest outfit dan menemukan tempat yang pas, maka selanjutnya kamu sudah siap membuat foto OOTD. Tapi, masih ada satu tips foto OOTD lagi dari Alex biar makin maksimal.

“Banyak pose OOTD yang sudah keren namun terlihat awkward. Supaya nggak awkward, jangan ragu dan malu untuk berpose di depan umum. Beranikan diri aja! Jangan lupa juga kombinasikan dengan movement-movement yang natural tapi nggak berlebihan. Nanti yang ada foto-nya blur semua”, sarannya Alex.

Kamu juga harus bisa bereksplorasi dengan kamera

tips foto ootd
Via – alexxrex.com

Tips foto OOTD di atas sungguh nggak bisa dipisahkan dari elemen kamera. Meski kini banyak smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera super canggih, Alex ternyata cukup nyaman dengan kamera Fujifilm XM-1 yang ia miliki.

“Inginnya sih upgrade, tapi kamera yang digunakan sekarang sudah cukup bagus”, cerita Alex. Selain itu, saat pengambilan gambar, Alex juga menyarankan untuk mengeksplorasi berbagai sudut pengambilan gambar.

Know your angle, outfit yang sudah keren namun di-shoot dari arah yang salah bisa kelihatan jelek. Lebih lanjut, pintar-pintar juga dalam mencari dan mengatur sumber cahaya”, jelas Alex.

Namun, kembali lagi Alex mengatakan semua hal ini disesuaikan dengan outfit, suasana dan tentunya mood kalian juga, ya!

Memang susah-susah gampang untuk tampil eksis di media sosial, tapi nggak berarti itu gak mungkin. Berawal dari hobi, Alex Tan kini sudah memiliki ribuan followers setia di Instagramnya, @alexxrex. Untuk kedepannya ia bahkan ingin mulai menjajal dunia youtube, lho!

Well, seperti pesan Alex, selalu berani dan jangan pernah malu untuk menampilkan gaya-mu! Jangan lupa tips foto OOTD darinya ya!

Sudah nggak sabar untuk mencoba membuat postingan OOTD di media sosial-mu? Klik dulu Blibli.com dan temukan ribuan outfit serta fashion item seru untuk memaksimalkan tampilan OOTD milikmu! Pilih yang paling cocok dan sesuai dengan gaya dan kepribadianmu, ya! Yuk, mulai ekplorasi foto OOTD terbaik milikmu!

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY