Tips Mengabadikan Momen Konser Indoor dan Malam Hari dengan Smartphone

Bulan April dan Mei dipenuhi berbagai konser yang berlokasi di indoor dan waktunya pada saat malam hari. Tentu, momen-momen seru seperti ini tidak bisa begitu saja dilewatkan tanpa diabadikan dengan kamera. Salah satu perangkat yang paling ideal untuk digunakan adalah kamera smartphone.

Sayangnya, tidak semua kamera smartphone hadir dengan kemampuan setara, terlebih menjepret foto pada saat malam hari dan di lokasi indoor. Meski begitu, kamu masih bisa mengakalinya dengan beberapa trik.

Berikut Blibli.com suguhkan tips agar foto-foto konsermu tampil ciamik dengan hanya bermodalkan kamera smartphone.

1. Gunakan Flash

Flash sangat berguna dalam keadaan gelap seperti malam hari dan indoor. Sebagai catatan, flash tidak sepenuhnya dapat menciptakan foto yang baik. Karenanya, coba gunakan flashdengan cara yang tepat.

Dalam memakai flash, jangan gunakan dalam jarak jauh. Hal ini akan membuat LED flash tidak bisa bekerja dengan optimal. Penggunaan LED flash yang terlalu dekat juga bakal membuat objek kurang detail atau membuat latar belakang tak terlihat dengan jelas.

Lantas, flash justru akan sangat bermanfaat kalau digunakan pada jarak sedang. Penerangganya akan jauh lebih baik daripada bisa digunakan pada jarak jauh atau terlalu dekat.

2. Jangan Goyang

Usahakan jangan bergoyang saat menjepret foto dalam keadaan minim cahaya. Pasalnya, sedikit goyangan saja pastik akan mempengaruhi hasil foto.

Kamera smartphone juga perlu waktu untuk menangkap objek bergerak seperti vokalis yang bernyanyi di tengah panggung dan kerumunan. Untuk itu, coba gunakan tripod agar lebih stabil.

Jika tak punya tripod, kamu dapat memanfaatkan fitur timer untuk meminimalisir getaran saat kamu menekan tombol shutter.

CARI TRIPOD TERBAIK DI SINI AGAR PENGALAMAN MENJEPRET FOTO KONSER LEBIH NYAMAN DAN MUDAH

3. Mainkan ISO dan HDR

Kamu bisa memanfaatkan fitur profesional pada kamera smartphone ketika ingin membidik momen konser indoor dan malam hari. ISO yang digunakan sebaiknya sekitar pada range 800-6400. Namun, sekali lagi tergantung pada tingkat cahaya yang ada di area tersebut.

Perlu dicatat, sama halnya dengan menggunakan flash, penggunaan ISO juga memberikan dampak kurang baik. Tingginya ISO, bisa jadi menciptakan kualitas foto kurang baik dan tampak gritty. Selain ISO, kamu juga bisa menggunakan modus HDR untuk mengakali lokasi konser yang terlalu temaram dan gelap.

Modus ini bisa menjepret foto dalam tingkat cahaya yang berbeda-beda sehingga bisa menghasilkan foto lebih detail dalam bayangan dan mengurangi over eksposur pada area terang. Jika ingin bermain dengan HDR, coba gunakan tripod, mengingat mengambil momen dalam kondisi cahaya rendah lewat HDR berpotensi membuat hasil foto menjadi buram.

4. Manfaatkan Fitur Zoom

Banyak smartphone kini hadir dengan menggungulkan fitur zoompada kamera utamanya. Fitur ini tentu bisa digunakan untuk memotret konser indoor dan pada saat malam hari.

Smartphone Huawei P30 Pro misalnya, hadir dengan empat lensa utama yang masing-masing memiliki sensor utama wide-angle40MP, ultra-wide20MP, telephoto 5X 8MP dan lensa Time of Flight depth-sensing dengan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom. Untuk konser indoor dan malam hari, kamu bisa menjajal fitur 10x hybrid zoom, berikut hasilnya.

KLIK DI SINI UNTUK MERASAKAN KECANGGIHAN EMPAT KAMERA HUAWEI P30 PRO

Adapun smartphone lain yang kami rekomendasikan untuk mengabadikan momen konser indoor dan malam hari adalah Galaxy S10 Plus. Smartphone yang satu ini dibekali fitur Super Night Shot dengan modus Night Scene yang dapat memotret, menyimpan, dan mengombinasikan hingga 17 bidikan menjadi satu hasil foto.

BELI SAMSUNG GALAXY S10 PRO DENGAN FITUR SUPER NIGHT SHOT DI TAUTAN INI

Smartphone ini, juga bisa mengenali tingkat cahaya rendah dan memotret 7 foto dalam 2-3 detik untuk mengompres menjadi satu foto tunggal.  Jika dalam kondisi stabil atau saat memakai tripod, kamera secara otomatis bisa membidik hingga 17 foto antara 30 dan 40 detik untuk menghasilkan satu foto malam hari dengan kualitas terbaik.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY