Berawal dari suka makan, masak, dan fotografi, Brian Sumito mengawali kariernya sebagai Food Photographer. Proyek pertamanya pada tahun 2015 langsung menangani food photography untuk nama besar seperti Ismaya Group, lho.

Bisa jadi, Brian Sumito adalah orang di balik layar dari foto-foto makanan yang selama ini bikin kamu ngiler saat jam kritis di kantor. Nah, kalau kamu merasa punya bakat ataupun passion di bidang food photography, kamu harus simak tips-tips dari Brian Sumito di bawah ini!

TEMUKAN KAMERA DAN LENSA YANG COCOK DENGANMU DI SINI, YUK!

1. Mulai dari fokus

food photography
Via – @briandsumito

Poin utama untuk menjadi food photographer yang andal adalah kefokusan. Kita nggak bisa menjadi andal kalau hanya menekuni suatu kegiatan secara setengah-setengah. Kalau mau jadi food photographer yang andal, kamu juga harus latihan dan meningkatkan frekuensi memotret makanan.

YUK, FOKUS! DAPATKAN KAMERA FOOD PHOTOGRAPHY DI SINI!

2. “Hardwork beats talent, when talent doesn’t work hard

food photography
Via – @briandsumitophoto

Salah satu implementasi dari kefokusan yang telah dibahas tadi adalah sering berlatih. Semakin sering kamu berlatih, semakin kamu bisa mengenal keunikan food photography dan menemukan gayamu sendiri.

Bagi Brian, hardwork beats talent, when talent doesn’t work hard itu prinsip! Brian mengaku bukan orang yang bertalenta di bidang seni hingga akhirnya dia sadar semakin sering trial and error ketika fokus menggeluti food photography. Selain learning by doing, Brian juga banyak belajar dari Youtube, lho!

JANGAN DIAM AJA! LENGKAPI PERALATAN FOOD PHOTOGRAPHY SEKARANG!

3. Temukan cahaya (literally) dan gayamu sendiri

food photography
Via – @briandsumitophoto

Menurut Brian, tantangan paling utama dalam food photography adalah makanan itu sendiri. Kita mesti sanggup membuat sebuah makanan yang mungkin biasa aja menjadi menggiurkan sehingga membuat orang ingin mencoba.

Hal pertama yang mesti kamu lakukan adalah mencari cahaya matahari. Foto yang gelap, secara otomatis, menjadi nggak menarik. Yang nggak kalah penting juga adalah styling makanan supaya makin menggoda. Selanjutnya, sesuaikan dengan taste kamu sendiri!

UDAH PUNYA GAYA? KALAU KAMERA? BELI SEGERA!

4. Fixed lense harga mati

food photography
Via – @briandsumito

Untuk terjun ke dunia food photography, tentu kamu perlu alat-alat yang mendukung. Brian sendiri sedang menggunakan Sony Alpha 7 MK II dengan lensa fix 50 mm f 1.8. Selain Sony Alpha 7 MK II, Brian juga menggunakan Canon 5D Mark 3. “Adalah harga mati untuk menggunakan fix lens. Boleh 35 mm atau 50 mm,” begitu kata Brian.

Kamera dan lensa bukan modal satu-satunya yang digunakan Brian ketika bekerja. Ada alas foto, properti, dan flash kamera yang selalu bisa diandalkan. Ingat, kamu nggak mau fotomu gelap dan jadi nggak menarik!

TEMUKAN KAMERA DAN LENSA YANG COCOK DENGANMU DI SINI, YUK!

5. Indikator kesuksesan: disukai karena taste

food photography
Via – @briandsumito

Udah banyak belajar dan berlatih, kemudian apa? Ketika ditanya mengenai indikator kesuksesan, Brian menjawab dengan sederhana. Kamu tahu kamu sukses ketika orang hire kamu karena taste yang kamu punya.

Artinya, bukan lagi kamu harus mengikuti keinginan clients tanpa campur tanganmu sebagai fotografer. Lagipula, sebagai fotografer, pasti kamu ingin dihargai atas karyamu yang kamu pikirkan dan kerjakan semaksimal mungkin, kan?

INGIN JADI “THE FOOD WHISPERER“ SEPERTI BRIAN? BELI KAMERAMU SENDIRI!


Setelah membaca 5 tips food photography dari Brian Sumito, kamu jadi makin tertarik turun ke bidang inikah? Kalau begitu, kamu juga mesti siapkan alat-alatnya, dong. #BlibliSekarang untuk beli peralatan food photography-mu sendiri!

Kalau masih penasaran dengan food photography dan ingin mengikuti jejak-jejak kreatif Brian Sumito, kamu wajib follow akun Instagramnya di @briandsumitophoto. Ingin lihat karya Brian lainnya? Ikuti akun Instagram pribadinya di @briandsumito aja!

TEMUKAN KAMERA DAN PERALATAN FOOD PHOTOGRAPHY LAINNYA DI SINI!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY