me

10 Tips & Trick Menggunakan Kartu Kredit

Jan 25, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.om/jcomp
Berikut tips & trick menggunakan kartu kredit dengan tepat, baca selengkapnya di sini ya.

Tips & Trick Menggunakan Kartu Kredit — Tips & trick menggunakan kartu kredit akan membantu kamu dalam mengelola kartumu. Jadi, biar kamu bisa bayar tagihan bulanan dengan nyaman. Soalnya kalau nggak digunakan dengan tepat, nggak menutup kemungkinan Blibli Friends justru bakal terlilit utang kartu kredit, nggak ingin kan.

Maka dari itu, sekarang langsung aja kita lihat tips dan trik untuk menggunakan kartu kredit.

Baca Juga: 


Tips & Trick Menggunakan Kartu Kredit

Agar bisa bermanfaat dan bikin nyaman, lihat tips dan trik menggunakan kartu kredit berikut ini:

1. Memilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

tips & trick menggunakan kartu kredit
freeoik.com/comzeal

Jenis kartu kredit itu ada banyak dan masing-masing punya kelebihan. Maka dari itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu tentang jenis kartu kredit yang cocok buat kamu, dan sesuai untuk kebutuhanmu, baru setelah itu putuskan untuk memilih kartu kredit tersebut. 

Menurut The Balance, menyediakan waktu buat mencari tahu tentang jenis kartu kredit yang paling cocok buat kita itu penting banget. Pilih kartu kredit dengan biaya dan bunga yang pas dan sesuai untuk kemampuan kita. Perhatikan juga fiturnya apakah benar cocok buat kebutuhanmu. Contohnya, kalau suka traveling maka pilih kartu kredit yang sering ada penawaran tiket dan hotel.

2. Membayar Tagihan Penuh Tepat Waktu

tips & trick menggunakan kartu kredit
freepik.com/wayhomestudio

Memilih buat menggunakan kartu kredit berarti kamu siap buat membayar tepat waktu. Lakukan pembayaran on time ini secara konsisten. Menurut Entrepreneur, membayar tagihan penuh sekaligus tepat waktu merupakan cara yang bijak untuk pemakaian kartu kredit. Soalnya kebiasaan tersebut bakal menghindarkanmu dari utang yang membengkak.

Hal tersebut karena saat kita melewatkan bayar tagihan, nanti bakal ada biaya buat keterlambatan tersebut. Pada akhirnya, kita pun terpaksa jadi harus keluar uang lebih banyak lagi, buat membayar biaya tambahan atau denda tersebut. Jadi, yuk, tertib pembayaran kartu kredit secara penuh dan tepat waktu.

3. Menggunakannya Buat Beli Barang Penting

tips & trick menggunakan kartu kredit
freepik.com

Berikutnya, cara yang bijak saat punya kartu kredit yaitu menggunakannya buat membeli barang yang benar-benar penting dan awet. Contohnya kamu pakai buat beli barang seperti mesin cuci yang bakal selalu dipakai dan bertahan lama. Jadi, bukan untuk belanja barang-barang seperti baju tren terbaru, atau makanan yang lagi viral.

Jadi, kartu kredit memang berfungsi untuk beli barang penting yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti di contoh, mesin cuci, kegunaannya buat mencuci baju yang berarti penting banget kan. Selain itu, saat kamu beli barang tersebut, tunggu cicilan mesin cuci selesai, baru membeli yang lain lagi, biar tagihannya nggak menumpuk.

4. Nggak Pakai Kartu Kredit Buat Penarikan Tunai

tips & trick menggunakan kartu kredit
fabalabse.com

Disarankan untuk nggak melakukan penarikan uang tunai pakai kartu kredit, karena ini bukan hal yang bijak, soalnya biaya penarikan tersebut cukup mahal. Adapun jenis kartu yang fungsinya buat menarik uang tunai khususnya di ATM gitu adalah kartu debit. 

Kalau mengambil uang tunai pakai kartu kredit, biasanya kamu akan dikenai bunga harian dari bank penerbit. Biaya bunga tersebut ditambahkan di dana yang kamu tarik. Maka dari itu, ketika kamu menarik uang tunai pakai kartu kredit, maka kamu sudah pasti bakal membayar biaya tambahan yang jumlahnya nggak sedikit.

5. Membeli Barang yang Sesuai dengan Kemampuan

tips & trick menggunakan kartu kredit
freepik.com/lifestylememory

Saat kamu punya kartu kredit, maka pakailah untuk membeli barang yang harganya nggak terlalu mahal, apalagi melebihi kemampuan. Benar sih, kartu kredit memang berfungsi untuk mempermudah kamu saat membeli barang yang harganya mahal, tapi harga tersebut nggak harus fantastis juga, biar nggak berat saat melunasinya.

Menurut CapitalOne, kita perlu menentukan bujet belanja terlebih dulu sebelum beli, biar nggak keterusan jadi membeli barang yang harganya terlalu mahal. Ingat kembali ya, semakin mahal harga barang tersebut, semakin tinggi juga cicilannya. Jika terjadi kondisi nggak sanggup membayar tagihan maka hal ini bisa bikin kamu terlilit hutang. Jadi, bijaklah dalam membeli barang, ya.

6. Membatasi Jumlah Kartu Kredit yang Dipunya

freepik.com/jcomp

Menurut Washington State Department of Financial, untuk pakai kartu kredit dengan bijak, salah satu caranya adalah dengan kita batasi jumlahnya, apalagi buat yang masih pemula, maka disarankan untuk nggak punya kartu kredit itu lebih dari satu. Wajar kalau misalnya kamu tergoda untuk punya lebih dari satu kartu.

Nggak heran karena sekarang proses untuk membuat kartu kredit juga semakin mudah. Akan tetapi, punya kartu kredit yang terlalu banyak, itu bisa berpotensi bikin kamu berutang lebih banyak. Pasti nggak ingin kan, punya utang yang lebih gede simply karena punya kartu kredit lebih banyak. Nah, jadi pakailah kartu kredit satu aja.

7. Pakai Bujet Buat Pemakaian Kartu Kredit

freepik.com/frimufilms

Tips lain yang juga penting adalah kita selalu bikin bujet untuk pengeluaran, terutama kalau kamu beli barang menggunakan kartu kredit. Soalnya, dengan bikin bujet seperti ini, maka kamu bisa tahu seperti apa kondisi pendapatan dan pengeluaran dengan jelas. Jadi bakalan mudah juga untuk kamu mengetahui bujet yang kamu punya.

Dari sini, kamu akan bisa tahu pengeluaran kartu kredit juga, sekaligus berapa sih jumlah tagihan yang perlu kamu bayar. Nah, dengan begitu, kamu bakal terhindar dari utang-utang kartu kredit yang membengkak. Maka, coba kalau misalnya selama ini kamu belum pernah bikin bujet, sekarang mulailah membuat anggaran tersebut, okay.

8. Nggak Dipakai Buat Bayar Utang atau Biaya Rutin

freepik.com/ijeab

Cara berikutnya untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak, adalah nggak pakai kartunya untuk membayar biaya rutin atau utang. Kalau menurut HSBC, cara seperti ini justru bakalan bikin utang semakin menumpuk. Soalnya untuk kartu kredit kan ada bunga yang wajib kamu bayar.

Nah jadi kalau misalnya kamu sudah mengalami kesulitan dalam membayar utang, maka benar-benar hindari cara meminjam buat melunasinya. Hal ini terutama berlaku buat penggunaan kartu kredit yang kamu miliki. Jadi, amankan kartu kredit dari transaksi untuk membayar utang atau biaya rutin seperti tagihan bulanan.

9. Memanfaatkan Bonus yang Didapat

freepik.com/stockking

Menurut Bank Rate, kalau kita mau pakai kartu kredit dengan bijak, itu artinya kita juga perlu memanfaatkan semua bonus yang diberikan. Soalnya kartu kredit itu kan biasanya memberikan sejumlah bonus transaksi atau pemakaian, contohnya nih, seperti poin atau cashback.

Bonus-bonus seperti inilah yang bisa kamu manfaatkan buat diambil keuntungannya, karena memang disediakan untuk kamu kan. Nanti, kamu bisa pakai poin atau cashback tersebut untuk jadi voucher maupun diskon di pemakaian kartu kredit yang berikutnya. Kan jadi menguntungkan karena lebih efisien saat membeli barang.

10. Penggunaan Nggak Melebihi Batas Kartu Kredit

freepik.com

Ada saran dari Cred untuk nggak pakai kartu kredit lebih dari batas yang sudah ditentukan. Jadi apapun situasi kamu, maka pastikan kamu nggak menggunakannya melebihi batas limit kartu tersebut. Begini, idealnya untuk menggunakan kartu kredit tersebut ada batasan maksimal yaitu 2/3 dari batas yang diberikan.

Semisal aja, kartu kreditmu memberi batas Rp15 juta, maka disarankan kamu nggak pakai untuk beli barang seharga lebih dari Rp10 juta. Kalau kamu belanja dengan cara cermat ini, maka nilai kredit kamu akan terjaga dengan baik hingga di masa depan. Kamu juga jadi belajar untuk nggak belanja secara impulsif, sehingga terhindar dari utang.

Tips & Trick Memilih Kartu Kredit

Ada banyak pilihan kartu kredit dengan fitur yang berbeda, jadi kamu perlu perhatikan betul dan memilih sesuai dengan kebutuhan kamu, berikut tipsnya:

1. Memastikan Reputasi Bank Penerbit Kartu Kredit

freepik.com/tirachardz

Pertama, cara yang cepat dan paling aman buat memilih kartu kredit, biar kamu dapat keuntungan yang maksimal, yaitu dengan membuat kartunya dari layanan bank yang terkenal. Iya, jadi pastikan kalau bank tempat kamu membuat kartu kredit, itu punya reputasi yang bagus. Semisal kamu sudah ada rekening tabungan di sebuah bank yang ternama, mulai aja dari sini.

Namun, kamu juga boleh kok mempertimbangkan untuk bikin kartu kredit di bank yang lain. Kamu bisa cek reputasi dari penerbit kartu kredit, melalui track record sekaligus berita mengenai bank tersebut. Jadi kuncinya yaitu kamu cari bank yang aman dan nggak ada banyak masalah, baik soal keuangan maupun hukum.

2. Memahami Perjanjian Dasar Sebelum Menyetujui

freepik.com

Selanjutnya, penting juga buat kamu untuk mengetahui betul, seperti apa perjanjian dasar tentang kartu kredit tersebut. Di dalam perjanjian ini terdapat syarat dan ketentuan hingga limit yang menjadi batasan kamu dalam menggunakan kartu kredit kan. Makanya sangat penting untuk diperhatikan.

Bahkan, hindari mengajukan pembuatan kartu kredit, sebelum kamu benar-benar tahu sekaligus paham mengenai perjanjian dasarnya. Sekali lagi, perjanjian dasar ini memuat semua hal terkait kartu kredit yang bakal kamu ajukan, termasuk tanggal untuk pembayaran tagihan dan sebagainya.

3. Memilih Limit Sesuai dengan Kebutuhan

freepik.com

Setiap kartu kredit punya limit transaksi yang nggak sama, jadi beda antara satu dan lainnya. namun, perhatikan dan ingat kalau kartu kredit yang punya limit transaksi yang tinggi, itu pasti merupakan pilihan terbaik buat kamu. Maka dari itu, ketika memilih kartu kredit maka pahami dulu kebutuhan kamu.

Kalau misalnya kamu adalah seseorang yang jarang belanja ataupun bayar tagihan pakai kartu kredit, maka sebenarnya nggak ada alasan sih buat pilih kartu kredit yang limitnya tinggi. Jadi pilih aja kartu kredit yang paling bisa memenuhi kebutuhanmu, yang wajar aja.

4. Memastikan Suku Bunga Kartu Kredit

freepik.com//lifestylememory

Wajar kalau kartu kredit dengan suku bunga rendah itu terlihat sangat menarik. Namun, jenis kartu kredit yang seperti demikian, itu biasanya jarang kasih promo. Nah, sebaliknya, kalau kartu kredit tersebut punya suku bunga yang terbilang cukup tinggi, benar bisa bikin tagihan kredit bertambah.

Akan tetapi, kartu kredit dengan suku bunga tinggi, biasanya menawarkan banyak promo. Secara keseluruhan, baik kartu kredit dengan suku bunga rendah maupun suku bunga tinggi, sebenarnya relatif aja, dan nggak ada jawaban secara pasti untuk pilihan terbaik. Tipsnya, pakailah kartu kredit untuk jumlah minimum dan suku bunga rendah, kalau kamu memang jarang menggunakannya.


Baca Juga: 

Segitu aja dulu ulasan tentang tips & trick menggunakan kartu kredit. Nah kalau mau bayar tagihan kartu kredit, kamu bisa membayarnya lewat Blibli! Transaksinya mudah, cepat, dan aman, terus bisa bayar kapan aja dan dari mana aja.

Tag: