Tips Bikin Mobil Ganteng Instan dengan Ganti Velg Lebar

Siapa bilang kaki jarang dilihat orang. Pegawai yang pakai baju semi-formal terus pakai sneaker rare aja bisa bikin tiap mata turun ke bawah. Begitu juga mobil yang akan berubah biarpun hanya bagian ban yang diganti

Kenapa? Perubahan bentuk mobil dari generasi ke generasi enggak terjadi dalam waktu cepat. Bisa jadi malah perubahannya tunggu 2-3 tahun berikutnya. Itu pun biasanya tidak akan signifikan. Makanya, orang pun gampang hapal merek dan bentuknya.

Namun, begitu mobil reguler ini ganti velg dan ban, langsung berasa ada yang beda sama tampilannya. Hanya karena area seputar kaki-kaki itu diubah, sebuah mobil bisa tahu-tahu berubah jadi elegan, tambah elegan, jadi sporty, atau makin sporty.

Tren gonta-ganti velg mobil sendiri sudah mulai terendus sejak era balap di tahun 1950-1960-an. Roda-roda gede terutama yang lebar-lebar bermunculan dan bikin tampilan mobil jadi agresif.

Eh ternyata, velg dan ban lebar ini awet sampai sekarang. Alirannya pun macam-macam, dari USDM (AS) ataupun JDM (Jepang) yang artinya gaya identik mobil keluaran khusus di suatu negara, tren dari mobil-mobil balap touring, tren lowrider yang akrab sama skena hip-hop, dan sebagainya.

Kalau kamu kepikiran juga buat ganti velg lebar supaya mobil ganteng instan, coba bikin pertimbangan-pertimbangan dulu ya, kayak di bawah ini.

Tahu Dulu Ukuran Roda Mobil Kamu

Roda, Rem, Kendaraan, Mobil, Auto, Teknologi
Photo by Pixabay

Kamu mungkin sudah naksir duluan sama satu velg, tapi ternyata, pas dipasang ke mobil malah enggak bisa. Dijamin kamu akan rugi, deh. Tiap mobil sudah punya ukuran bawaan sesuai ketentuan pabriknya. Misalnya, ada mobil yang bautnya 4 unit atau 5 unit.

Coba pas beli velg kamu cek dulu keterangannya. Biasanya ini tertera di angka yang ada tanda kalinya. Misalnya 4 x 100 atau 4 x 114,3. Angka 4 ini artinya mobil kamu butuh velg yang 4 baut (atau bisa juga yang 8 baut). Tapi bisa-bisa saja, sih, pasang adaptor. Dari 4 baut ditambahkan adaptor jadi bisa 5 baut atau justru sebaliknya.

Nah, untuk angka 100 atau 114,3 di atas, ini adalah angka PCD alias pitch circle diameter. PCD adalah jarak antar-baut tadi. Yang mesti kamu tahu, PCD di tiap mobil belum tentu sama.

Sementara, kalau misalnya ada keterangan 17 x 7,5, angka 17 artinya diameter velg (17 inci). Sedangkan angka 7,5 (7,5 inci) artinya seberapa lebar velg yang dimaksud.

PILIHAN-PILIHAN UKURAN VELG-BAN SESUAI MOBILNYA

Rata, Celong, Donat… Kamu Mau Gaya yang Seperti Apa?

Nissan Silvia S14, Nissan, Silvia S14, Mobil, Kendaraan
Photo by Pixabay

Entah mobil kamu SUV, MPV, sedan, pick-up double cabin, semua velg lebar rata-rata sudah bikin orang lain ketularan. Bukan sekadar lebar, masing-masing velg punya bermacam gaya yang masuk taraf dasar.

Contohnya, buat gaya velg lebar yang mengacu ke mobil-mobil balap touring, misalnya ajang DTM (Jerman) atau kayak BTCC (Inggris). Di sini, velg yang dipakai, apalagi kalau mengacu ke ajang-ajang di tahun 1990-2000-an, adalah velg besar rata, atau bahkan hampir tertutup alias velg piring.

Ada lagi juga gaya VIP. Nah, yang satu ini fokus ke gaya-gaya elegan, kadang juga ala-ala anak-anak hip-hop. Biasanya model velgnya agak blink-blink, dan desain palangnya kompleks.

Terus ada juga model celong. Bibir velg-nya cukup lebar sehingga palang velg seperti menjorok ke dalam. Gaya yang satu ini juga punya pecahan lain yang disebut gaya ban donat. Pinggiran bannya kayak menggembung mirip camilan satu itu, dan biasanya velg yang dipakai lebar tapi ukurannya kecil di kisaran 13-15 inci.

CONTOH VELG-VELG YANG BISA DIPILIH SESUAI GAYA KAMU

Sesuaikan Budget Supaya Bisa Tetap Gaya

Tabungan, Anggaran, Investasi, Uang, Keuangan, Bisnis
Photo by Pixabay

Nah, kita sampai nih di urusan hitung-hitung isi rekening. Mana yang cocok sama budget. Soalnya semakin besar diameter velg-nya, pastinya harganya juga ikut menyesuaikan.

Sementara, belakangan banyak juga tawaran paket-paket velg sekaligus ban. Jadinya, kamu tinggal bayar satu harga, dan velg and ban-nya pun sudah dicarikan yang cocok.

CARI DISKON-DISKON VELG DI SINI

Pastikan velg lebar seperti apa yang pas buat mobil kamu. Silakan tentukan ukuran, model, dan harga yang sip. Kamu bisa punya velg-velg ini dan sekaligus juga sama ban-nya plus pakai diskon di Blibli.com. Yuk, cari yang kamu suka di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY