me

7 Tips Bersih Namun Tetap Hemat di Rumah, Simak Yuk!

May 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/jcomp
Intip yuk tips bersih namun tetap hemat di rumah ini!

Tips Bersih Namun Tetap Hemat di Rumah — Rumah yang bersih adalah sumber kebahagiaan tersendiri, bisa membuat kamu nyaman seharian dan hati lebih tenang. Kegiatan membersihkan rumah jadi salah satu aktivitas yang harus dilakukan rutin setiap harinya atau minimal 2 hari sekali. Jika kondisinya bersih, tentu bisa mencegah munculnya kuman dan bakteri yang mengancam kesehatan. 

Membersihkan rumah secara keseluruhan terlihat membutuhkan banyak biaya dan peralatan. Sebenarnya kamu bisa pakai alat dan bahan seadanya yang ada di rumah kamu supaya tetap hemat. Di bawah ini ada tips bersih namun tetap hemat di rumah yang bisa kamu tiru. Apa aja tuh tipsnya?

Baca juga:


Bersihkan Noda di Baju Sebelum Masuk Mesin Cuci

Bersihkan Noda di Baju Sebelum Masuk Mesin Cuci — Tips Bersih Namun Tetap Hemat di Rumah
freepik.com/author/user18526052

Tips hemat pertama adalah saat kamu sedang mencuci baju. Noda pada baju yang susah hilang nggak bisa dibersihkan hanya dengan mengerahkan mesin cuci aja lho. Supaya lebih hemat air, kamu bisa membersihkan dulu nodanya sampai hilang. Kamu bisa mengucek bagian yang terdapat noda dengan menambahkan deterjen yang biasa kamu pakai.

Setelah itu baru kamu masukkan ke dalam mesin cuci bersama dengan pakaian lainnya. Kalau hanya menggunakan mesin cuci, kamu akan butuh banyak air dan belum tentu noda membandel itu bisa hilang. 

Manfaatkan Cuka di Dapur

Manfaatkan Cuka di Dapur — Tips Bersih Namun Tetap Hemat di Rumah
freepik.com/author/freepik

Tips hemat berikutnya saat membersihkan rumah adalah dengan memanfaatkan cuka. Cuka dikenal ampuh untuk menghilangkan noda membandel yang susah dibasmi. Salah satu tempat yang seringkali terdapat kotoran yang susah dihilangkan adalah celah kompor. Bagian ini perlu kamu bersihkan secara teratur supaya nyala api lebih lancar.

Cara pakainya juga nggak ribet lho. Kamu tinggal campurkan cuka dengan air, setelah itu semprotkan ke bagian yang ingin dibersihkan. Bisa juga kamu gunakan untuk membersihkan bagian kompor yang berminyak. Setelah disemprot, diamkan dulu kurang lebih 5 hingga 10 menit. Setelah itu gosok perlahan sampai kotoran dan minyak berhasil diangkat.

Selain untuk membersihkan kompor, kamu juga bisa memanfaatkan cuka untuk membersihkan saluran air yang tersumbat. Caranya, campurkan cuka satu cangkir dengan soda kue seperempat cangkir dan air panas. Setelah itu masukkan ke saluran air di wastafel kamu.

Nah, larutan yang simple tadi ampuh untuk menghilangkan lemak dan kotoran membandel dengan reaksi kimia yang dihasilkan. Noda serta kotoran bakal terangkat dan membuat saluran air bisa lancar kembali.

Buat Tisu Basah Sendiri

Buat Tisu Basah Sendiri
freepik.com/author/EyeEm

Siapa nih yang suka ragu dan takut akan bahan kimia yang ada di tisu basah? Kamu bisa lho membuat tisu basah sendiri di rumah tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Beberapa bahan yang digunakan yaitu minyak esensial dengan aroma, cuka serta sabun yang lembut kalau terkena kulit.

Tisu yang dipakai nggak bisa sembarangan nih. Pilih tisu dapur yang memiliki serat kuat supaya bisa menyerupai tisu basah yang ada di pasaran. Contohnya tisu dapur ini yaitu paper towel. Nah, campurkan beberapa bahan tadi dengan air. Setelah itu pakai larutan tadi untuk membasahi paper towel.

Nah, sekarang kamu bisa membersihkan rumah dengan lebih tenang dan aman tanpa takut kandungan kimia yang berbahaya.

Pakai Kain Lap untuk Membersihkan

Pakai Kain Lap untuk Membersihkan
freepik.com/author/atlascompany

Lap microfiber jadi salah satu kain pembersih yang cukup umum ditemukan di rumah. Nah, kamu bisa memakai kain lap microfiber ini untuk membersihkan celah tirai yang cukup sulit dijangkau. Supaya lebih mudah, kamu bisa memakai penjepit roti untuk membantu membersihkan bagian ini.

Ambil penjepit roti lalu bungkus memakai kain microfiber di kedua ujungnya. Supaya lebih kokoh, ikat menggunakan benang atau karet gelang. Nah, sekarang kamu bisa mulai membersihkan celah tirai dengan lebih mudah. Geserkan perlahan sampai semua bagian benar-benar bersih.

Nggak hanya untuk membersihkan celah tirai, kamu juga bisa memanfaatkan alat sederhana ini untuk menghilangkan debu dan kotoran pada bagian lain di rumah yang sulit dijangkau.

Hilangkan Sarang Laba-Laba dengan Sapu

freepik.com/author/EyeEm

Salah satu masalah yang hampir selalu dialami berbagai rumah adalah sarang laba-laba yang muncul di banyak tempat. Umumnya sarang laba-laba ini berada di sudut tinggi yang cukup sulit untuk dijangkau hanya dengan tangan kosong. Kamu butuh alat tambahan untuk bisa membersihkannya.

Tenang aja, kamu bisa pakai alat seadanya untuk membersihkan sarang laba-laba ini. Ambil sapu yang biasa kamu pakai serta kain bekas. Setelah itu, bungkus bagian ujung yang memiliki ijuk dengan kain bekas tadi. Ikat dengan karet supaya lebih kuat saat dipakai untuk membersihkan. 

Handuk punya permukaan yang cukup baik untuk menangkap dan mengaitkan sarang laba-laba serta serangga mati yang mengotori bagian rumah kamu.

Pakai Sabun Cuci Piring untuk Hilangkan Ilalang

Pakai Sabun Cuci Piring untuk Hilangkan Ilalang
freepik.com/author/Mateus-Andre

Selain bagian dalam, sisi luar rumah juga perlu kamu perhatikan kebersihannya nih, Blibli Friends. Teras atau halaman yang rapi dan bersih tentu enak dilihat dan menenangkan. Salah satu masalah yang cukup mengganggu di halaman adalah munculnya ilalang yang terus tumbuh. 

Kalau ini terjadi, kamu nggak perlu khawatir. Cukup ambil setengah sendok makan sabun cuci piring lalu campurkan dengan dua cangkir cuka. Setelah itu siramkan pada bagian yang ditumbuhi ilalang.

Selain untuk membasmi ilalang, sabun cuci piring ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bagian pagar yang berkarat. Cukup basahi setengah kentang dengan sabun setelah itu gosokkan pada bagian pagar yang berkarat. Kamu nggak perlu membeli bahan pembersih khusus, tinggal manfaatkan sabun yang ada di rumah supaya lebih hemat.

Manfaatkan Spons dan Sikat yang Ada

Manfaatkan Spons dan Sikat yang Ada
freepik.com/author/mrsiraphol

Selain memanfaatkan bahan seadanya di rumah, alat bersih-bersih juga nggak perlu terlalu banyak macamnya. Kamu hanya punya sikat dan spons? Oke juga, bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan seluruh bagian rumah. Sapu juga tentu ada kan? Ini pun bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan sudut tinggi di rumah kamu.

Kain lap juga bisa kamu temukan dengan mudah di rumah. Kamu bisa memakainya untuk membersihkan bagian rumah. Kombinasi antara lap dengan sapu bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sisi yang cukup tinggi untuk dijangkau.

Sebaiknya gunakan lap yang berbeda untuk membersihkan. Gunakan lap khusus untuk membersihkan minyak, mengelap debu maupun mengeringkan dapur dan wastafel yang basah. Jangan sampai lap khusus minyak justru kamu pakai juga untuk mengeringkan wastafel yang basah. 


Baca juga

Itu dia beberapa tips rumah yang bersih tapi tetap hemat tanpa mengeluarkan biaya berlebih. Manfaatkan bahan dan alat seadanya yang tersedia di rumah. Kalau kamu butuh sabun cuci tangan refill, coba deh buka Blibli. Di Blibli ada banyak pilihan sabun cuci untuk segala kebutuhan kamu.