Jangan Buru-buru! Baca Dulu 5 Tips Berikut Biar Ekstra Aman Berkendara!

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu hal buruk yang terjadi setiap hari, di mana saja, kepada siapa saja. Hal ini amatlah berbahaya, terutama bagi kamu pengendara motor.

Berbeda dengan mobil yang memiliki sejumlah fitur keamanan, misalnya seperti airbag dan bodi mobil, bila kamu sampai tertimpa kecelakaan motor, hanya ada pakaianmu saja yang menghadang benturan. Tentunya tidak ada yang mau terjebak dalam kecelakaan berkendara.

Meskipun kecelakaan dapat terjadi karena berbagai faktor, kamu tetap bisa memperkecil kemungkinan tersebut dengan memilih untuk berkendara dengan aman. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya!

1. Mengemudi itu harus konsentrasi

konsentrasi

Biasanya karena belajar mengendarai motor itu relatif mudah, orang-orang suka lupa kalau mengemudi itu harus dilakukan secara hati-hati dan penuh tanggung jawab.

Karena mengemudi memiliki potensial bahaya tersendiri, seorang pengemudi itu bertanggung jawab atas keselamatan dirinya sendiri, penumpangnya, dan semua orang di sekitarnya.

Jangan bermain-main ketika berkendara. Selalu perhatikan jalur yang akan kamu ambil. Lihat kendaraan, pejalan kaki, binatang, ataupun objek lain dan selalu waspada dengan kemungkinan salah satu dari objek tersebut masuk ke jalurmu.

Karena besarnya konsentrasi yang dibutuhkan untuk tetap awas, jangan melakukan multitasking ketika mengemudi. Bila menerima telepon, menepi dulu baru jawab panggilan yang masuk. Dengan bluetooth pun serupa.

2. Bawaan secukupnya saja

bawaan-seckupnya

Bawaan yang terlalu banyak ataupun berat tidaklah ideal untuk keselamatan dan kesehatan motormu. Selain membuat mesin motor bekerja lebih keras dan suspensi jadi cepat rusak, membawa terlalu banyak barang bisa membuatmu kehilangan keseimbangan.

Apalagi kalau kamu mengemudi di tempat yang penuh polisi tidur dan jalannya tidak terawat dengan baik, kemungkinan kehilangan kendali juga lebih besar. Daripada menyiksa diri dan mengemudi secara beresiko, lebih baik kamu mencari alternatif bila perlu membawa banyak barang.

3. Belajar sabar di tengah kemacetan

sabar-di-tengah-macet

Ketika menemui jalan yang padat, sejumlah orang malah jadi mengemudi dengan buru-buru. Sibuk menyalib dan mengambil celah paling sempit sekalipun. Namun, untuk apa sih melakukan hal tersebut?

Kamu mungkin bisa keluar dari kemacetan beberapa menit lebih cepat, tapi perilaku seperti itu malah merugikan semua orang. Menyalib dan berpindah-pindah lajur akan membuat kemacetan menjadi semakin parah.

Daripada menyalib secara berbahaya, membuat orang lain kesal, dan memperparah kemacetan, lebih baik kamu bersabar selama beberapa menit. Jangan berpikir sedikitpun untuk melawan arus!

4. Ingat yang namanya blindspot

blindspot

Meskipun kamu sudah hati-hati dan awas dalam menyetir, masih banyak blindspot di jalan. Selalu perlambat laju ketika berada di perempatan ataupun pertigaan jalan. Jangan segan-segan untuk membunyikan klakson sebelum menyeberang.

Selain itu, spion pada motormu juga memiliki blindspot tersendiri. Kalau belum yakin jalurmu aman, menoleh saja untuk sejenak dan pastikan jalan aman. Ingat, jangan lama-lama menoleh, fokus utamamu tetap saja harus di depan jalan!

5. Patuhi rambu, jangan mengebut

patuhi-rambu

Rambu-rambu jalan itu ada untuk menjaga keamanan pengendara dan seluruh pengguna jalan. Kalau ada rambu yang bilang kecepatan maksimum itu 40km/jam, kamu harus mematuhinya. Tidak hanya soal berbahaya saja, namun melanggar rambu juga berarti melanggar hukum.

Bila kamu ingin mengebut, coba pertimbangkan hal ini. Kamu mungkin bisa menambah kecepatan 10km/jam ataupun 20km/jam untuk sesaat, tapi nanti kamu harus memperlambat laju karena kendaraan lain.

Daripada mengemudi ugal-ugalan hanya untuk sampai lebih awal beberapa menit, lebih baik kamu menunjukkan sikap pengemudi sejati yang bertanggung jawab!

Walaupun kamu sudah mempraktikkan cara berkendara ekstra aman, yang namanya pengemudi liar akan selalu ada. Tentunya ini berarti kamu harus lebih awas lagi. Selain itu, tidak ada salahnya kalau kamu menyiapkan diri bila terjadi insiden di jalan.

Daripada harus cemas dan bingung bila terjadi kecelakaan, lebih baik mengamankan diri dengan asuransi. Memiliki asuransi untuk kendaraan akan menjadi lapisan keamanan paling akhir.

Kamu bisa mendapatkan asuransi untuk motormu melalui Blibli.com. Klik di sini yuk untuk beli asuransi motor kesayanganmu. Manfaatkan cicilan 0% dan beragam cara pembayarannya.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY