Punya mimpi menjadi musisi terkenal? Tertarik bermain gitar, tapi nggak tahu harus memulai dari mana? Plus, nggak tahu gitar yang bagus itu sebenarnya seperti apa? Simak tips memilih gitar dari Yudhistira (23), musisi sekaligus pemusik untuk Teater Pagupon ini, yuk!

Teater Pagupon sendiri merupakan salah satu biro dalam naungan Ikatan Keluarga Sastra Indonesia UI yang menampung kebutuhan berkesenian para anggotanya, terlebih dalam seni pertunjukkan. Kamu tau Payung Teduh? Mereka salah satu “burung dara” yang bermula dari Teater Pagupon, lho!

Nggak kalah keren dari para pendahulunya, Yudhistira juga punya sejarah panjang bersama musik. Selain aktif menjadi pemusik di Teater Pagupon, Yudhistira juga aktif sebagai anggota band sejak sekolah dan manggung di acara-acara hits Jakarta. Jadi, langsung simak tips memilih gitar ala Yudhistira, yuk!

MAU JAGO MAIN GITAR? BELI DULU GITAR PILIHAMU DI SINI!

Body boleh nggak mulus, yang penting bunyinya!

 

gitar yang bagus
Via – Uberchord

Perlu kamu ketahui, gitar punya beragam variasi ukuran, jenis senar, desain, dan lainnya. Lantas, gitar yang bagus itu seperti apa? Tampaknya pepatah, “Don’t judge a book by its cover,” juga berlaku pada gitar! Yudhistira yang udah bergumul dengan gitar sejak kelas 4 SD ini lebih mementingkan bunyi daripada body.

Kamu boleh pilih gitar yang bagus desainnya alias keren banget menurutmu, tapi yang terpenting adalah bunyi yang diresonansikan gitar itu. Percuma, kan gaya kece sementara bunyi gitarnya sember, bahkan fals. Lalu, apa yang memengaruhi kualitas bunyi gitar? Tentu bahan pembuatnya.

KLIK DI SINI DAN TEMUKAN GITAR YANG INDAH BUNYINYA!

Bagian-bagian pembentuk gitar yang mesti diperhatikan

gitar yang bagus
Via – ~Blognya Para Musisi~

Seperti yang udah dikatakan sebelumnya, bahan pembuat gitar ternyata memengaruhi kualitas bunyi yang dihasilkan. Gitar dibentuk dari beberapa bagian mulai dari kepala hingga body gitar. Nah, bagian-bagian itu bisa aja dibuat dari bahan yang berbeda.

Namun, yang terpenting adalah bagian body gitar yang bagus untuk gitar akustik. Kebanyakan gitar akustik menggunakan kayu mahoni untuk body dan rosewood untuk finger board seperti Yamaha F 310 Natural. Bunyi yang dihasilkan kayu mahoni ini termasuk kering dan cocok untuk memainkan lagu-lagu pop atau jazz.

Kamu mau beli gitar elektrik? Yudhistira bilang sebagian besar bunyi gitar elektrik dipengaruhi oleh pick up, bridge, dan neck. Kalau mau menghasilkan vibe yang ceria, pilih gitar dengan single choil pick up. Gitar yang bagus untuk main lagu hard rock sampai metal biasanya menggunakan humbucker pick up karena menghasilkan dark vibe. Yang terpenting lagi, jangan beli yang bajakan, ya!

BINGUNG PILIH AKUSTIK ATAU ELEKTRIK? BELI GITAR AKUSTIK ELEKTRIK AJA!

Menemukan gitar yang cocok di tangan dan di hati

 

gitar yang bagus
Via – @dhisdhisdhis

Setelah berkenalan sedikit dengan bahan-bahan gitar, sekarang waktunya mencari gitar yang cocok dengan kamu. Yudhis yang mengutip Aksan Sjuman bercerita bahwa sebenarnya bukan player yang memilih gitar, tapi gitar yang memilih player. Nah, bagaimana caranya “ditemukan” oleh gitar pasanganmu? Coba semua!

Setelah kamu mencoba banyak gitar, kamu akan menemukan gitar yang bagus dan enak di tangan. Yang dimaksud enak di tangan ini adalah kamu merasa nyaman dan merasakan feel-nya ketika bermain gitar. Kalau gitar yang paling disukai Yudhistira, sih Fender Telecaster. Asal kamu tau, menjadi musisi itu memang harus sensitif dan peka, lho!

TEMUKAN GITAR YANG BAGUS DAN ENAK DI TANGAN SEKARANG!

Semua orang bisa bermain gitar! Harus les atau otodidak aja, ya?

 

gitar yang bagus
Via – @teaterpagupon

Belajar main gitar sama dengan belajar hal lainnya. Kamu perlu bersabar dalam proses. Menurut cowok yang mengidolakan Eros Chandra Sheila on 7 ini, semua orang bisa bermain gitar asal benar minat dan niat belajar. Otodidak atau les, itu pilihanmu.

Kalau mau langsung belajar kepada ahlinya sekaligus mendalami ilmu mengenai gitar, kamu bisa pilih les. Kalau menurutmu belajar gitar bisa dilakukan sendiri lewat media seperti internet atau lainnya, silakan coba. Yang penting: coba!

Belajar main gitar setiap hari mulai dari ngulik chord atau strumming itu terserah kamu. Kalau hapal chord, tapi nggak bisa strumming atau petik senar, nggak bisa main juga, kan? Begitu juga sebaliknya! Jadi, jangan lupa latihan setiap hari, ya!

SEMUA GITAR YANG BAGUS ADA DI SINI!


Jadi makin yakin mau jadi gitaris? Yudhistira yang udah bertahun-tahun main gitar juga awalnya harus belajar dulu dari melihat ayahnya yang sering bermain gitar hingga jadi pro seperti sekarang. Yuk, ke #BlibliSekarang supaya bisa saling menemukan dengan gitarmu!

GITAR-GITAR KEREN BERIKUT INI MENUNGGU UNTUK DIKOLEKSI!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY