Cek Tips Belajar Mobil Bagi Pemula, Mudah Banget!

sumber: pixabay.com

Sebab tuntutan zaman yang semakin maju dan kebutuhan yang semakin beragam, mengendarai mobil menjadi salah satu syarat penting untuk bisa bertahan. Apalagi saat ini sudah banyak sumber dan tempat yang bisa dijadikan pedoman belajar mengendarai mobil. Ini dia tips belajar mobil yang bisa kamu coba dengan mudah.

Kamu yang masih pemula dalam mengendarai mobil pun tidak perlu khawatir. Kamu bisa terus belajar hingga keterampilan mengemudimu terasah. Berikut ini ada lima tips belajar mobil biar kamu tidak grogi lagi ketika di jalanan.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Baru

  1. Pahami Semua Bagian Kendali Mobil dan Fungsinya

    sumber: pixabay.com

Sebelum mulai menginjak rem, Blibli Friends harus paham terlebih dahulu semua bagian kendali mobil dan fungsinya. Setidaknya kamu paham fungsi-fungsi tombol dan pedal kendali yang ada di kemudi dan dashboard. Kemudian pahami juga istilah-istilah dan aturan saat mengendarai mobil. Termasuk salah satunya adalah blind spot yang merupakan daerah yang tidak dapat terlihat dari posisi kemudi. Blind spot ini cukup penting diperhatikan karena spion terkadang kurang membantu sehingga bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

  1. Kendarai Secara Perlahan dan Fokus

    sumber: pixabay.com

Setelah memahami semua bagian dan fungsi kendali, mulailah untuk mengemudi. Mulai laju kemudi secara perlahan dan tetap fokus. Ketika pertama belajar berkendara usahakan untuk mahir dalam berkendara pelan. Sebab, berkendara pelan lebih sulit daripada berkendara dengan laju tinggi. Jika kamu menguasai teknik berkendara pelan, nantinya akan lebih mudah untuk bermanuver di jalanan apa pun.

  1. Selalu Siaga dengan Rem

    sumber: pixabay.com

Ketika mobil sudah berjalan, siagakan kaki pada pedal rem. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Walaupun kamu menginjak pedal gas secara perlahan, tetap posisikan kaki yang lain di pedal rem. Hal ini agar ketika gas tidak sengaja diinjak penuh dan akan menabrak, kamu bisa mengendalikan respon dengan cepat. Untuk pemula, siaga dengan rem adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jika lalai dengan rem, kemungkinan bisa lepas kendali dan sama sekali tidak ingat letak pedal rem.

  1. Kuasai Setiap Teknik Menyetir Mobil

    tips belajar mobil
    sumber: pixabay.com

Kemudian kuasai setiap teknik menyetir mobil. Berkendara di jalanan yang lurus tentu berbeda dengan di belokan, tanjakan, dan turunan. Kamu sebaiknya menguasai setiap teknik dengan masing-masing medan jalan. Untuk pemula, awali dengan belajar menyetir di medan yang lurus dan berbelok. Kemudian teknik parkir yang cukup menguji kesabaran juga harus kamu kuasai dengan baik.

  1. Sering Menyetir Mobil di Jalanan

    tips belajar mobil
    sumber: pixabay.com

Satu tips belajar mobil yang harus dipatuhi berikutnya yaitu sering menyetir mobil di jalanan. Bersentuhan langsung dengan jalanan akan membuat tingkat kewaspadaan kamu meningkat. Lama kelamaan kamu akan mahir dengan sendirinya karena sudah paham harus bersikap seperti apa. Jika kamu masih ragu, tidak ada salahnya untuk menempelkan tulisan “BELAJAR” di bagian atas atap mobil dengan posisi berdiri. Hal ini akan memudahkan kendaraan di depan dan belakang kendaraanmu mengetahui dan memakluminya.

Cek Berbagai Kebutuhan Otomotif Kamu di sini

Tips belajar mobil ini cukup membutuhkan konsentrasi yang cukup agar tetap aman selama berkendara. Selain itu, rutin berlatih mengendarai mobil akan membuatmu lebih cepat mahir dan bisa menguasai kendaraan. Ingat bahwa kamulah yang harus mengemudikan mobil dan bukan mobil yang mengendalikanmu.

Jika kamu masih khawatir menabrak dan lainnya, kamu bisa mencoba mengemudi dengan mobil bekas terlebih dahulu. Blibli menyediakan mobil bekas maupun baru yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengemudi. Jadi, jangan takut mengemudi lagi, ya.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY