me

20 Tips Belajar Maudy Ayunda, Intip Yuk

Jun 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

voi.id
Berikut tips belajar Maudy Ayunda buat inspirasi, baca selengkapnya di sini ya.

Tips belajar Maudy Ayunda — Bisa menjadi inspirasi buat Blibli Friends! Apalagi untuk yang sedang menyelesaikan pendidikan. Nggak heran apabila terkadang kita membutuhkan motivasi untuk belajar. Mendapat inspirasi dari seorang role model bisa menjadi salah satu cara tepat untuk memotivasi diri sendiri.

Maka dari itu, yuk simak tips belajar ala Maudy Ayunda. Baca ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga:


Tips Belajar dari Maudy Ayunda

Tips Belajar dari Maudy Ayunda
mamikos.com

Maudy Ayunda sukses dengan kariernya sebagai seorang aktris sekaligus penyanyi. Maudy nggak hanya punya keahlian di bidang akting dan musik, tapi juga akademis. Dia adalah seorang alumnus Oxford University. 

Ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, Maudy diterima di dua universitas top di dunia, yakni Harvard University dan Stanford University. Sempat bimbang dengan kedua pilihan antara Harvard atau Stanford, Maudy akhirnya memutuskan buat meneruskan S2 di Stanford University.

Maudy pun menyelesaikan studinya dalam dua tahun dengan memilih dua jurusan bersamaan. Lantas, Maudy Ayunda jurusan apa? Dia kuliah S2 dengan mengambil jurusan Administrasi dan Pendidikan. Dia pun berhasil meraih gelar MA dan MBA.

Kesuksesan Maudy Ayunda menginspirasi masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, Maudy berbagi tips seperti apa cara belajar efektif, sesuai dengan yang telah dia terapkan selama ini. Tips belajar dari Maudy Ayunda di antaranya yaitu:

1. Rajin membaca buku, seperti kata Maudy bahwa dirinya punya sejumlah koleksi buku yang dianggapnya penting. Maudy menyampaikan kalau dia menjadikan hal tersebut prinsip hidup, bahwa dia harus memiliki buku-buku, sehingga dirinya rajin membaca buat menambah pengetahuan.

2. Mengoleksi buku juga penting, karena melalui kebiasaan ini, kita jadi suka membaca. Maudy Ayunda juga mengoleksi buku-buku sebagai prinsip hidupnya. Dia selalu membaca buku yang dia punya sehingga pengetahuannya terus meningkat.

3. Menerapkan membaca cepat untuk menyelesaikan suatu bacaan, jadi kita nggak harus baca buku dengan pelan-pelan. Justru, teknik baca cepat bisa bikin kita membaca lebih rajin, di mana hal tersebut sangat krusial untuk memperluas wawasan.

4. Belajar pengetahuan dari apapun yang dibaca, biar jadi pemikir yang independen. Menurut Maudy, berkat membaca, dia selalu belajar tentang sangat banyak hal, Maudy menyampaikan hal tersebut yang menjadikannya seorang pemikir.

5. Mengingat materi bacaan bukan menghapalnya, karena belajar nggak cuma bertujuan mengingat apa yang dibaca, tapi juga mengerti konsep bacaan tersebut. Kalau hanya menghapalkan, pengetahuan tersebut bisa bertahan dalam beberapa hari saja.

6. Memahami konsep bacaan, seperti yang dibilang Maudy pada poin sebelumnya, bahwa sangat penting juga untuk mengerti konsepnya. Dari sini, kita bisa mencapai dan mengetahui inti dari materi yang kita pelajari. Jadi, ketika membaca cobalah meresapinya, hingga kamu paham konsep di balik materinya.

7. Mempersingkat waktu belajar dengan mengerti konsep materi, karena kalau sudah memahami konsepnya, kita nggak akan menghabiskan waktu untuk belajar semuanya. Kita pun bisa menggunakan waktu belajar dengan lebih efisien.

8. Menulis ringkasan serta poin penting dari materi yang dibaca, khususnya setelah mempelajarinya. Jadi, kita bisa punya catatan yang membantu dalam memahami materi secara mendalam, berkat ada rangkuman poin-poin penting yang bisa dibaca ulang.

9. Membaca kembali catatan yang dibuat, karena tentu saja kita perlu baca ulang materi yang sudah kita pelajari. Jadi, nggak cuma mencatat materinya saja, tapi membacanya kembali dapat membuat kita lebih memahami materi lebih dalam. Sekali lagi, kuncinya adalah rajin membaca.

10. Fokus belajar lebih lama tentang materi yang sulit. Maka dari itu, nggak perlu khawatir saat menemukan materi yang sekiranya nggak kita pahami. Jadi kita lebih banyak menghabiskan waktu mempelajari bagian ini. Soalnya, perlu waktu lebih sampai bisa benar-benar paham.

11. Mengenali kekurangan serta kelemahan diri sendiri dalam proses belajar. Menurut Maudy, mengidentifikasi hal tersebut merupakan metode yang paling efektif. Soalnya, pasti ada hal yang membuat aktivitas belajar kurang maksimal, terutama terkait dengan kemampuan diri sendiri.

12. Mengatasi kekurangan diri sekaligus tetap memahami sebagian materi. Jadi, setelah mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan kita, kita pun jadi bisa mengatasinya, dan juga tetap memahami sebagian materi. Hal tersebut karena kita tahu, apa sebenarnya yang menjadi kendala, paling nggak, kita jadi bisa memperbaikinya.

13. Nggak membaca semua materi tapi mendahulukan soal latihan. Seperti yang disampaikan Maudy, ketika belajar, dia nggak selalu baca seluruh materinya, tapi langsung meluncur ke soal-soal latihan yang ada di buku. Oleh karena itu, kamu bisa langsung mencobanya saat belajar, jadi dahulukan membaca soal-soalnya.

14. Langsung mencoba mengerjakan soal-soal latihan terlebih dahulu, untuk meneruskan poin sebelumnya. Jadi kita dapat melakukan langkah pertama, buat mengerjakan dahulu soal-soal latihan di buku. Nggak cuma dibaca saja, soal-soal latihan tersebut dapat kamu kerjakan terlebih dahulu, nah mengerjakannya sambil membaca materi yang dipelajari.

15. Mengerjakan soal latihan sambil memahami konsep yang dipelajari. Nggak sekadar menjawab dan menyelesaikannya, tapi kita juga bisa lebih paham konsepnya setelah belajar, kemudian mengerjakan latihan yang diberikan. Jadi, coba saat mengerjakan, pahami konsep materinya dan bukan cuma sekadar menyelesaikan soal latihan saja.

16. Menerapkan ilmu dan pengetahuan serta pemahaman topik saat mengerjakan soal latihan. Cara ini bisa menciptakan peluang memahami lebih dalam, tentang topik yang kita pelajari. Jika sebelumnya, kamu sudah sempat membaca materi pembelajaran, boleh kamu terapkan materinya saat mengerjakan soal latihan, buat menguji seberapa jauh kamu memahaminya.

17. Menyeimbangkan kegiatan belajar dan kehidupan pribadi. Benar banget, penting untuk menerapkan study-life balance seperti kata Maudy Ayunda, dia pun nggak melulu belajar, tapi juga diselingi melakukan aktivitas yang disuka dalam kehidupan pribadinya.

18. Miliki hobi sebagai kegiatan yang dapat menjaga suasana hati, karena menurut Maudy, menjaga keseimbangan di antara aktivitas belajar dan hobi, bisa jaga mood kita. Bahkan, saat kita punya hobi yang bisa bikin suasana hati terjaga, kemampuan kita dalam menyerap ilmu akan meningkat.

19. Hindari belajar terlalu keras karena berbahaya, demikian menurut buku Study is Hard Work karya William H Armstrong, selain itu, Maudy juga menyampaikan hal tersebut sebagai pesan. Bahkan, menurut buku tersebut, belajar terlalu keras bisa saja membahayakan nyawa seseorang.

20. Beristirahat sejenak untuk membuat otak segar kembali, seperti yang telah disampaikan dalam buku, yang disebutkan pada poin sebelumnya. Maudy pun menyampaikan bahwa dirinya selalu menyempatkan diri buat melakukan hobinya, di antaranya berakting serta bermusik.


Baca Juga:

Demikian tips belajar Maudy Ayunda yang bisa kamu terapkan. Nah, jika ingin melanjutkan S2 di luar negeri seperti Maudy, boleh banget kamu ikutan kursus Bahasa Inggris online yang tersedia di Blibli. Kamu bisa belajar lebih intensif dengan bimbingan guru dan tutor yang berpengalaman. Dapatkan juga berbagai promo spesial dan harga diskon untuk kegiatan kursus yang kamu ikuti.