Tips Bebas Phising alias Pencurian Data di Internet

Pernah ga kalian mendapat email yang mengatasnamakan pihak tertentu yang tiba-tiba meminta informasi identitas kalian? Jika iya, itu adalah teknik phising e-mail, salah satu cara yang sering digunakan hacker untuk mengambil informasi dari korbannya.

Tentunya, ada beragam trik yang dipakai pelaku untuk menjebak korbannya. Mulai dari mengaku sebagai email hosting provider, antivirus, bank, sampai mengaku teman terdekat. Ayo simak 5 trik jitu yang bisa bebasin kamu dari phishing! 😊

1. SELALU WASPADA

Jika kamu mendapat pesan dari pihak ketiga yang meminta informasi kamu, ini patut dicurigai. Perusahaan yang besar, apalagi yang penuh aturan seperti Bank, mereka tidak akan pernah meminta informasi kamu, apalagi lewat ­e-mail. Biasanya, peretas mengubah nama pengirim dengan nama pihak ketiga agar terlihat legit, yang kadang juga disertai dengan alamat e-mail pengirim yang terkesan valid. Juga, kamu tidak perlu membalas e-mail tersebut.

2. HINDARI ASAL KLIK!

Biasanya, di dalam email tersebut, mereka bisa memasukkan modus tagihan atau informasi yang seringkali di-attach ke dalam email tersebut. Attachment tersebut belum tentu berisi data yang sebenarnya, dan mungkin bisa mengandung virus yang bisa menyerang perangkat kamu. Biasanya, pihak email hosting yang sudah canggih sekelas Google akan menginformasikan penggunanya jika attachment yang diselipkan dirasa berbahaya. Jadi, hindari asal klik!

3. CERDAS MENGGUNAKAN EMAIL

Salah satu cara mudah untuk terhindar dari phising, kamu setidaknya menggunakan ­e-mail dari e-mail hosting yang sudah terpercaya. Salah satu fitur dalam email yang tersedia adalah domain penyedia jasa yang sudah berbasis HTTPS, serta memiliki fungsi untuk melacak spam email, phising, ataupun kemampuan antivirus dalam sistem emailnya. Biasanya pihak penyedia jasa akan menginformasikan ke kamu dalam fitur emailnya saat kamu membaca pesan, apakah pesan yang kamu baca dicurigai spam, phising, dan sebagainya. Yang pasti, secanggih-canggih provider e-mail kamu, tetap memerlukan kejelian dari penggunanya.

4. UBAH PASSWORD BERKALA

Khusus yang ini, wajib banget kamu lakuin. Ini salah satu hal yang sering dianggap remeh orang-orang. Mengganti password secara berkala kudu jadi ritual 3 atau 6 bulanan yang perlu kamu rencanakan. Termasuk memilih penggunaan kombinasi huruf, angka, dan simbol demi mempersulit peretas. Yang tidak kalah penting juga, penggunaan two-factor authentication yang kini sering disediakan penyedia jasa, juga bisa kamu manfaatkan demi terhindar dari akses luar ke e-mail kamu.

5. JAGA PRIVASIMU

Di jaman digital ini, mengekpos kehidupan pribadi sebagai santapan umum udah jadi hal yang biasa. Jepret sana, jepret sini, lalu post ke semua social media. Secara tidak langsung, kita sebetulnya menginformasikan hal-hal tentang pribadi kita yang membuat peretas semakin mudah menyerang kita. Ingat, peretas tidak perlu tahu semuanya. Mereka bisa beraksi dengan informasi yang sederhana, seperti hal-hal favoritmu, teman-temanmu, sampai nama e-mailmu.

Blibli.com juga tidak pernah untuk meminta informasi pribadi kamu melalui e-mail. Bila kamu menemukan e-mail yang diduga mengatasnamakan Blibli.com, kamu bisa langsung screenshot dan chat customer service yang siap melayani kamu 24 jam. Demikian 5 trik jitu agar bebas dari phishing, yang dijamin bakal ngebuat kamu bebas dari email phishing yang kini marak. So, stay safe and happy shopping 😊!

Nah, buat kamu yang lagi nyari kebutuhan sehari-hari, gadget yang udah lama kamu idam-idamkan, atau baju koleksi terbaru, saatnya belanja di Blibli.com sekarang juga! Lagi ada promo Kemerdekaan Nggak Habis-Habis nih yang kasih kamu diskon hingga 88%. Belanja sebanyak-banyaknya dan menangkan Grand Prize mulai dari apartemen mewah, 8 voucher wisata domestik, 8 Mistubishi Xpander, hinggal 8 All New Honda Beat!

KLIK DI SINI UNTUK BELANJA DI PROMO KEMERDEKAAN NGGAK HABIS-HABIS BLIBLI.COM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY