Tips Baking untuk Pemula, Rahasia Bikin Kue Anti Gagal!

tips baking

Tanpa teknik yang tepat, baking bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada aja masalahnya, dari kue bantet, gosong, hingga rasa yang nggak karuan. Terkadang, setelah satu kali gagal, rasa percaya dirimu pun menurun drastis. Supaya tingkat PD-mu bangkit lagi dan nggak gagal di percobaan selanjutnya, Nabilla Florisa akan berbagi tips baking buat kamu para pemula.

Nggak cuma berdasarkan pengalaman dari hobi baking-nya, tips yang dibagikan buatmu kali ini juga didapat Nabilla dari Bogasari Baking Center. Oleh karena itu, kamu nggak perlu lagi meragukan keakuratan tips-tips yang disajikan di bawah ini, sudah terjamin! Yuk, segera pelajari selengkapnya!

PASTIKAN BAHAN DAN PERLENGKAPAN BAKING-MU SUDAH LENGKAP! 

1. Mulailah dari hal yang sederhana

tips baking
Via – SparkRecipes

Menurut Nabilla, salah satu alasan penyebab utama seseorang gagal saat baking adalah kesulitan dalam mengaplikasikan resep. Pada dasarnya, resep terbagi atas tiga golongan, yakni mudah, sedang, hingga sulit.

Agar tingkat peluang sukses saat baking tinggi, para pemula sebaiknya menggunakan resep dengan tingkatan yang mudah. Bahkan, jika resep yang mudah masih terasa sulit, kamu bisa mulai dari menggunakan tepung premix instan.

Hal tersebut bertujuan untuk membiasakan dirimu dengan proses baking, mulai dari cara membaca resep, mempraktikannya step by step, cara memegang peralatan, mengamati tekstur adonan yang oke, hingga proses pembakaran atau pengukusannya. Setelah kamu merasa terbiasa, membuat resep dengan tingkat kesulitan apapun pasti akan terasa lebih mudah.

PBAHAN KUE ANTI GAGAL YANG GAMPANG DIBUAT? KLIK DI SINI!!

2. Pay attention to details

tips baking
Via – Kitchen Stories

Tips baking untuk pemula yang kedua ini masih berkaitan dengan membaca resep. Namun, lebih meliputi teknis pengaplikasiannya. Sebelum kamu membuat adonan, pastikan jika semua hal yang tertera pada resep sudah ada dan sesuai. Apabila resep pilihanmu mengharuskan kamu menggunakan self raising flour maka gunakanlah tepung jenis tersebut. Hindari menggunakan jenis tepung yang lain karena hasil adonan akan berbeda dari yang semestinya, sehingga kuemu bisa gagal.

Selain itu, gunakan setiap bahan dengan takaran yang tepat, jangan sampai salah ukur! Termasuk soal mentega, gula, dan garam dalam adonan. Nabilla mengaku salah satu kesulitan dari baking adalah kesempatan yang ada hanya satu kali setiap pembuatannya. Jadi, jika kamu salah ukur, hingga akhir, rasanya tidak akan sesuai ekspektasi dan tidak bisa diubah lagi, kecuali kamu membuat adonan baru. Berbeda dari memasak yang jika terasa kurang, kamu masih bisa menambahkan bumbu tambahan meskipun masakan itu sudah jadi.

JANGAN SALAH UKUR BAHAN BAKU! TEMUKAN PERALATAN YANG TEPAT

3. Manfaatkan peralatan yang ada

tips baking
Via – planetbento

Baking pastinya memerlukan berbagai peralatan, seperti mixer untuk mengocok telur, timbangan untuk mengukur bobot bahan, oven untuk memanggang, dan sebagainya. Banyaknya peralatan yang dibutuhkan terkadang membuat pemula kebingungan dan mengurungkan percobaan mereka saat alat-alat mereka tidak lengkap.

Dari sudut pandang Nabilla, peralatan memang diperlukan namun tidak selamanya mutlak. Apabila ada salah satu alat tidak tersedia, itu tidak selalu jadi masalah, pasti ada cara lain yang bisa dilakukan, selama kamu memang mau. Misalnya, oven kamu rusak, kamu tetap bisa bikin kue dengan memanfaatkan resep-resep kue yang pembuatannya dikukus.

MAU DIOVEN ATAU DIKUKUS, BELI PERALATAN INI!

4. Pastikan pembakaran dilakukan dalam waktu dan suhu yang tepat

tips baking
Via – Pinterest

Faktor penentu kegagalan saat baking nggak hanya ada saat adonan kue dibuat. Tapi juga ditentukan saat proses pembakarannya. Jadi, kalau adonanmu udah oke banget tapi saat pembakaran kamu bolak-balik buka oven sebelum waktunya, jangan heran kalau kuemu tidak mengembang sempurna.

Membuka oven saat kue sedang dibakar akan membuat udara dari luar bercampur dengan suhu oven, akibatnya temperatur saat pembakaran tidak lagi pas. Untuk itu, biarkan oven tertutup selama waktu pembakaran diperlukan. Jika kamu ingin mengecek kue buatanmu sudah matang atau belum, cukup intip dari kaca oven saja. Apabila sudah waktunya dan kamu sudah yakin kuemu matang, baru keluarkan kue dari oven dan letakkan pada tatakan kue pilihan.

CARI TATAKAN KUE YANG KEREN NAMUN TERJANGKAU? DI SINI AJA!!


Tips baking untuk pemula versi Nabilla ini nggak susah buat dilakuin, kan, guys? Oleh karena itu, pastikan kamu selalu ingat empat tips tadi saat akan akan baking, ya! Kalau masih ada tips yang kurang jelas atau tanya-tanya lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Nabilla langsung di Instagramnya, @nabillaflorisa.

Setelah semua tips baking kamu pahami dengan baik, alat-alat yang kamu butuhkan sudah ada, saatnya cari resep yang pas! Ingat, setelah membaca resep dan akan mulai membuat kue, jangan lupa memastikan bahwa semua bahan yang kamu perlukan sudah lengkap. Kalau mau beli bahan untuk baking, kamu bisa mendapatkannya di Blibli.com. Semua yang kamu cari pasti ada. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera #BlibliSekarang!

TEMPATNYA BAHAN-BAHAN KUE DENGAN HARGA TERBAIK DAN TERLENGKAP!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY