Tips Atur Keuangan Agar Tak Selalu Boncos di Akhir Bulan

Akhir bulan selalu dijalani dengan tertatih-tatih karena tak punya uang cukup? Yang satu ini mungkin sering dialami. Bahkan tak jarang, gaji yang didapat habis hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Supaya kamu nggak menyesal di kemudian hari, ada baiknya untuk mengubah caramu mengatur keuangan sedini mungkin. Beberapa tips di bawah ini bisa jadi panduan untuk memulainya:

Buat anggaran

person holding pencil and stick note beside table
Photo by Unsplash

Anggaran akan memudahkanmu untuk menghabiskan uang di luar rencana. Kamu bisa memetakannya ke dalam beberapa kategori, seperti tabungan, investasi, hingga pengeluaran. Pertama-tama ambil dahulu dana yang untuk ditabung dan investasi. Barulah sisanya kamu bagi ke dalam dua pos pengeluaran: primer untuk kebutuhan basic seperti transportasi dan makanan, serta tersier untuk yang sifatnya tambahan seperti biaya untuk hangout, hobi,dll.

Kalau anggaran sudah jelas, ada satu financial hack yang bisa dimanfaatkan nih, Blibli Friends. Kamu bisa membayar kebutuhan rutin seperti pulsa, paket data, token PLN, dan produk digital lainnya secara mudah di Blibli. Dengan membeli secara online di Bliblikamu bisa melakukan transaksi secara cepat dan praktis, serta aman. Sering-sering cek promonya, siapa tahu ada yang bisa dimanfaatkan!

BELI PULSA ONLINE MURAH HINGGA ISI ULANG PAKET DATA DI SINI

Investasi sejak dini

person holding black iPhone displaying stock exchange
Photo by Unsplash

Apabila tabungan dimaksudkan sebagai dana cadangan yang dapat diambil sewaktu-waktu, beda halnya dengan investasi yang baru bisa kamu nikmati keuntungannya di jangka panjang. Ada berbagai macam bentuk investasi yang bisa dipilih, mulai dari reksadana, saham, hingga logam mulia.

LOGAM MULIA MURNI DENGAN POTONGAN HARGA, COCOK UNTUK INVESTASI

Agar berjalan lancar, lengkapi dirimu dengan berbagai macam pengetahuan investasi yang baik. Hal ini akan memudahkanmu mengantisipasi berbagai jenis risiko investasi yang bisa terjadi, sekaligus menganalisa profit yang datang. Sekarang ini juga banyak sekali peer group atau komunitas yang bisa didatangi untuk belajar soal investasi. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar ya!

Boleh ambil kredit, tapi jangan kebablasan

turned-on monitor
Photo by Unsplash

Pada dasarnya, mengambil kredit bisa jadi keputusan yang baik apabila kamu tidak menggunakannya secara berlebihan. Bagaimanapun kredit adalah utang; jadi pastikan kamu mengambil kredit yang memang sesuai dengan prioritas kebutuhan serta kapasitasmu melunasinya.

Daripada kamu kredit untuk hal-hal yang sifatnya tersier seperti liburan, lebih baik ambil cicilan untuk sesuatu yang memang benar bermanfaat untuk keseharianmu. Salah satunya ialah mengambil angsuran kredit untuk kendaraan. Terutama jika kamu termasuk bermobilitas tinggi, dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Di Blibli.com misalnya, kamu bisa mengambil cicilan kredit motor yang terpercaya secara online. Mudah dan terjamin, kenapa tidak?

CEK DI SINI UNTUK ANGSURAN KREDIT MOTOR TERPERCAYA DENGAN PENAWARAN MENARIK

Lakukan meal prep

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh The Jakarta Post pada 2018, diketahui bahwa hampir 69% anak muda memiliki pengeluaran terbesar untuk makanan.

Menjamurnya tempat hangout serta promo-promo makanan pesan-antar via ojek online menjadi salah satu penyebab mengapa budget makan kita bisa membengkak. Wah kalau dijalani terus-terusan, keuanganmu bisa bahaya nih!

Mulai sekarang, batasi pengeluaranmu untuk membeli makan dari luar. Misalnya cukup 400 ribu saja dalam sebulan. Untuk sehari-hari, ada baiknya kamu melakukan meal prep alias menyiapkan makanan sendiri.

Apalagi sekarang kita bisa belanja bahan makanan secara online dengan cepat dan terjamin, contohnya seperti via Blibli Mart.

BELANJA GROSIR SEHARI-HARI SECARA ONLINE, LENGKAP DAN MURAH

Di Blibli Mart, bahan makanannya lengkap, segar, dan sering ada promo yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya menekan pengeluaran, meal prep juga bisa membantumu untuk menjaga kualitas asupan. Menarik untuk dicoba, bukan?

Nah beberapa tips di atas bisa jadi awal yang baik untuk mengatur flow pengeluaran kamu agar lebih terkontrol. Namun ingat bahwa semua dikembalikan lagi ke komitmen dirimu. Jangan menyerah di tengah jalan, ya!

 

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY