Ada penawaran paket tour keluarga murah? Kalau ada alokasi dananya, jangan berpikir dua kali. Sebab, traveling keluarga adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersamaan keluarga. Boleh di dalam negeri atau juga ke luar negeri. Agar makin menyenangkan, pilih paket tour keluarga lengkap yang ramah anak.

Bagi keluarga dengan anak, traveling keluarga memang perlu perencanaan yang matang. Pertama, pilih tempat wisata anak yang memang sesuai dengan usianya. Kedua, harus ada kesepakatan dengan pasangan untuk mengasuh anak saat wisata. Selain itu, harus punya banyak rencana cadangan, terutama jika terjadi sesuatu pada anak, dari mulai rewel atau malah sakit di perjalanan.

Tak ingin repot selama traveling keluarga? Berikut beberapa tips perjalanan bersama keluarga yang bisa Moms siapkan:

  • Pastikan paket tour keluarga seperti apa yang akan diambilpaket tour

Apakah bergabung dengan paket tour keluarga  atau traveling mandiri, Moms harus paham betul dengan rencana perjalanannya. Dari dan ke mana saja, apa saja atraksinya, bagaimana menempuh perjalanannya, cuaca di sana, hingga apa sajakah jenis makanan yang tersedia di sana. Ini penting dipahami, apalagi bagi keluarga yang berencana membawa bayi. Begitu juga kalau ada anak yang sudah hobi lari-lari. Moms yang paham kebiasaan mereka bisa mencari liburan yang sesuai masa tumbuh kembangnya.

  • Jadikan anak partner liburanpartner liburanJika anak sudah bisa diajak berdiskusi, jelaskan dan tanyakan padanya tentang tempat wisata yang akan dituju. Tunjukkan padanya paket tour keluarga yang dipilih. Jadikan ia sebagai partner liburan dan bukan sebagai “beban”. Sebab sangat penting untuk memilih tempat liburan berdasar selera anak dan kesukaannya. Beri pengertian juga padanya kalau ternyata ia kurang cocok dengan pilihan tempat berlibur. Misalnya, bahwa yang penting adalah kebersamaan, dibandingkan dengan pilihan lokasinya. Atau kalau ia minta ke lokasi tertentu, Moms bisa memberikannya dengan beberapa syarat, seperti setelah kenaikan kelas, saat ia berprestasi, atau setelah ia rajin menabung untuk pilihan tempat wisatanya itu.
  • Jadikan liburan bukan untuk belanjafamily swimming

Jadikan liburan benar-benar untuk liburan. Jangan sampai anak dibiasakan liburan sambil belanja. Dan sebaliknya, jangan sampai juga Moms lebih banyak porsi belanja dibanding main ke tempat wisata. Mengapa? Sebab Moms bisa repot membawa barang tambahan. Selain itu, saat berlibur sebenarnya adalah masa pembelajaran anak. Ajak dia ke lokasi tertentu dan beri pengertian tentang tempat wisata itu. Misalnya ke kebun binatang untuk belajar kehidupan makhluk lain atau ke tempat wisata alam untuk mengajarinya mencintai lingkungan.

  • Ajak si kecil terlibat persiapanrenang end

Keluarga dengan anak biasanya harus membawa berbagai kebutuhan lebih banyak. Libatkan anak untuk memilih pakaian dan kebutuhan liburannya sendiri. Berikan ia tas traveling  yang disukainya dan biarkan ia mengisi serta merapikan dengan caranya. Kalau berantakan, baru Moms bantu dan mengajarinya. Moms juga bisa memilih bersama tas traveling si kecil di Blibli.com, misalnya untuk anak laki-laki seperti ini atau anak perempuan seperti ini. Selain banyak pilihan lainnya, belanja di Blibli juga punya banyak manfaat seperti cicilan ringan 0% dan fasilitas multipayment.

Nah, sudah siap liburan bersama keluarga Moms? Mudah-mudahan semua senang, gembira, dan seluruh perjalanan lancar menyenangkan ya.

 

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY