Tiga Bukti Musik Jazz Mempunyai Pengaruh Signifikan

Photo via pexels.com

Musik terbukti mempunyai efek positif pada tubuh manusia. Jika dulu musik cuma bisa didengar pada saat-saat tertentu, kini perkembangan teknologi dan majunya zaman memudahkan semuanya. Salah satunya adalah kamu dapat mendengar musik di mana saja, di layanan musik streaming online, televisi, kanal YouTube, radio, dan tentu saja di ajang festival musik.

Sedari dulu hingga kini, Jazz dikenal dengan irama-irama nada yang terbentuk dari alat musik seperti piano, saksofon, gitar, trombon, dan trompet. Jazz pun juga banyak subgenre-nya. Di Indonesia, genre musik jazz ini diminati orang banyak, dari yang sudah berumur hingga yang masih muda sekalipun.

Saking populernya, aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat ini mempunyai festival musik khusus untuk jazz yang dikenal dengan nama Jakarta International Java Jazz Festival. Pasti kamu pernah dengar dong? Nama musisi lokal hingga internasional seperti Maliq & D’Essentials, Marcell, Andien, Boyz II Men, Brian McKnight, hingga Eric Benet juga pernah tampil di dalamnya, bahkan ada yang kerap kali kembali lho!

Tahun ini, BNI Java Jazz Festival akan diadakan pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret, di Jiexpo Kemayoran Jakarta. Dengan headliners seperti The Jacksons dan Omar Apollo, buruan beli tiketnya di blibli.com ya!

Kembali lagi ke aliran musik jazz, tahukah kamu genre musik yang sering kali kamu dengar di pusat berbelanja, restoran bintang lima, rumah sakit, hingga kafe mempunyai efek yang menguntukan untuk para pendengarnya?

1. Meningkatkan daya pikir

Photo via pexels.com

Sadarkah kamu bahwa musik jazz memiliki irama yang menenangkan hati dan pikiran? Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang membuahkan hasil positif, yakni seorang golfer dapat memberikan permainan terbaiknya saat turun ke lapangan. Namun apa yang spesial? Sebelum mulai bermain, sang atlit tadi mendengarkan musik jazz terlebih dahulu. 

NIKMATI LAGU DARI PARA HEADLINERS BNI JAVA JAZZ FESTIVAL DENGAN HEADSET KEDAP SUARA DARI BEATS

2. Perkembangan organ tubuh

Photo via pexels.com

Ritme teratur yang diciptakan musik ini dikabarkan sangat berperan dalam proses pematangan otak kanan dan juga otak kiri. Kamu pasti pernah mencari tahu kan tentang otak kanan dan otak kiri? Menariknya, ini berpengaruh pada suasana hati dan pikiran kamu lho. In simple words, hal tersebut berperan besar dalam proses perkembangan emosi, sifat manusiawi, hingga proses produksi bahasa sekalipun pada manusia. 

TUANGKAN KREATIVITAS KAMU SAAT MENDENGARKAN MUSIK JAZZ DI ATAS FLIPBOOK ASUS INI!

3. Pengaruh baik pada kesehatan

Photo via blibli.com

Saat mendengarkan musik jazz, apalagi secara rutin, banyak studi yang menunjukkan bahwa ini dapat meredam rasa depresi kita sebanyak 25 persen. Musik jazz juga memiliki efek yang serupa dengan paracetamol, lho! Sekarang terjawab kan kenapa banyak rumah sakit yang memutar lagu-lagu jazz?

Hanya dengan mendengarkannya dapat mengurangi rasa sakit kamu. Jazz juga terbukti dapat mempercepat pemulihan pasien yang terkena serangan stroke. Coba deh, dengarkan lagu jazz satu jam per hari. Have it on your background and feel the difference!

SEBELUM KE BNI JAVA JAZZ FESTIVAL, NIKMATI KEJERNIHAN PARA LINE-UP DENGAN VINYL PLAYER DARI NUMARK DULU YA!

Nah, sudah baca kan manfaatnya? Takjub ga kamu? Nah, untuk persiapan BNI Java Jazz Festival, segera nikmati musik jazz dengan peranti elektronik yang sudah disarankan oleh blibli.com ya! Jangan lupa dibeli tiketnya! Kebayang kan betapa serunya dengarin musik jazz barengan sama teman-teman kamu!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY