Jam 9 malam lampu kamar sudah mati, smartphone sudah di-silent, kamu pun tidur tepat waktu. Keesokan harinya bangun pukul 6 tepat, kemudian bersiap-siap berangkat ke kantor. Di kantor, jam baru menunjukkan pukul 10 tapi kamu sudah bolak-balik menguap. Mata merah dan berair, bahkan secangkir kopi pun tak membantu.

Pernah mengalami hal itu, Friends? Atau jangan-jangan, hal itu setiap hari terjadi padamu? Coba diteliti lagi kebiasaan sehari-harinya. Apakah kamu melakukan  atau mengalami hal di bawah ini?

Mungkin kamu kurang olahraga

via youtube.com
via youtube.com

Suka memperhatikan nggak orang yang rajin olahraga biasanya selau punya energi cadangan yang membuatnya selalu semangat beraktivitas? Latihan sederhana seperti lari, sepeda statis, atau yoga ternyata bisa menambah asupan energi dalam tubuh. Jadi, kenapa tidak mulai sisihkan waktu untuk olahraga mulai dari sekarang? Jangan lupa perhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh ya untuk menggantikan energi yang keluar.

Atau kebalikannya, kamu kebanyakan bergerak

Kebanyakan bergerak tapi tidak menjaga pola makan? Ya, kekurangan gizi ditambah aktivitas yang padat membuat tubuh berteriak minta istirahat. Apalagi kalau kamu punya kebiasaan bergadang dan jam tidur yang tak tetap, siang hari pasti jadi berat. Kalau kamu adalah orang dengan aktivitas tinggi yang super padat, mending mulai jaga pola makan dan istirahat, deh.

Kamar tidur tidak nyaman

via bedpostblog
Iya sih mana bisa tidur di kamar seberantakan ini… via bedpostblog

Ini salah satu penyebab eksternal yang ternyata berpengaruh terhadap kualitas tidur. Hal sederhana seperti ruangan yang terlalu terang, warna dinding yang tak pas, serta seprai, alas bantal, atau sarung guling yang tak nyaman bisa membuat kualitas tidur menurun. Pernah kesel gara-gara tidur di seprai yang kasar dan panas lalu jadi gelisah sepanjang malam?

Solusinya gampang nih untuk masalah ini. Tinggal redupkan atau matikan lampu sebelum tidur kemudian ganti seprai, alas tidur, atau sarung guling dengan pilihan yang lebih berkualitas. Bahan micropoly disperse atau katun Jepang bisa jadi pilihan karena karakternya yang lembut, tidak panas, serta tidak mudah berbulu.

Kalau udah gelisah banget malam-malam tak nyenyak tidur, bisa banget nih lihat-lihat koleksi perlengkapan kamar tidur di Blibli.com. Siapa tahu energi kamu kembali sempurna di siang hari karena tidurnya nyenyak. Hmm~

Sudah minum air putih hari ini? Siapa tahu kamu dehidrasi

Cepat Lelah_4 via pexels
via pexels

Selain kalori, air putih adalah asupan sederhana tapi penting untuk menunjang aktivitasmu. Dehidrasi bisa jadi hal terburuk yang terjadi padamu kalau kurang minum air putih. Kalau kamu dehidrasi metabolisme tubuh tidak akan berjalan optimal, konsentrasi dan daya fokusmu juga akan menurun. Tubuh cepat lemas dan menolak segala stimulan untuk menambah energi. Jadi, jangan lupa minum air putih hari ini ya!

Sarapan 2 porsi nasi uduk ya? Hmm, kamu kekenyangan!

Karbohidrat yang terlalu banyak masuk dalam tubuh bisa membuat tubuh cepat merasa lelah. Emang sih kebanyakan orang Indonesia tidak bisa tidak makan nasi. Tapi, asupan makanan untuk sarapan perlu diperhatikan baik-baik agar kamu tetap produktif di siang hari. Mulailah hari dengan jenis makanan yang tidak mengandung terlalu banyak karbohidrat seperti buah-buahan atau roti gandum.

Stress dan depresi

Cepat Lelah_5 via unsplash
via unsplash

Diam-diam kamu menyimpan masalah pekerjaan, keuangan, atau jodoh yang tak kunjung datang. Walau terlihat baik-baik saja dan berusaha tidak memikirkannya, ternyata waktu sebelum tidur jadi waktu masalah itu terpikirkan. Kalau sudah sangat cemas dan depresi, ada baiknya kamu bercerita atau melakukan konsultasi dengan ahli.

Oh, ternyata pola makan, olahraga, dan istirahat bisa sangat mempengahi energimu sepanjang hari. Jangan sampai waktu produktif terbuang percuma. Jadi, mulai hidup teratur dan sehat dari sekarang, yuk!

5 COMMENTS

  1. Semuanya Ada di saya , Mulai kurang olahraga dan tidur yg tidak tepat waktu, kamar yang berantakan dan faktor eksternal lainnya.

LEAVE A REPLY