Musim berlewat, musik berganti. Namun meski masa datang silih berganti, ada saja lagu dari musisi-musisi jadul yang seakan abadi nikmatnya di telinga.

Seakan terpatri dalam ingatan, nggak peduli kapan kamu mendengarkan kembali, lagu-lagu tipe ini dapat dengan sukses membawamu bernostalgia dengan masa lalu.

Yuk, di akhir pekan ini kita throwback sedikit, mendengarkan lagu-lagu Indonesia yang nggak pernah tergerus zaman. Dinikmati sekarang atau nanti, bahkan puluhan tahun lagi, rasa musiknya tetap sama, nggak membosankan.

1. Jika

Artis                 : Melly Goeslaw (feat. Ari Lasso)
Album              : Melly
Tahun Rilis      : 1999

Jika teringat tentang dikau

Jauh di mata dekat di hati..

Lagu ini sangat melegenda pada masanya. Hampir setiap hari di akhir abad ke-20, alunan musik dan suara kedua penyanyinya yang khas mewarnai radio-radio Tanah Air.

Seperti liriknya, meski lagu ini terbilang lawas, sampai saat ini lagu ini masih terasa dekat di hati dan terdengar nikmat untuk didengarkan dalam segala suasana.

Liriknya yang sedikit melankolis menceritakan hubungan sepasang kekasih yang berada di ujung perpisahan, namun tetap ingin bersama.

Lagu ini akan terasa pas bagi kamu yang sedang dirundung galau dengan hubungan percintaan antara kamu dan si dia.

2. Kangen (Ku Akan Datang)

 

Artis                 : Dewa 19
Album              : Dewa 19
Tahun Rilis      : 1992

 

“Semua kata rindumu semakin membuatku
Tak berdaya… Menahan rasa ingin jumpa
Percayalah padaku akupun rindu kamu
Ku akan pulang… Melepas semua kerinduan…
Yang terpendam”

Dalam penggalan liriknya diceritakan bahwa sang lelaki menerima surat dari kekasihnya yang berada nun jauh di sana. Zaman dulu sih, menulis surat untuk kekasih masih menjadi tren, kalau sekarang kamu bisa memberikan lagu ini kalau sedang kangen sama pacarmu.

Seperti judulnya, lagu yang satu ini pasti paling bisa membuat kamu kangen. Liriknya yang puitis dibalut dengan alunan musik yang ciamik.

Sangat cocok untuk didengarkan oleh kamu yang sedang kasmaran dan menahan rindu untuk bertemu sang pujaan hati.

3. Berita kepada Kawan

 

Artis                 : Ebiet G. Ade
Album              : Camellia II
Tahun Rilis      : 1979

“Perjalanan ini
Trasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk
Disampingku kawan”

Saat bencana alam dan hal sedih terjadi, lagu dari penyanyi berusia 62 tahun ini sering diputar di stasiun-stasiun televisi.

Meski sudah berusia berpuluh-puluh tahun lamanya, lagu ini tetap enak didengar dan masih sering didendangkan oleh para penggemarnya.

Tak seperti lagu kebanyakan yang mengulik tema percintaan, lirik lagu Ebiet G. Ade seakan menyindir kebiasaan buruk manusia yang terlalu sombong dan semena-mena terhadap alam.

Sehingga alam membalas tingkah laku kita dengan mengirimkan bala bencana. Diiringi petikan gitar akustiknya yang syahdu, mendengarkan lagu ini membuat kamu merasa seperti dinasehati oleh seorang penyair bijak.

4. Semua Tentang Kita

Artis                 : Peterpan
Album              : Taman Langit
Tahun Rilis      : 2003

“Ada cerita tentang aku dan dia
Dan kita bersama saat dulu kala
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka saat kita tertawa”

Sebelum berganti nama menjadi Noah, grup band asal Bandung yang satu ini pernah berjaya di masanya dengan nama Peterpan. Hampir semua lagunya sukses menjadi hits di pasaran.

Salah satu lagu yang paling banyak disukai adalah Semua Tentang Kita.

Lagu bertempo lambat ini bercerita tentang kenangan akan kebersamaan dengan sahabat atau kekasih. Dalam tayangan video klipnya, sang vokalis diceritakan sedang melihat semua yang ia miliki menghilang, begitu raganya pergi meninggalkan dunia.

Alunan musiknya yang melow serta suara Ariel yang sedikit lirih membuat siapa saja yang mendengarkan lagu ini akan terhanyut dalam kesedihan atau kegalauan. Terlepas dari semua itu, lagu ini masih tetap enak didengarkan hingga sekarang!

5. Dan

Artis                 : Sheila On 7
Album              : Sheila On 7
Tahun Rilis      : 1999

Caci maki saja diriku
Bila itu bisa membuatmu
Kembali bersinar dan berpijar
Seperti dulu kala

Setahun setelah bergulirnya era reformasi, lagu Sheila On 7 ini seakan menjadi angin segar di kancah musik Indonesia. Saat itu, lagu ini langsung booming dan dicintai para penggemarnya.

Meski sudah berusia 17 tahun, lagu ini nggak pernah bosan untuk didengarkan kapan saja. Liriknya bercerita tentang seorang lelaki yang ingin meminta maaf terhadap kekasihnya. Dirinya bahkan rela untuk dicaci hingga dilupakan asal sang pujaan hati dapat kembali tersenyum dan bahagia.

Wah, pas banget nih, buat kamu dengar saat sedang bertengkar dengan pacar ya. Liriknya seakan-akan dapat mewakili perasaanmu yang campur aduk.


BACA JUGA Akhirnya! Inilah Tujuh Musik yang Membangkitkan Semangat Priamu!


6. Kala Cinta Menggoda

hqdefaultVia i.ytimg.com

Artis                 : Chrisye
Album              : Kala Cinta Menggoda
Tahun Rilis      : 1997

Maka ijinkanlah, aku mencintaimu
Atau bolehkan aku sekadar sayang padamu

Seperti judulnya, tembang lawas yang satu ini selalu bisa menggoda kamu untuk mendengarkannya lagi, lagi, dan lagi. Suara khas Chrisye berbalut musik pop yang riang membuat lagu ini terdengar pas ketika kamu sedang menyukai seseorang.

Lagu ini menceritakan kejadian sederhana yang pastinya pernah juga kamu alami di kehidupan nyata. Seorang pria menyukai seorang wanita. Namun sayangnya, sang wanita sudah ada yang punya.

Meskipun begitu, si pengagum rahasia ini nggak muluk untuk bisa memilikinya. Namun di lubuk hatinya, dia nggak bisa membohongi perasaannya dan berharap sang wanita bisa menyayanginya suatu hari nanti.

Pernah punya pengalaman menjadi pengagum rahasia? Sekadar sayang harusnya boleh lah, ya?

7. Keabadian

reza-artamevia-keabadian1 Via jipiyanuar.files.wordpress.com

Artis                 : Reza Artamevia
Album              : Keabadian
Tahun Rilis      : 2000

Mungkinkah kau mencintai diriku selama lamanya
Hingga maut memisahkan
Bukan hanya cinta yang sesaat terus menghilang
Bila hasrat telah usai

Blantika musik Indonesia akan menjadi kurang seru tanpa kehadiran diva yang satu ini. Pada masa kejayaannya, Reza Artamevia berhasil menelurkan album dan lagu-lagu yang booming di pasaran.

Suaranya yang khas juga sangat disukai berbagai pecinta musik Tanah Air di berbagai kalangan. Mulai dari era mama, kakak, hingga kamu sendiri.

Lagu-lagunya cukup long lasting dan masih nyaman di telinga orang-orang masa kini. Dalam lagu, diceritakan seorang wanita yang masih bertanya-tanya apakah sang pria yang mencintainya benar-benar tulus.

Sang wanita rupanya takut jika luka masa lalunya kembali terulang. Ada yang sedang punya perasaan yang sama dengan lagu ini? Takut untuk masuk ke perangkap yang melukakan hati?

8. Kemesraan

Artis                 : Franky Sihalatua
Album              : Kemesraan
Tahun Rilis      : 1980-an
Kemesraan ini
Janganlah cepat berlalu
Kemesraan ini
Inginku kenang selalu

Bagi kamu yang menyukai musik country dan lagu-lagu balada, “Kemesraan” pastinya selalu menjadi lagu andalan saat berkaraoke ria bersama teman. Meski usianya sudah puluhan tahun, lagu ini masih terasa pas untuk didengarkan sekaligus didendangkan di berbagai kesempatan.

Sebut saja diacara-acara pernikahan, lagu ini seakan menjadi lagu wajib bagi setiap pasangan yang tengah di mabuk asmara. Lirik lagunya yang sederhana namun dibalut dengan iringan suara gitar yang mendayu-dayu membuat kamu dan siapa pun yang mendengarkannya akan larut dalam suasana lagu.

9. Dibalas Dengan Dusta

Artis                 : Audy
Album              : 20-02
Tahun Rilis      : 2004
“Menyakitkan…
Bila cinta (ku) …
Dibalas dengan dusta…”

Saat nama Audy disebut, pasti kamu akan langsung ingat dengan lagu Dibalas dengan Dusta yang kekal abadi. Melalui lagu ini, ingatanmu langsung terbawa ke program MTV yang sempat populer di tahun 2000-an.

Meski liriknya bercerita tentang kegalauan seorang gadis yang berkali-kali dikhianati oleh sang kekasih, lagu ini nggak pernah membuat kamu bosan.

Musiknya yang melankolis dan bertempo lambat membuat kamu sukses terbawa ke suasana lagu yang sedih dan menyayat hati. Bagi kamu yang sedang patah hati, lagu ini pastinya akan membuat kamu berurai air mata dan menghabiskan banyak tisu.

10. Aku Takkan Bersuara

Artis: Nike Ardilla
Album: Duri Terlindung
Tahun Rilis: 1994
Ku tak akan bersuara walau dirimu kekurangan
Hanya setiamu itu ku harapkan
Ku tak akan menduakan walau kilauan menggoda
Kasih dan sayangku tetap utuh untukmu

Nggak adil rasanya jika bernostalgia dengan lagu-lagu lawas Indonesia tanpa menyantumkan lagu ini ke dalam playlist-mu. Sosok Nike Ardilla sendiri nggak bisa dilepaskan dari kancah musik Indonesia.

Suaranya yang khas dengan musik pop rock-nya membuat lagu-lagunya sulit untuk dilupakan.

Sebelum kecelakaan yang merenggut nyawanya, gadis cantik asal Bandung ini berhasil menelurkan banyak album yang hampir semua lagu-lagunya laris manis.

Salah satu lagu populernya adalah Aku Takkan Bersuara. Bercerita tentang kesetiaan seorang gadis terhadap pasangannya.

Hentakkan musiknya membuat lagu ini cocok kamu dengarkan dalam segala suasana. Terutama saat kamu sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta.

Dari lagu-lagu jadul di atas, mana yang menjadi favoritmu? Sesekali menyanyikannya di waktu senggang bisa menjadi hal yang menyenangkan, loh! Agar terdengar lebih maksimal, kamu bisa mencari [gitar akustik] untuk menemanimu bersenandung.

Kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan di Blibli.com! Siapa sangka, mendendangkan lagu lawas bisa seseru ini! Yuk, ajak sahabatmu untuk bernada sekaligus bernostalgia ditemani gitar dan kopi! Indahnya masa lalu.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY