me

Perayaan yang Mirip Thanksgiving di Indonesia

Nov 03, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: pexels

Perayaan Thanksgiving tentu sudah nggak asing lagi bagi kamu, kan? Perayaan yang dimaksud sebagai ucapan syukur ini dilakukan warga Amerika Serikat setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 26 November. Ya, perayaan ini berlangsung tepat satu bulan sebelum Natal. Saat Thanksgiving, masyarakat akan mengadakan pesta makan malam dengan hidangan utama berupa kalkun panggang Wah sangat menarik, ya? Berikut beberapa perayaan mirip Thanksgiving yang ada di Indonesia.

Berbicara mengenai pesta ucapan syukur atau yang juga disebut dengan panen raya, tahukah kamu jika Indonesia juga punya tradisi lokal yang serupa? Bedanya, tentu di sini hidangan utamanya bukan kalkun panggang. Menariknya lagi, setiap daerah punya perayaan panen raya yang berbeda-beda, lho. Jika Blibli Friends penasaran, yuk simak ulasan berikut.

______________________________________

  • Grebeg Syawal di Jogja
image source: blogkulo.com

Sesuai dengan namanya, tradisi satu ini akan diadakan untuk menyambut datangnya momen 1 Syawal. Grebeg Syawal biasanya dilakukan selepas melakukan shalat Idul Fitri dan berlangsung di sekitar alun-alun Utara Keraton Jogja. Pada tradisi ini, akan berlangsung sebuah momen pelepasan Gunungan Lanang. Di mana Gunungan Lanang tersebut kemudian diperebutkan oleh masyarakat. Gimana, tertarik untuk ikut rebutan Gunungan Lanang? Datanglah ke Jogja saat lebaran, ya!

CARI HOTEL DI JOGJA DI SINI

  • Seren Taun di Jawa Barat
image source: silontong.com

Perayaan satu ini akan selalu diadakan setiap kali tiba waktunya musim panen. Dengan menyerahkan sebagian hasil panennya, perayaan ini dianggap sebagai wujud syukur serta upaya untuk memohon restu pada panen tahun depan. Percaya nggak percaya, kabarnya tradisi ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Pajajaran, lho. Tradisi satu ini juga seringkali diiringi dengan kesenian tradisional khas Sunda. Wah, seperti apa ya tariannya?

CEK TIKET KERETA JAKARTA BANDUNG DI SINI

  • Methik Pari di Jawa Timur
image source: infoblitar.com

Jawa Timur juga nggak ketinggalan untuk punya tradisi lokal yang sejenis. Bedanya, tradisi ini baru akan diadakan ketika hasil panen padi sudah matang dan siap untuk dipanen. Masyarakat setempat juga tak lupa untuk menyiapkan aneka sesajen. Beberapa sesajen yang disiapkan diantaranya seperti kelapa, buah cok bakal, pisang raja, dan racikan khusus dari rempah-rempah. Iringan musik tradisional khas daerah setempat akan menambah kemeriahan tradisi Methik Pari. Tertarik untuk melihatnya secara langsung? Kamu bisa berkunjung ke Glinggang Village Festival yang ada di Ponorogo, Blibli Friends!

CEK REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI MALANG, JAWA TIMUR DI SINI

  • Festival Dewi Sri di Jawa Timur
image source: kemahasiswaan.uny.ac.id

Jika Methik Pari berlangsung di Ponorogo, ada lagi satu tradisi yang serupa dengan Thanksgiving, yakni Festival Dewi Sri. Bedanya, festival ini berlangsung di Desa Simbatan, Kabupaten Magelang. Setiap tahunnya, festival ini berlangsung dengan tema yang berbeda-beda. “Sinergi Alam dan Budaya untuk Kearifan Lokal yang Adiluhung” menjadi tema yang diusung pada Festival Dewi Sri 2019. Banyak pertunjukan kesenian yang bisa kamu lihat sepanjang berlangsungnya festival ini. Mulai dari Parade Reog, Fashion Batik, dan masih banyak lagi.

  • Ngampung di Bali
image source: Ngampung di Bali

Sama halnya dengan Methik Pari di Jawa Timur, tradisi yang berlangsung di Bali ini juga merupakan ritual tahunan saat panen padi. Ritual Ngampung ini memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Bali, khususnya mereka yang memang berprofesi sebagai petani. Tak lupa, masyarakat juga menyiapkan aneka seserahan berupa pisang sasih nanak, beras merah, kukus maunti, dan lainnya sebagainya. Kamu harus ke Bali dulu untuk bisa lihat tradisi ini secara langsung.

CEK REKOMENDASI HOTEL DI BALI

______________________________________

Diantara kelima tradisi di atas, mana nih yang ingin kamu lihat secara langsung? Jika sudah menentukan pilihan perayaan Thanksgiving di Indonesia yang akan kamu kunjungi, jangan lupa agendakan perjalanan ke daerah pilihanmu, ya. Agar persiapan perjalanan liburan semakin mudah dan praktis saja, kunjungi laman Blibli untuk melakukan pemesanan tiket. Ada tiket pesawat, kereta, dan lain sebagainya, lho Friends!

CEK BLIBLI TRAVEL DI SINI

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya