Tetap Nyaman Tempuh Perjalanan Mudik Jalur Darat dengan Mobil Pribadi

mudik aman dan nyaman

Pilihan mudik dengan mobil pribadi memang masih jadi salah satu favorit banyak orang. Perkara lebih mudah dan nyaman—karena tidak ada orang asing—jadi beberapa alasan yang sering muncul. Di sisi lain, mudik lebaran dengan mobil pribadi bisa dibilang lebih melelahkan, loh, Friends. Kamu malah bisa lebih lelah lagi jika menyetir mobil sendiri.

Tenang, kenyamanan berada di mobil pribadi tetap bisa kamu dapatkan. Ada beberapa hal yang harus dan bisa kamu lakukan agar mudik lebaran bisa dilalui dengan lebih mudah. Nah, kira-kira apa saja hal yang kamu lakukan itu? Yuk, simak mudik lebaran road trip nyaman dengan mobil pribadi!

1. Pastikan Kamu Sehat

Sulit kalau membawa badan yang sedang tidak fit untuk melakukan aktivitas berjam-jam. Jadi, pastikan kamu dalam keadaan 100% sehat sebelum melakukan road trip untuk mudik lebaran. Mungkin sulit karena masih banyak orang yang bekerja sampai sebelum lebaran tiba. Bukan hanya itu, kamu pun tetap harus menjaga ibadah Ramadan tetap baik sampai hari terakhir.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah tidur cukup. Jika memang mau melakukan perjalanan mudik via jalur darat dengan mobil pribadi, pastikan kamu cukup tidur satu hari sebelumnya. Ya, tak masalah mengambil cuti satu hari sebelum keberangkatan.

Tidur juga kamu butuhkan nanti setelah kembali dari kampung halaman. Mengambil cuti satu atau dua hari untuk menambah waktu istirahat setelah perjalanan panjang. Berangkat harus fit, pulang pun tidak boleh sakit.

TETAP SEHAT DENGAN MULTIVITAMIN DAYA TAHAN TUBUH INI

2. Kondisi Mobil Pun Harus Prima

Demi keselamatan juga, kamu harus membawa mobil ke bengkel sebelum diajak mengarungi perjalanan jauh. Jika memang diperlukan, lakukan servis besar untuk mobil sebelum mudik lebaran. Tak masalah kamu harus menghabiskan uang lebih banyak untuk servis kali ini. Ya, semuanya kan demi keselamatan di perjalanan juga, Friends.

Kondisi prima untuk mobil bukan hanya soal mesin, oli, dan bensin saja, ya! Prima di sini juga dalam urusan interior. Head unityang jadi salah satu bentuk hiburan di dalam mobil pun harus bisa menyala dengan baik. Kamu butuh sesuatu yang menjaga konsentrasi tetap ada di level tertinggi selama di perjalanan

Pastikan kamu punya stok air minum yang cukup banyak di dalam mobil. Bukan tanpa alasan, kamu butuh terhidrasi dengan baik jika terus menyetir. Duduk lama tanpa dibantu oleh air minum akan buat ginjal kamu dalam bahaya.

BAWA COOLER BOX DI MOBIL BIAR MINUMAN KAMU TETAP DINGIN

3. Tahu Rute dan Tentukan Sebelumnya

Ingat, kamu akan melakukan perjalanan jauh dengan semua kendali ada di tangan. Pastikan kamu tahu tujuan kamu pergi. Tentukan dulu rute mana yang akan diambil sebelum benar-benar menyalaman mesin dan menginjak pedal gas. Tidak ada salahnya, loh, berdiskusi dengan anggota keluarga lainnya dalam penentuan rute ini.

Namun, tetap sediakan peta perjalanan dan GPS, ya. Tenang, kamu bisa menemukannya di surat kabar yang membahas tentang mudik atau cari saja dari smartphone kamu. Namun, jangan terlalu saklek dengan rute awal, ya. Selalu baca kondisi jalan dan cari jalur alternatif. Menggunakan jalur alternatif kadang bisa memangkas waktu tempuh, loh.

Hafalkan juga tempat-tempat penting yang akan kamu lalui, ya. Selalu tahu rest area, stasiun pengisian bahan bakar, rumah sakit, pos polisi, dan pos mudik. Pastikan kamu selalu mengambil jalur dengan pilihan tempat-tempat penting tersebut.

CARI SMARTPHONE LAYAR BESAR UNTUK BANTU PERJALANAN KAMU DI SINI

4. Jangan Lupa Wisata Kuliner!

Berhenti saat sudah menyetir terlalu lama. Baiknya, kamu berhenti setelah 2 – 3 jam atau saat tubuh sudah memberi sinyal kelelahan. Berhenti sejenak bukan hanya untuk kamu, loh. Istirahat juga penting buat mobil kamu untuk melakukan pendinginan. Jangan sampai kembali dari kampung halaman mobil kamu malah rusak parah, ya!

Nah, alih-alih hanya berhenti di tempat-tempat beristirahat, coba juga sekali-sekali berhenti di pusat jajanan atau tempat dengan banyak restoran. Ingat, tubuh kamu juga butuh “bahan bakar” untuk bisa melanjutkan panjang sampai tiba di kampung halaman.

Nah, momen ini yang harus kamu manfaatkan untuk berwisata kuliner. Melewati banyak kota buat kamu bisa mencicipi kuliner khas dari kota yang kamu lewati. Menjaga perut kamu selalu terisi juga buat kamu tetap fit selama perjalanan.

ISTIRAHAT DI MOBIL PAKAI BANTAL LEHER LEBIH ENAK

5. Bawa Barang Secukupnya, Ya!

Kamu hanya akan mudik beberapa hari saja, kok. Jadi, tidak perlu bawa terlalu banyak pakaian atau benda-benda pribadi lainnya. Dengan tidak membawa banyak barang bawaan, mobil kamu jadi tidak kepenuhan dan tetap nyaman selama perjalanan. Tidak kelebihan muatan juga bisa mengirit bahan bakar selama perjalanan.

Kalau memang mau bawa barang bawaan yang besar, pastikan kamu menyusunnya dengan baik di dalam bagasi mobil supaya bisa muat semua. Kamu juga bisa menggunakan roof rack di atas mobil. Nah, pastikan kamu pilih roof rack dengan kualitas terbaik, ya. Selain bisa menjaga barang bawaan, roof rack berkualitas juga bisa menjaga bagian atas mobil kamu.

ROOF RACK TERBAIK UNTUK PERMUDAH MUDIK ROAD TRIP

Nah, kamu bisa temukan roof rack dengan harga mulai dari Rp1 jutaan di Blibli.com. Tinggal menyesuaikan saja roof rack dengan mobil yang kamu punya. Eits, biarpun roof rack yang kamu pakai cukup kuat, tetap jangan membawa barang kelebihan, ya. membawa barang sampai menggunung malah buat perjalanan kamu berbahaya, Friends.

PILIHAN KOPER BESAR UNTUK DIBAWA MUDIK

Sudah cukup siap untuk perjalanan mudik lebaran via jalur darat, kan? Untuk lebih siapnya lagi, kamu bisa mengecek rekomendasi barang lain yang dibutuhkan, ya. Kamu bisa temukan car chargercar freshner, dan oli mobil terbaik di Blibli.com. Setelah semuanya siap, tinggal berangkat menuju kampung halaman, deh!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY