Ssst… hati-hati kalau kamu ke negara maju dan masuk angin akibat kedinginan. Spontan, kamu pun kerokan. Tapi kalau ini ketahuan dokter, bisa jadi mereka mengira kamu malah mengalami kekerasan karena ada bekas merah biru di punggung. Nggak perlu heran. Pengobatan di negara maju yang serba modern memang sering tak mengenal obat tradisional seperti itu. Padahal, sampai sekarang kerokan masih dianggap sebagai salah satu pengobatan ampuh bagi masyarakat kita.

Secara garis besar dunia pengobatan memang dibagi menjadi dua, pengobatan medis dan non-medis. Pengobatan non-medis jenisnya macam-macam, salah satunya adalah pengobatan tradisional yang sudah dijalankan secara turun-temurun selama ratusan atau bahkan ribuan tahun. Kerokan adalah salah satunya.

Pengobatan tradisional yang sudah berlangsung hingga ribuan tahun adalah bukti bahwa di dunia yang modern, yang tradisional pun masih ampuh. Bahkan tak jarang, sering kali malah dianggap lebih manjur. Tapi sebenarnya keduanya bisa saling melengkapi. Apa saja pengobatan tradisional yang masih eksis dan bisa kamu rasakan manfaatnya?

1. Bekam

alat bekam

Kamu mungkin pernah mendengar bekam, sebuah metode pengobatan yang populer di dunia Islam. Cara kerja bekam adalah mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Pada titik tertentu, akan ditusuk dengan jarum steril agar darah keluar lewat pori-pori, yang dibantu dengan semacam alat isap berbentuk bola kecil yang dibelah. Bekam dipercaya bisa mencegah dan mengobati penyakit berat seperti darah tinggi dan stroke. Saat ini ada berbagai model alat bekam yang praktis. Agar lebih maksimal hasilnya, kamu bisa mencari ahli bekam yang memang sudah berpengalaman.

2. AkupunkturAkupunktur01

Via media.anatomicaltaby.se

Pengobatan ini biasa disebut juga sebagai tusuk jarum, sesuai dengan cara pengobatannya, yaitu menusukkan jarum di bagian tubuh tertentu. Tentu saja kamu harus berobat tusuk jarum kepada ahlinya. Akupunktur merupakan pengobatan tradisional Tiongkok yang sudah berusia ribuan tahun. Sistem kerjanya adalah memperbaiki sistem peredaran darah dan saraf.

3. GurahHeal-the-sinusitis-with-2-natural-horseradish-mixtures1

Via 1mhowto.com

Terapi gurah adalah terapi asli Indonesia yang sudah berusia ratusan tahun. Tujuan dari gurah adalah mengeluarkan lendir dan kotoran yang ada di saluran pernapasan dari tenggorakan hingga paru-paru. Salah satu jenis penyakit yang bisa diatasi dengan gurah adalah sinus atau pilek akut. Selain itu, gurah juga biasa dilakukan oleh penyanyi dan atlet untuk memperkuat napas mereka.


BACA JUGA 4 Rekomendasi Alat Medical Check Up di Rumah


4. Kerokankerokan.JPG

Via acehonline.info

Kamu pasti tahu dong metode yang satu ini. Jangan sepelekan cara tradisional ini, karena banyak orang yang cocok dengan metode pengobatan kerokan. Metode ini sangat mudah dan murah, karena hanya memerlukan koin dan minyak kayu putih atau minyak kelapa. Tak usah malu ada garis merah di tubuhmu, yang penting masuk angin atau kembung sembuh.

5. Refleksireflexology-feet-1

Via karenscottreflexology.com

Pengobatan dengan metode pijatan ini banyak disukai, karena bisa memberikan efek relaksasi. Caranya pada beberapa titik di kaki, tangan, dan sebagian tubuh akan dipijat dengan metode tertentu untuk memperlancar peredaran darah dan sistem saraf. Salah satu manfaat refleksi adalah melepaskan endorfin, hormon yang bisa memberikan efek relaksasi dan meredakan stres. Dengan begitu, fungsi organ tubuh bisa berjalan optimal.

Jika kamu ingin mencari model alat pengobatan tradisional lainnya yang praktis, coba saja cari di Blibli. Banyak alat kesehatan yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Tinggal pilih, bayar, barang akan dikirim ke rumah. Semoga tubuhmu makin sehat ya Friends.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY