Ternyata ini yang Bisa Dipelajari dari Metode Konmari ala Marie Kondo

Via Konmari

Hi Blibli Friends! Kalian pernah baca buku tentang berberes-beres dengan Metode Konmari? Atau bahkan kalian pernah menonton serialnya di Netflix? Blog Blibli Friends kali ini mau membahas Metode Konmari yang dicetuskan oleh Marie Kondo.

Sebelumya, Marie Kondo menulis sebuah buku yang berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up. Tapi popularitasnya meroket sejak muncul series di Netflix berjudul Tidying Up with Marie Kondo.

Simak bersama yuk penjelasan mengenai Metode Konmari di bawah ini!

BENDA PUN MEMILIKI NYAWA

Metode Konmari mengajarkan bahwa setiap benda yang kita miliki juga punya “nyawa” . Maka itu, Friends harus menghargai setiap benda yang kita miliki, perlahan-lahan dalam memegang bendanya, dan tulus hati untuk merawat setiap benda yang dimiliki.

Via : HiConsumption

Salah satu cara menghargai benda yang kita miliki adalah merawat sepatu. Setiap seminggu sekali kita rawat sepatu kita dengan cara dipoles misalnya. Membuat sepatu tampak lebih bersih dan berkilau agar seperti baru kembali!

BERIKAN TEMPAT TINGGAL UNTUK BENDA YANG DIMILIKI

Setiap benda butuh rumah. Maksudnya, benda juga butuh wadahnya sendiri, guys. Terkadang, ketika kita membeli tas lalu dengan seenaknya meletakkan tas tersebut di seluruh penjuru rumah.

Via : Decor Pad

Nah, tas yang kalian miliki alangkah baiknya disimpan dalam lemari (bisa juga lemari khusus tas)

Idealnya adalah benda-benda itu juga harus memiliki tempat nya sendiri. Ketika sebelum dan setelah dipakai di letakkan kembali ke tempat semula jadi tidak tersebar dimana-mana.

 KATEGORIKAN BENDA-BENDA SESUAI DENGAN UKURANNYA

Hal yang diajarkan oleh Metode Konmari adalah kita harus meletakkan atau menyusun benda-benda yang kita miliki sesuai ukuranya. Bukan sesuai jenis atau warna nya.

Hal ini dibuktikan bahwa ketika disusun sesuai dengan ukurannya, akan menghasilkan banyak space sehingga semua yang disusun menjadi muat dan meminimalisir tempat penyimpananya juga.

Salah satu contohnya adalah menyusun alat tulis atau alat kerja kalian di tempat yang sudah di pilah-pilah menggunakan wadah sesuai kategori ukurannya.

KERAPIAN ADALAH SUMBER KEBAHAGIAAN

Kegiatan membenahi benda-benda yang kita miliki termasuk sumber kebahagiaan loh. Kalau rapi pasti kita juga puas dan lega sehingga mau bersantai di rumah pun atau kamar jadi nyaman karena semua benda sudah tersusun rapih.

Via : Inside Out Style

Menyusun pakaian yang ada di lemari juga salah satu sumber kebahagiaan. Ketika kita menyusun secara teratur dan rapi, maka akan lebih mudah juga untuk memilih pakaian mana yang mau dipakai selanjutnya

Marie Kondo mengatakan, kita harus menanam pola pikiran bahwa menata benda-benda adalah untuk kerapian selamanya. Bukan semata kegiatan yang merapihkan setiap seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan setahun sekali. Dan merapihkan dalam satu waktu sekaligus akan berdampak stres lebih besar daripada merapihkan secara sedikit demi sedikit.

Itu lah beberapa hal yang bisa diambil setelah mempelajari Metode Konmari dari Marie Kondo untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari, Friends!

Buat kalian yang ingin beli tempat penyimpanan yang berkualitas dan bagus, bisa loh belanja di Blibli.com! Soalnya ada promo My Big Wish 2019 juga nih! Don’t forget to #BlibliSekarang

KLIK DI SINI UNTUK BELI TEMPAT PENYIMPANAN DI BLIBLI.COM

Penulis : GiffaritaKF

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY