Kenal nama Sinta dan Jojo? Para Youtuber hampir pasti mengenal nama ini. Duo lipsync plesetan dari Bandung ini namanya sempat melejit dan video mereka di Youtube ditonton lebih dari sembilan juta kali. Tapi kenalkah Anda dengan Luciana Zogbi? Mungkin nama ini belum terlalu akrab telinga orang Indonesia. Namun, artis Youtube dari Brazil ini salah satu videonya sudah ditonton lebih dari 50 juta kali!

Dua cerita di atas menunjukkan bahwa kesempatan untuk terkenal di dunia musik tidak sesulit dulu. Zaman dulu orang harus mengikuti berbagai lomba musik dan ajang pencarian bakat untuk memulai karier di dunia musik. Bila bakatnya luar biasa, pencari bakat akan menghubunginya dan menawarkan kontrak rekaman. Tentu melalui alur birokrasi yang cukup panjang, lama, dan melelahkan. Ada jaminan sukses? Belum tentu.

Sekarang ceritanya berbeda. Teknologi digital dan internet memudahkan orang untuk berkarya tanpa harus melalui proses yang panjang dan rumit. Tinggal berkarya dengan serius, merekamnya, dan kemudian mengunggahnya di Youtube atau media sosial. Orang akan melihat. Dan bila penonton suka, maka namanya akan tersebar hingga akhirnya jadi terkenal. Ingin seperti salah satu dari mereka?

Apa yang harus dilakukan agar bisa terkenal di dunia maya dengan musik kreasi Anda? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba:

Asah terus bakat, dan temukan hal unik yang bisa dieksplorasi

bakat musik

Untuk menjadi sosok terkenal di dunia musik, bakat saja sepertinya tidak mencukupi. Anda harus terus bekerja keras dan mengasah bakat. Lalu, cari sisi unik yang bisa membuat Anda berbeda dari yang lainnya. Lihat video-video favorit yang terkenal dan memiliki viewer banyak. Setelah itu berlatihlah dengan lagu-lagu yang Anda kuasai. Mainkan, rekam, dan ulangi beberapa kali sampai hasilnya menarik dan punya ciri khas. Minta orang lain untuk menilai. Setelah itu baru unggah video di kanal musik atau media sosial lainnya.

Gunakan peralatan musik yang memadai

gunakan alat musik

Tidak perlu yang super lengkap. Tapi minimal bisa mendukung aksi Anda. Bahkan jika bisa meramu, Anda juga bisa menghasilkan karya unik dengan beberapa alat musik. Anda bisa melihat pilihan aneka alat musik yang kualitasnya terjamin di Blibli.com. Anda bisa mendapatkan beragam manfaat bila berbelanja di Blibli.com, seperti bebas ongkos kirim dan fasilitas cicilan 0%.

Membuat karya yang berbeda secara regular

membuat karya

Membuat karya yang bagus dan unik saja tidak cukup. Anda harus melakukannya secara terus-menerus. Artis musik Youtube terkenal di dunia maya selalu membuat karya-karya berkualitas, unik, dan dilakukan secara kontinu. Beberapa artis musik di Youtube seperti Luciana Zogbi, Sungha Jung, dan PewDiePie mengunggah belasan bahkan puluhan video mereka di Youtube. Sekali orang melihat dan suka aksi tertentu, umumnya orang akan mencari dan menonton video-video lainnya. Kalau sudah mulai ada penggemar, buat mereka selalu menantikan karya terbaru Anda. Jika perlu, buat jadwal rutin minggu tertentu Anda akan meng-upload video terbaru.

Sebarkan lewat semua akun media sosial

sebarkan lewat media sosial

Setelah mengunggah video di Youtube, sebarkan juga link-nya ke seluruh akun media sosial. Menyebarkan link atau potongan video akan membantu konten yang Anda unggah menjadi viral. Bila sebuah konten sudah menjadi viral, konten lainnya biasanya akan mengikuti. Tanpa membagi konten di media sosial, konten video Anda lebih sulit menjadi viral.

Sudah siap beraksi dengan karya unik buatan Anda?

 

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

Iโ€™m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY