5 Tenda Camping Terbaik, Cek di Sini, Kuy!

Mar 28, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Tenda Camping Terbaik- Belakangan ini, aktivitas yang berhubungan dengan alam sedang digemari kembali. Salah satunya adalah camping. Memang nggak mudah buat yang tinggalnya di kota besar untuk camping di alam bebas. Tapi kalau bisa menyediakan waktu, aktivitas ini perlu banget dicoba! Sebelum memilih tenda camping terbaik, simak manfaat dan beberapa tips camping di bawah ini, yuk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Camping Seru di Jogjakarta Saat Road Trip


Apa Manfaat Camping?

Ternyata camping punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental kita, lho. Ini dia beberapa manfaat camping yang harus kamu tahu.

  • Bisa Menghirup Udara Bersih dan Segar

Kalau sehari-hari kita tinggal di tengah kota, sering kali kualitas udara yang kita hirup pasti sudah terkontaminasi. Entah ini dengan polusi asap kendaraan, asap roko, dan lain sebagainya. Dengan camping di alam bebas, kita bakal menikmati lagi menghirup udara yang jauh lebih bersih. Pastinya lebih baik bagi sistem pernafasan.

  • Meredakan Stres

Kalau hanya dibayangkan mungkin sulit mendapat gambaran bahwa stres bisa reda hanya dengan menghirup udara segar dan menikmati pemandangan. Tapi coba deh rasakan sendiri. Penat yang kita rasakan karena aktivitas padat setiap hari di perkotaan bakal terangkat seketika. Saat pulang, kondisi mental kita bisa lebih sehat dibanding sebelumnya.

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Saat camping, masyarakat modern pasti tetap membawa cahaya buatan untuk penerang. Tapi jumlahnya pasti tidak sebanyak dan seintens lampu yang setiap hari kita gunakan di rumah. Ternyata ini bisa berpengaruh banget ke kualitas tidur lho. Kita bisa tidur lebih baik dan berkualitas.

  • Olahraga di Alam Bebas

Di tengah camping, orang cenderung akan melakukan aktivitas di sekitar tenda. Yang paling simpel, kita bisa jalan-jalan sambil menikmati pemandangan. Meski hanya jalan kaki, ini sudah bagian dari olahraga. Sambil menikmati pemandangan, menghirup udara segar dan dapat cahaya matahari, manfaatnya cenderung lebih baik daripada olahraga kita sehari-hari.

  • Mendekatkan Diri dengan Keluarga atau Teman

Buat yang camping bersama keluarga atau teman-teman, pastinya bisa meningkatkan kedekatan. Secara mental ini bagus banget karena kita bisa merasakan dukungan dari orang-orang terdekat.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Kegiatan Camping

Liburan biasa yang menginap di hotel saja butuh persiapan. Apalagi camping di alam bebas. Ini dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum camping:

  • Riset Lokasi

Ini penting banget, terutama bagi pemula. Sebaiknya pilih tempat camping yang tanahnya datar dan suhunya stabil, jadi nggak akan mengalami pengalaman yang langsung berat. Cari tahu juga apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar.

  • Siapkan Sumber Penerangan

Ada banyak perlengkapan yang harus disiapkan sebelum camping. Tapi satu yang nggak boleh terlewat adalah sumber penerangan. Sudah terbiasa dengan penerangan modern, kita bakal kesusahan beraktivitas kalau camping gelap-gelapan.

  • Pilih Tenda Sesuai Kebutuhan

Saat ini jenis tenda variatif banget. Ada tenda kecil untuk 1 – 2 orang, untuk 4 orang, bahkan tenda ukuran besar yang bisa diisi hingga 5 orang dan ada ruang luas untuk berbagai bawaan. Tenda yang besar sudah pasti lebih bagus? Nggak juga sih. lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan kita saja.

  • Bawa Perlengkapan Sesuai Kebutuhan

Untuk camping di dekat pantai, pasti butuh pakaian yang menyerap keringat. Sedangkan camping di pegunungan, butuh pakaian yang menghangatkan. Jadi pastikan kamu membawa perlengkapan yang sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Memilih Tenda yang Bagus untuk Camping Biar Awet

Dalam memilih tenda, ini dia tips yang harus diperhatikan:

  • Pilih Ukuran yang Tepat

Ukuran tenda ada beragam, bahkan ada tenda untuk 1 orang saja dan ada tenda yang bisa digunakan untuk beramai-ramai. Pilih tenda yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan kita. Kalau hanya pergi berdua, buat apa bawa tenda yang muat untuk 6 orang? Selain berat, ini akan mempengaruhi suhu di dalam tenda.

  • Cek Lapisan Tenda

Pada umumnya, tenda ada yang hanya terdiri dari 1 lapisan dan 2 lapisan. Tenda 1 lapisan cocok dipakai di daerah pantai yang suhunya hangat, tapi nggak direkomendasikan untuk musim hujan. Sedangkan tenda 2 lapisan cocok untuk dipakai di daerah pegunungan yang dingin, atau di saat musim hujan dan berangin.

  • Pilih Bentuk Tenda

Bentuk tenda ternyata juga harus disesuaikan dengan lokasi camping kita. Untuk daerah yang anginnya kencang, hindari bentuk tenda yang membuat angin terperangkap. Angin bakal menabrak tenda dan pasaknya bisa patah.

  • Perhatikan Bobotnya

Pada umumnya, ukuran tenda langsung berpengaruh ke bobotnya. Supaya lebih ringan, kamu bisa pilih tenda yang pasaknya terbuat dari alumunium. Tetap kuat tapi ukurannya ringan. Ini juga jadi alasan agar nggak memilih tenda yang kebesaran, agar membawanya nggak keberatan.

  • Cek Kelengkapan Pasak dan Frame

Pasak penting banget untuk memasang tenda agar nggak terbawa angin, sedangkan frame adalah tulangnya tenda sehingga harus kuat banget. Biasanya frame terbuat dari fiber warna hitam. Pastikan pilih yang berkualitas agar dapat frame kuat.

Rekomendasi Tenda Camping Terbaik

1. HYU PE370 Tenda Camping [2 Orang]

HYU PE370 Tenda Camping (2 Orang)

Untuk camping berdua, kamu bisa pilih HYU PE370 Tenda Camping [2 Orang] yang harganya Rp 250 ribuan. Tenda lipat ini sudah dilengkapi dengan alas tenda dan kelambu anti nyamuk. Jadi aman dan nyaman banget. Mudah juga bongkar-pasangnya.

2. Naturehike NH21ZP008 Tenda Camping Otomatis 4 Orang

Naturehike NH21ZP008 Tenda Camping Otomatis 4 Orang

Kalau berencana camping berempat, kamu bisa pilih Naturehike NH21ZP008 Tenda Camping Otomatis 4 Orang yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 1.18 jutaan. Tenda 1 lapisan ini terbuat dari bahan oxford yang dilapisi dengan lapisan tahan air. Sudah tersedia pintu di depan dan belakang tenda.

3. Naturehike NH21ZP001 Tenda Camping MG Hexagonal Glamping Tent

Naturehike NH21ZP001 Tenda Camping MG Hexagonal Glamping Tent

Ada bentuk tenda yang membulat atau yang ada seginya seperti Naturehike NH21ZP001 Tenda Camping MG Hexagonal Glamping Tent yang harganya Rp 5 jutaan. Tenda yang muat 3 – 4 orang ini terbuat dari bahan polyester yang tahan air dan angin. Bentuk segi enamnya membuat tenda ini lebih kokoh dan stabil setelah didirikan.

4. Tenda Camping Mobi Garden NX20561008 Holiday Stars 300 Glamping Tent

Tenda Camping Mobi Garden NX20561008 Holiday Stars 300 Glamping Tent

Mau pilih tenda mewah? Kamu bisa coba Tenda Camping Mobi Garden NX20561008 Holiday Stars 300 Glamping Tent yang harganya Rp 12.9 jutaan. Tenda berbobot 18.34 kg ini dilengkapi dengan ruang luas untuk tempat duduk atau ruang makan indoor.

5. Tenda Camping Naturehike NH20ZP015 Cloud Vessel Tunnel Tent Large

Tenda Camping Naturehike NH20ZP015 Cloud Vessel Tunnel Tent Large

Kamu bisa pilih Tenda Camping Naturehike NH20ZP015 Cloud Vessel Tunnel Tent Large yang harganya Rp 14.72 jutaan. Tenda berbentuk terowongan ini berukuran besar, lengkap dengan ruang luas untuk tempat duduk atau ruang makan. Nyaman untuk camping 5 – 6 orang sekaligus. Tenda ini lengkap dengan pintu di depan, belakang, serta samping kiri dan kanan.


Baca juga: 8 Sepatu Lari Lokal Terbaik, Nyaman dan Berkualitas!

Nah, setelah baca rekomendasi tenda camping terbaik, sudah yakin belum, nih, mau pilih tenda yang mana buat acara campingmu? Dapatkan tenda camping berkualitas dalam berbagai harga dan ukuran di Blibli. Kamu bisa belanja lebih hemat dengan voucher potongan harga, gratis ongkir dan cashback. Yuk, pilih tenda incaranmu sekarang juga!

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel