Udah Punya Rencana Liburan Akhir Tahun? Cobain Solo Backpacking ke 5 Tempat Wisata Ini, Yuk!

solo backpacking

Liburan itu nggak perlu ribet! Daripada harus menunggu temen lalu menunda-nunda rencana perjalananmu, mendingan cobain serunya solo backpacking alias liburan sendiri! Nggak cuma lebih bebas mau kesana kemari, kebanyakan orang menggemari solo bacpacking karena mereka bisa lebih mandiri dan menemukan jati diri, lho! Lalu, apa saja ya, destinasi di Indonesia yang asyik untuk solo traveling?

Nah, untuk memberikan kamu rekomendasi terbaik, Blibli Friends menghadirkan Eka Situmorang, travel blogger perempuan yang menulis di ceritaeka.com. Menggemari traveling sejak kecil, Eka mulai aktif membagikan pengalaman jalan-jalan serunya di blog sejak tahun 2009. Menurut ibu beranak satu ini, ia sering berjalan-jalan sendiri untuk refreshing, menemukan pengalaman baru, dan sekaligus agar bisa lebih menikmati kehidupan dan nggak mudah cranky. Simak yuk, 5 rekomendasi Eka tentang tempat wisata di Indonesia yang asyik dan aman buat solo backpacking!

ATUR SEMUA KEPERLUAN SOLO BACKPACKING DENGAN BLIBLI TRAVEL #SAHABATPERJALANANMU

1. Jogja

solo backpacking
Via – Lokasiseru

Rekomendasi destinasi pertama yang seru banget untuk solo backpacking adalah Kota Jogja. Terletak di Jawa Tengah, Jogja dikenal karena kultur dan budaya Jawa-nya yang masih sangat kental terasa. Apalagi, kota ini juga selalu punya tempat-tempat wisata baru, mulai dari yang klasik seperti Jalan Malioboro dan Keraton, sampai yang baru nge-hits seperti Kalibiru dan Trick Eye Museum De Mata.

“Jogja itu kota kecil dengan penduduk yang ramah. Harga traveling-nya juga cukup terjangkau walau sendirian. Panduan untuk turis juga udah jelas banget, jadi kamu bisa jalan-jalan independen pakai angkutan umum atau rental. Mau pakai paket wisata pun juga bisa kalau lagi males ribet,” ungkap Eka.

ADA PAKET WISATA KOMPLIT UNTUK LIBURAN DI JOGJA

2. Nusa Penida

solo backpacking
Via – My Permata Wisata

Sedikit melipir dari Bali yang sudah mainstream, kamu bisa juga solo backpacking ke Nusa Penida. Pulau yang satu ini belum dipadati turis, sehingga kamu akan nyaman banget untuk mengeksplor pantai-pantainya yang cantik dan masih sepi. Beberapa pantai yang paling terkenal adalah Pantai Kelingking, Pantai Atuh, dan Angel’s Billabong. Kalau kamu pecinta snorkeling dan surfing, bisa juga menyeberang ke Nusa Lembongan.

“Liburan di Nusa Penida itu pengalaman yang mengasyikkan banget, apalagi buat weekend gateway. Kamu bisa sewa motor dan keliling melihat kerennya pemandangan, atau bisa juga ikut paket tur. Karena tempatnya remote dan sepi, kamu bisa menikmati liburan dengan lebih santai. Apalagi penduduknya ramah dan selalu membantu para turis,” kata perempuan yang juga menulis parenting blog di Ekalagi.com ini.

BIKIN LIBURAN AKHIR TAHUN LEBIH SERU DI NUSA PENIDA

3. Danau Toba

solo backpacking
Via – Pesonaindo

Mau solo backpacking ke Sumatra? Ke Danau Toba aja! Menurut Eka, sekarang ada berbagai pilihan akses transportasi dari Medan ke Danau Toba. Kalau kamu berjiwa adventure, mungkin naik bis dan ketemu teman-teman baru selama perjalanan bakal lebih seru. Tapi, kalau waktu traveling-mu terbatas, ada juga pilihan naik pesawat langsung ke Bandara Silangit.

Ada banyak alasan untuk mengunjungi danau terbesar di Asia ini! Selain karena udaranya adem dan asri, di sekitar Danau Toba juga terdapat beberapa air terjun yang indah. Ada perasaan bahagia ketika menaiki kapal di atas Danau Toba. “Bayangin, langit biru cerah, anginnya sepoi-sepoi, dan pemandangan di sekitar serba hijau. Nggak kalah cantik dengan Selandia Baru, lho!” cerita Eka.

BELI TIKET PESAWATNYA DI BLIBLI TRAVEL #SAHABATPERJALANANMU

4. Karimun Jawa

solo backpacking
Via – KSMTour

Satu lagi tempat keren di Jawa Tengah yang cocok buat solo backpacking adalah Karimun Jawa. Hampir mirip dengan Nusa Penida, rute ke Karimun Jawa sangat mudah dijangkau. Kamu bisa naik pesawat ke Jepara, naik angkutan umum ke pelabuhan, lalu menyeberang ke Karimun Jawa. “Setelah sampai di sana, saya rekomendasikan sih untuk ikut open tour lokal. Selain lebih murah untuk sewa perahu, kamu pun bakal dapet perlengkapan snorkeling yang lengkap,” ungkap Kak Eka.

Siapkan baju renangmu ya, karena Karimun Jawa punya banyak pilihan pantai yang indah. Selain itu, kamu juga bisa melihat penangkaran hiu, foto-foto di bawah air, dan have fun tanpa perlu mikirin kerjaan!

YUK, PESAN PAKET WISATA DI KARIMUN JAWA

5. Lumajang

solo backpacking
Via – Dok. pribadi Eka Situmorang

Bosan berwisata di pantai dan perkotaan? Eka masih punya stok rekomendasi terakhir, yaitu ke Lumajang. Dibandingkan Malang atau Surabaya, Lumajang mungkin belum banyak didengar. Padahal, kota yang satu ini punya banyak kekayaan alam berupa air terjun yang keren banget!

“Buat kamu yang ingin solo backpacking ke Lumajang, kamu bisa sewa mobil aja biar gampang. Air terjun terbaiknya adalah Air Terjun Kapas Biru dan Air Terjun Tumpak Sewu yang sering disebut Niagara-nya Indonesia,” kata Eka. Melihat air terjun yang deras dan jernih, kamu pasti nggak sabar pengen segera nyemplung deh!

AYO BOOKING PAKET WISATA KE PULAU WEH SEKARANG


Nah, gimana guys? Oke banget kan 5 rekomendasi tempat wisata untuk solo backpacking tadi? Nggak cuma asyik dan aman dikunjungi traveler independen, lima tempat yang disebutkan Eka pun terjangkau banget buat backpacker, lho! Indonesia memang kaya banget ya, berbagai destinasi mulai dari pantai, pegunungan, sampai air terjun pun ada. Pokoknya, kamu nggak bakal kehabisan ide buat liburan terus, guys!

Terakhir, Eka juga pingin berbagi tips nih untuk kamu yang berencana untuk solo backpacking. Yang pertama, harus rajin riset sebelum berangkat, untuk memastikan bahwa destinasimu aman dan nyaman buat liburan sendiri. Yang kedua, karena pergi sendirian, kamu harus menanggung cost yang cukup tinggi, jadi harus siapkan budget yang sesuai. Yang paling penting, siapkan mentalmu! Asyiknya solo traveling adalah kamu bakalan bisa bertemu teman-teman baru dari berbagai latar belakang selama di perjalanan! Kalau perlu inspirasi, kamu bisa banget contek cerita-cerita traveling Eka di Ceritaeka.com ya!

Biar nggak ribet, kamu bisa ke #BlibliSekarang dan eksplor pilihan paket wisata ke destinasi yang kamu mau!

YUK, RENCANAKAN PERJALANANMU SEKARANG

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY