me

Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Mar 16, 2021.By Nadine
Bagikan

image source: www.tripsavvy.com

Terletak di sebelah timur Pulau Bali, Lombok merupakan salah satu pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan domestik sejak beberapa tahun terakhir. Ternyata, Pulau Lombok juga punya pesonanya sendiri nih, Blibli Friends! Ada banyak tempat wisata di Lombok yang membuat pulau ini nggak kalah cantik jika dibanding dengan Pulau Bali.

BACA JUGA : 4 Destinasi Wisata Seru dan Instagramable


Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Udah siap buat mencatat tempat wisata apa aja yang harus dikunjungi di Lombok? Yuk, langsung aja simak daftarnya di bawah ini!

1. Kepulauan Gili

Tentu saja, kunjunganmu ke Lombok mungkin belum dianggap sah kalau belum mengunjungi kepulauan gili. Ada tiga gili yang terkenal di mata wisatawan yaitu Trawangan, Meno, dan Air. Ketiganya memang sama-sama indah, tetapi punya keunikan masing-masing. Gili Trawangan merupakan pulau yang paling padat dan setiap malam dipenuhi orang-orang yang berpesta.

Sebaliknya, Gili Meno merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu sendiri atau menjauh dari keramaian. Sementara itu, Gili Air merupakan perpaduan antara Gili Trawangan dan Gili Meno. Belum terlalu ramai, tetapi nggak begitu sepi. Dari ketiga pulau ini, kamu tetap bisa belajar snorkelling dan menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya!

2. Pantai Kuta Lombok

Nah, kalau pantai yang satu ini mungkin udah nggak terdengar asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Pantai Kuta terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang lagi digarap dan dikembangkan secara besar-besaran selama beberapa tahun terakhir. Letaknya dekat dengan Sirkuit Mandalika sehingga bisa dipastikan ramai turis saat ada balapan!

Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan mirip sama merica. Nggak ketinggalan, tentu saja di pantai ini kamu juga bisa menikmati pemandangan hamparan laut biru yang cantik. Selain itu, di pantai ini kamu dapat menikmati aneka wahana permainan air yang seru seperti windsurfing, banana boat, dan paralayang.

3. Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese

Nggak jauh dari Pantai Kuta, ada Pantai Tanjung Aan yang wajib kamu kunjungi ketika lagi di Lombok nih, Blibli Friends! Di Pantai Tanjung Aan, kamu bisa berenang karena arusnya nggak begitu deras. Hamparan laut biru dengan pasir putih yang bersih membuat pantai ini sebagai salah satu yang terindah di Lombok. Kamu pun bisa menikmati aneka hidangan laut di sekitar pantai!

Buat kamu yang ingin menikmati panorama Pantai Tanjung Aan dari atas ketinggian, bisa naik ke Bukit Merese ya. Bukit Merese merupakan bukti yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan. Untuk mencapai ke Bukti Merese, kamu cuma perlu jalan kaki selama 5 menit aja dari Pantai Tanjung Aan ya, Blibli Friends!

4. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan destinasi wisata yang nggak boleh dilewatkan jika kamu berwisata ke Lombok. Di kawasan Senggigi, ada banyak resort mewah kelas atas yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menginap bersama pasangan, keluarga, dan teman-teman. Air laut Pantai Senggigi juga nggak kalah cantik karena biru dan jernih.

Di Pantai Senggigi, kamu bisa melakukan aneka aktivitas air, seperti snorkelling karena memiliki pemandangan bawah laut yang cantik. Selain itu, ombak di Pantai Senggigi juga sangat mendukung untuk selancar, bahkan untuk para pemula. Nggak ketinggalan, kamu juga bisa kok main air atau menikmati panorama alam yang indah di Pantai Senggigi.

5. Gunung Rinjani

Siapa nih, yang suka naik gunung? Lombok juga punya salah satu gunung yang wajib buat kamu daki yaitu Gunung Rinjani. Buat yang belum tahu, Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai 3.726 mdpl. Jalur yang paling diminati oleh para pendaki adalah Jalur Sembalun dan Jalur Senaru.

Saat melewati Jalur Sembalun, kamu akan melewati padang savana yang cantik. Sementara itu, jika lewat Jalur Senaru, kamu akan melewati hutan tropis yang cukup lebat. Keduanya sama-sama terjal dan memiliki tiga pos yang bisa buat beristirahat sebelum mencapai area perkemahan. Gimana nih, apa kamu tertarik buat naik Gunung Rinjani?

6. Danau Segara Anak

Jika kamu memutuskan untuk naik Gunung Rinjani, bisa banget nih sekalian mampir ke Danau Segara Anak. Letak danau ini ada di kawah Gunung Rinjani, tepatnya daerah Desa Sembalun Lawang. Danau Segara Anak terletak pada ketinggian 2.000 mdpl, sehingga kamu harus mendaki terlebih dahulu ya untuk mencapai ke danau ini, meskipun nggak sampai puncak.

Awalnya, Danau Segara Anak terbentuk sebagai akibat dari letusan Gunung Rinjani pada tahun 1257. Ada banyak ikan yang hidup di danau dengan kedalaman maksimal 190 meter ini. Beberapa contoh ikannya meliputi mujaer, nila, mas, karper, dan lain-lain. Kamu pun bisa memancing atau cuma sekadar menikmati keindahan panoramanya.

7. Desa Sade

Sasak adalah suku tradisional Pulau Lombok yang tentunya memiliki adat dan budaya sendiri. Desa Sade merupakan tempat tinggal suku Sasak yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Tentunya, di Desa Sade, kamu juga bisa melihat rumah tradisional suku Sasak yang sangat unik. Nggak sampai di situ aja, rumah di Desa Sade juga tahan gempa!

Atapnya terbuat dari alang-alang kering, dinding anyaman bambu, serta lantainya dari campuran tanah dan sekam padi. Selain itu, Desa Sade juga terkenal dengan kain tenunnya. Kamu bisa beli langsung kain tenun yang dijual oleh penduduk lokal. Semua tradisinya pun masih terjaga dan nggak terpengaruh oleh modernisasi.

8. Bukit Malimbu

Ingin melihat momen matahari terbenam dari atas ketinggian? Bukit Malimbu merupakan salah satu spot yang wajib kamu datangi di Lombok. Selain menikmati momen matahari terbenam, tentu saja dari Bukit Malimbu kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Agung di Bali dan ketiga gili yang terkenal di Lombok.

Kamu pun bisa berfoto-foto dengan latar belakang yang sangat cantik. Letaknya ada di tikungan jalan, tetapi kamu nggak perlu khawatir karena masih ada tempat yang cukup luas untuk parkir mobil dan motor. Untuk masuk ke Bukit Malimbu, kamu nggak perlu membayar biaya apapun. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi kapan saja selama 24 jam!

9. Pantai Pink

Nggak cuma Labuan Bajo, Lombok juga punya nih Pantai Pink yang sangat bagus. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink. Letak pantai ini ada di Desa Sekaroh, Lombok Timur. Lokasinya jauh dari keramaian, sehingga cukup sulit untuk dijangkau. Dari bandara, kamu perlu melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam.

Jadi, nggak heran ya kalau di sekitar pantai masih jarang ada yang jual makanan dan minuman. Oleh karena itu, kamu perlu bawa stock makanan dan minuman sendiri biar nggak kelaparan atau kehausan. Namun, sisi positifnya kamu bisa menikmati ketenangan tanpa diganggu di Pantai Pink yang masih asri ini!

10. Air Terjun Sendang Gile

Lombok juga punya nih, beberapa air terjun yang bisa dinikmati dengan pesona yang nggak kalah menakjubkan. Salah satunya adalah Air Terjun Sendang Gile. Letaknya ada di kawasan Lombok Utara, tepatnya kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani di jalur pendakian. Alirannya diyakini berasal dari Danau Segara Anak!

Air terjun ini ternyata menyimpan beberapa kisah yang menarik. Salah satunya adalah konon air terjun ini merupakan tempat pemandian bidadari! Ketinggian air terjun ini adalah 600 meter di atas permukaan laut. Kedalamannya adalah sekitar 31 meter dari dasar sungai. Kamu bisa menikmati keindahannya sambil bermain air di air terjun ini.

Jadi, itulah beberapa tempat wisata di Lombok yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Gimana nih, menurut Blibli Friends? Ada nggak satu atau dua tempat yang kamu masukkan di bucket list? Sayang nih, kalau nggak dikunjungi!

BACA JUGA : Destinasi Wisata Bali Terbaik


Buat kamu yang mau berkunjung ke Lombok, jangan lupa juga buat pesan hotel di Lombok ya! Lombok juga punya kok beberapa pilihan hotel yang bisa kamu pesan lewat Blibli. Di sana, ada berbagai macam promo menarik yang bisa bikin harga makin affordable. Selain itu, metode pembayaran yang bisa dipakai pun sangat bervariasi. 

Tag: