me

Jalan-Jalan di Jogja, Ini Dia Tempat Wisata di Jogja

Sep 18, 2020.By Nadine
Bagikan

image source: www.wallpapercave.com 

Dari dulu sampai sekarang, Jogja merupakan salah satu tempat yang nggak pernah sepi sama wisatawan, baik dari luar maupun dalam negeri. Salah satu alasannya karena akses ke Jogja cukup mudah dengan berbagai macam transportasi. Nggak ketinggalan, di Jogja juga ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

BACA JUGA : 4 Destinasi Wisata Seru dan Instagramable


Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

Kira-kira, kalau jalan-jalan di Jogja enaknya kemana aja ya? Berikut ini merupakan daftar beberapa tempat yang bisa dikunjungi bersama teman atau keluarga. Jangan sampai terlewat ya, Blibli Friends!

1. Taman Sari Water Castle

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi saat ke Jogja adalah Taman Sari Water Castle. Sebagian besar dari Blibli Friends mungkin udah pernah dengar nama tempat wisata ini atau bahkan mengunjunginya. Tempat ini merupakan situs bersejarah yang dulunya dipakai untuk mandi oleh putri keraton.

Bangunan Taman Sari memang identik dengan nuansa kuno dan historis. Di sini, selain melihat tempatnya tentu saja kamu bisa berfoto-foto cantik. Banyak kok orang yang melakukan foto prewedding di tempat ini! Meskipun udah lama banget dibangun, tempat ini masih berdiri sangat kokoh. Buat kamu yang ingin ke sini, nggak usah ragu ya, Blibli Friends!

2. Keraton Yogyakarta

Jogja merupakan salah satu daerah kesultanan yang ada di Indonesia, bahkan menjadi salah satu yang paling besar. Sampai sekarang, Keraton Yogyakarta tentu saja masih aktif dengan berbagai kegiatannya. Asiknya lagi, Keraton Yogyakarta juga dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata sejarah dan budaya nih, Blibli Friends!

Tentunya, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di Keraton Yogyakarta. Beberapa contohnya meliputi tour de museum, menyaksikan pertunjukan seni dan upacara adat, hingga berbincang dengan Abdi Dalem. Tiket masuk yang harus dibayar nggak begitu mahal kok, yaitu Rp8 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp15 ribu untuk turis mancanegara.

3. Pantai Indrayanti

Siapa bilang Jogja nggak punya pantai yang bagus untuk dinikmati? Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sebuah provinsi yang letaknya ada di selatan Pulau Jawa sehingga udah pasti punya pantai ya, Blibli Friends! Ada banyak banget pantai eksotis yang nggak kalah cantik di Jogja dan salah satunya adalah Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang masih sangat bersih, dengan pasir putih dan laut biru yang menyejukkan kedua matamu. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan lautan sambil bersantai. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri. Kamu perlu waktu sekitar 2 jam perjalanan darat ya!

4. Wisata Alam Kalibiru

Kawasan Kulonprogo adalah daerah yang menyimpan berbagai daerah wisata dan baru diekspos sejak beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah Wisata Alam Kalibiru. Sebenarnya, Kalibiru merupakan sebuah hutan yang diubah menjadi sebuah kawasan wisata alam. Hutan ini ada di atas ketinggian 450 mdpl.

Daya tarik wisata utama yang ada di Kalibiru adalah spot foto di atas pohon dengan latar belakang pemandangan alam yang cantik. Pemandangan alam tersebut berupa Pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo. Meski begitu, di tempat ini kamu tetap bisa melakukan aktivitas lain seperti trekking, flying fox, dan high rope. Gimana nih, tertarik nggak buat ke sini?

5. Hutan Pinus Mangunan

Ada lagi nih, salah satu tempat wisata yang booming sejak beberapa tahun terakhir yaitu Hutan Pinus Mangunan. Sesuai dengan namanya, tempat ini sebenarnya merupakan hutan pohon pinus yang diubah menjadi kawasan wisata. Letak kawasan wisata ini ada di daerah Bantul. Dulunya, tempat ini merupakan kawasan yang tandus sebelum dikenal orang.

Namun, sekarang ada banyak spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkaya feeds Instagram. Salah satu yang terkenal adalah di hammock berwarna-warni. Di sini, kamu bisa berfoto-foto candid bersama sahabat atau keluargamu. Hawa di tempat ini juga sejuk sehingga nggak usah khawatir mengunjungi saat siang hari ya!

6. Goa Jomblang

Ingin menantang diri sendiri dengan melakukan aktivitas ekstrem? Goa Jomblang adalah tempat yang tepat nih, Blibli Friends! Sesuai dengan namanya, Goa Jomblang merupakan wisata alam yang bentuknya adalah gua vertikal yang terbentuk karena terjadinya proses alam. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas Goa Jomblang memang meningkat drastis.

Medan goa ini memang sangat menantang, yakni berkisar antara kedalaman 15 sampai 80 meter! Beberapa aktivitas ekstrem dapat dilakukan di tempat ini seperti caving, rapelling, sampai single rope technique. Tempat ini udah terkenal sampai ke turis mancanegara, bahkan menjadi tempat syuting Amazing Race!

7. Teras Kaca Pantai Nguluran

Kamu mau menikmati indahnya panorama laut lepas di Jogja? Teras Pantai Nguluran bisa menjadi pilihan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Tempat ini terletak di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Spot yang paling terkenal di tempat ini adalah wahana berbentuk teras di atas tebing dengan lantai kaca. Wah, sensasinya bakal beda ya!

Dari wahana ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam lautan yang indah. Nggak ketinggalan, di tempat ini kamu juga bisa main ayunan yang ekstrem. Selain itu, kamu juga bisa berfoto-foto cantik di tempat ini, bersama sahabat atau keluarga. Letaknya cukup jauh dari Kota Jogja karena perlu menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam.

8. Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api yang paling aktif di Pulau Jawa. Meski begitu, ada banyak destinasi wisata yang ditawarkan di tempat ini, terutama di bagian lerengnya. Buat kamu yang mau eksplor, ada Merapi Lava Tour yang bisa dipesan. Dengan begini, kamu bisa eksplor area Merapi dengan jeep.

Nggak cuma itu aja, di lereng Gunung Merapi juga banyak tempat wisata yang bisa kamu eksplor. Beberapa di antaranya meliputi The World of Landmarks, Stonehenge, Bukit Kaliadem, Bukit Kali Kuning, dan masih banyak lagi. Sejak letusan dasyat tahun 2010, beberapa spot di Merapi telah diubah menjadi obyek wisata yang terkenal nih, Blibli Friends!

9. Ekowisata Sungai Mudal

Ada lagi nih, salah satu obyek wisata di kawasan Kulon Progo yang worth it buat kamu kunjungi yaitu Ekowisata Sungai Mudal. Tempat wisata ini berupa air terjun indah dan kolam alami yang warnanya biru. Tentu saja, di tempat ini kamu bisa bermain air sambil foto-foto cantik, baik sendiri, bersama keluarga, pasangan, maupun teman-teman.

Dijamin, jika berfoto-foto di tempat ini, feeds Instagram kamu akan makin cantik. Selain foto-foto di obyek wisata alam, kamu juga bisa main flying fox atau camping di daerah Sungai Mudal. Letaknya cukup jauh dari kota dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam lewat jalur darat.

10. Pasar Beringharjo

Nama pasar yang satu ini mungkin udah nggak terdengar begitu asing lagi oleh beberapa wisatawan. Pasar Beringharjo merupakan sebuah pasar yang terkenal, bahkan udah berdiri cukup lama sehingga menyimpan nilai historis sendiri. Pasar yang satu ini memang udah dijadikan tempat jual beli sejak tahun 1758 sampai saat ini!

Sekarang, barang yang diperjualbelikan makin banyak di sini. Di pasar inilah, kamu bisa menemukan aneka oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jogja. Ada baju batik, jajanan pasar, aneka jamu, dan masih banyak lagi. Kamu nggak akan tahu semuanya kalau nggak ke sana langsung. Nggak ketinggalan, harganya pun rata-rata terjangkau nih, Blibli Friends!

Jadi, itulah beberapa pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Nah, di antara beberapa pilihan tempat di atas, ada nggak yang jadi wish list kamu? Boleh dicatat dulu ya, siapa tahu bisa jadi referensi liburan kamu yang selanjutnya!

BACA JUGA : Destinasi Wisata Bali Terbaik


Buat kamu yang ingin liburan ke Jogja, yuk langsung cari hotelnya. Ada beberapa pilihan hotel Jogja yang bisa kamu pesan lewat Blibli. Kamu bisa atur sesuai dengan keinginan masing-masing dari tanggal, pilihan hotel, bahkan sampai tipe kamarnya. Nggak sampai di situ aja, metode pembayaran yang bisa dipakai pun bervariasi!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel