Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi!

sumber: dikpora.jogjaprov.go.id

Yogyakarta atau yang sering disebut dengan Jogja juga adalah salah satu daerah yang terkenal dengan beragam tempat wisatanya. Tidak hanya turis dalam negeri, turis asing pun banyak yang bepergian ke Jogja. Hal itu sebenarnya tidak mengherankan karena bagian yang paling dibanggakan di Jogja adalah wisata budayanya. Nah, sebagai tempat yang memiliki banyak tujuan wisata, ada beberapa tempat yang wajib untuk dikunjungi ketika di Jogja. Beberapa tempat yang wajib Blibli Friends kunjungi adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel di Jogja yang Bikin Betah

  1. Jl. Malioboro

    sumber: climchalp.org

Tempat pertama adalah salah satu tempat paling ikonik dan paling terkenal yang ada di Jogja. Tempat tersebut adalah Jalan Malioboro. Bisa dikatakan kalau jalan ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, kalau kamu butuh untuk berfoto di penanda jalan paling ikoniknya, butuh untuk mengantri, lho. Penanda dari Jalan Malioboro bisa dikatakan ikonik karena dituliskan dengan bahasa Sansekerta. Tidak hanya pemandangan unik di sana, kamu pun bisa puas berbelanja di Jalan Malioboro. Jalan paling ikonik ini adalah pusat pedagang kaki lima yang menjual beragam pakaian, gantungan kunci, kerajinan tangan, hingga beragam aksesori. Kamu pun bisa berwisata kuliner di jalan Malioboro ini, lho! Jalan-jalan sambil belanja super murah? Kapan lagi kalau nggak di sini!

BELI PAKET WISATA JOGJA DI SINI

  1. Pantai Parangtritis

    sumber: travelspromo.com

Tempat kedua yang juga tidak kalah ikoniknya adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini adalah tempat yang benar-benar wajib dikunjungi ketika ke Jogja. Akan lebih afdol bahkan kalau kamu pergi ke sana untuk melihat sunrise. Pantai ini terletak sekitar 25 km di bagian selatan dari pusat kota Jogja. Yang unik dari pantai ini adalah letaknya yang di tepi Samudera Hindia yang tentunya memiliki arus besar dan kuat. Meskipun demikian, di bagian tepi pantainya pun sudah sangat indah karena ada bukit pasir yang sering disebut dengan gumuk. Kalau kamu ingin pengalaman yang berbeda, cobalah bermain paralayang di Bukit Parangndog-nya, ya.

Amazing Tour Travel Yogyakarta Sunset Parangtritis
Amazing Tour Travel Yogyakarta Sunset Parangtritis

  1. Candi Prambanan

    sumber: pixabay.com

sudah bukan rahasia kalau banyak benda bersejarah yang masih dipertahankan di Jogja. Bahkan, candi yang sempat menjadi tujuh keajaiban dunia, yakni Candi Borobudur juga ada di Jogja. Sebelum ke Candi Borobudur, kamu wajib mengunjungi Candi Prambanan. Candi ini adalah candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini terkenal berkat legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Tidak hanya pemandangan candi yang bisa kamu nikmati, Candi Prambanan juga menyuguhkan pertunjukan wayang orang. Tidak seperti pertunjukan biasanya, pertunjukan wayang orang di Candi Prambanan ini sudah digarap dengan sangat apik. Banyak turis yang terkesan dengan pertunjukan wayang orang ini, lho! Yuk lestarikan budaya Indonesia, kalau nggak kita siapa lagi sih?

Candi Prambanan Yogyakarta E Ticket
Candi Prambanan Yogyakarta E Ticket

  1. Candi Borobudur

    sumber: pixabay.com

Ketika harus menyebutkan tempat ikonik di Jogja, tempat pertama yang tentunya masuk dalam daftar teratas adalah Candi Borobudur. Bagaimana tidak, candi ini pernah tercatat ke dalam tujuh keajaiban dunia. Banyak orang yang mungkin mengunjungi candi ini ketika siang hari. Akan tetapi, pemandangan yang sangat menakjubkan kalau kamu melihat matahari terbit dari candi ini. Selain itu, pemandangan candi Borobudur pun tidak kalah unik karena candi ini adalah candi dengan relief dan patung Budha terbanyak di dunia, lho! Jadi, selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menikmati kebudayaan khas yang dirawat dengan sangat baik di Candi Borobudur ini.

Candi Borobudur Yogyakarta E Ticket
Candi Borobudur Yogyakarta E Ticket

  1. Taman Sari Jogja

    sumber: hargatiket.net

Masih berkaitan dengan wisata budaya, ada lagi tempat yang rasanya tidak boleh dilewatkan, yakni Taman Sari Jogja. Tempat yang satu ini dulunya adalah tempat meditasi serta rekreasi dari keluarga kerajaan. Dulunya, Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan ketika musuh menyerang. Jadi, selain kolam untuk mandi, kamu juga akan bisa menemukan lorong-lorong bawah tanah di wisata yang satu ini. Taman Sari ini juga unik karena ketika di sana kamu akan menemukan semerbak bau harum meskipun tak banyak bunga di sana. Untuk masuk ke dalam pun kamu hanya perlu menggelontorkan uang 5 ribu rupiah, lho! Sangat murah, kan?

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Terbaik di Jogja

  1. Sindu Kusuma Edupark

    sumber: gudeg.net

Beralih dari tempat wisata yang bertemakan sejarah dan budaya, kamu bisa coba untuk pergi ke Sindu Kusuma Edupark. Nama tempat ini memang cukup asing. Padahal, taman bermain ini nyatanya sudah berdiri semenjak tahun 2014 lalu. Sama halnya dengan namanya, taman bermain ini mengusung konsep edutainment. Berbeda dengan taman bermain pada umumnya, nama semua wahana yang ada di Sindu Kusuma menggunakan bahasa Jawa, lho! Di dalamnya ada sekitar 15 wahana utama. Tiket masuk per orangnya ada sekitar 15 ribu per orang. Hanya saja, setiap kali kamu naik wahana, perlu membayar lagi mulai dari 10 ribuan.

Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta E Ticket
Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta E Ticket

Nah, ternyata wisata di Jogja memang banyak yang termasuk wisata ikonik, ya. Tidak hanya wisata budaya dan sejarah, di Jogja juga ada wisata kuliner, belanja, hingga wisata keluarga. Jadi, kapan mau ke Jogja, nih?

BELI TIKET MASUK WAHANA TUJUAN KAMU DI JOGJA DI SINI

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY