10 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Surabaya

tempat ngabuburit di surabaya
sumber: urbanasia.com

Tempat Ngabuburit di Surabaya – Menunggu berbuka puasa memang seru, ya. Tapi kadang bosan juga dan bikin ngantuk. Soalnya Blibli Friends sudah menahan lapar dan dahaga seharian. Nah, buat kamu yang berpuasa di Surabaya, ada tempat-tempat seru buat dikunjungi. Berbagai tempat ngabuburit di Surabaya ini, punya keasyikan tersendiri bagi kamu. 

Mulai dari tujuan wisata religi seperti masjid, sampai tempat kuliner hingga pusat perbelanjaan. Semuanya seru! Kamu nggak akan kebosanan lagi jika menunggu buka puasa, sambil mampir ke tempat-tempat tersebut. Baik kamu sekadar berlibur, atau memang bertempat tinggal dekat Surabaya, sambangi saja tempat-tempat serunya. Biar lebih kenal Surabaya, yuk, kita lihat sekilas tentang kota ini. 


Baca juga: 3 Pilihan Baju Koko Biar Kamu Semangat Ikutan Pengajian di Bulan Ramadhan

Tentang Kota Surabaya

Kota Surabaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Surabaya adalah kota metropolitan yang juga merupakan kota terbesar di provinsi ini. Kalau di Indonesia, nih, Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Lokasi Surabaya berada di pantai utara Pulau Jawa wilayah timur. Kota ini berhadapan dengan Selat Madura dan Laut Jawa.

Surabaya dikenal memiliki bandara internasional, yakni Bandar Udara Internasional Juanda. Selain itu, Surabaya juga punya dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung. Oh iya, Surabaya mendapat sebutan Kota Pahlawan. Hal tersebut karena sejarah kotanya. Di mana, arek-arek Suroboyo atau pemuda-pemuda Surabaya berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Tempat Ngabuburit Seru di Surabaya

Merupakan kota metropolitan, Surabaya memiliki tempat-tempat seru untuk ngabuburit, antara lain:

  • Food Junction

tempat ngabuburit di surabaya
Image Source: jadwaltravel.com

Kalau cari tempat buat ngabuburit hemat, langsung saja ke Food Junction yang ada di kawasan Grand Pakuwon. Biaya masuknya gratis, nih. Selain itu, ada fasilitas lengkap, lho, di sini. Ada mushola, wahana bermain, kolam buatan yang asyik, tempat makan dan lainnya. Nah, tempat ini juga fotogenik. Jadi, siapkan kameramu. Sayang banget kan, kalau nggak berfoto-foto di Food Junction.

  • House of Sampoerna

Image Source: koko-nata.net

Tentu saja sebagai Kota Pahlawan, ada banyak museum keren di Surabaya. Termasuk House of Sampoerna. Dulunya, tempat ini digunakan sebagai panti asuhan oleh Belanda. Sekarang, House of Sampoerna merupakan museum rokok. Kamu bisa reservasi dulu, ya, kalau mau berkunjung, karena tempat duduknya terbatas. Di sini, kamu bisa ikut tur keliling sambil ngabuburit. Seru, kan!

  • Masjid Sunan Ampel

Image Source:

Ada juga tempat religi yang bisa kamu jadikan tempat ngabuburit, seperti Masjid Sunan Ampel. Masjid ini menghadirkan suasana tentram yang damai. Ini masjid yang bersejarah karena sudah ada sejak tahun 1421. Pendirinya adalah Sunan Ampel, salah satu wali dalam Walisongo. Kamu bisa ngabuburit sambil berdzikir, atau belajar tentang sejarah masjid. Juga bisa berziarah ke makam Sunan Ampel yang ada di sekitar masjid.

  • Trans Studio Mini

Image Source: tripadvisor

Di Rungkut, Surabaya Barat, kamu bisa juga mengunjungi Transmart buat menikmati ngabuburit seru. Di Trans Studio Mini, ada wahana bermain indoor sehingga kamu bisa bebas beraktivitas, tanpa khawatir terkena terik matahari. Beragam pilihan wahana bisa kamu coba di sini. Kamu nggak akan bosan meski di sini seharian. Kalau mau buka puasa, pesan tempat dulu aja, karena biasanya ramai banget dan penuh sesak.

  • Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar adalah masjid terbesar kedua di Indonesia. Bangunan masjidnya unik dan mewah. Makanya hal tersebut menjadi daya tarik wisatawan, baik masyarakat muslim maupun non-muslim. Kamu bakal senang, deh, ngabuburit di tempat sekitar masjid Al-Akbar. Sebab, di bagian luar masjid, ada pedagang kaki lima berjajar banyak. Lalu, setelah buka puasa, kamu bisa sekalian salat tarawih di masjid yang indah ini.

  • Surabaya Carnival Park

Image Source: travelpromo.com

Kembali ke tempat wahana permainan seru untuk ngabuburit. Suroboyo Carnival Park pas banget dijadikan tempat kamu ngabuburit bersama orang-orang terdekat. Apalagi, kalau kamu lagi liburan ke Surabaya, mampir saja ke sini. Ada puluhan wahana permainan, food court dan juga pasar malam di sini. Mulai dari ngabuburit sampai buka puasa, kamu bisa habiskan waktu di theme park ini, tak perlu ke mana-mana lagi. 

  • Monumen Kapal Selam

tempat ngabuburit surabaya
Image Source: bobo.grid.id

Monumen Kapal Selam juga biasa disebut dengan Monkasel. Tempatnya bersebelahan dengan Plaza Surabaya, yaitu di Jalan Embong Kaliasin, Genteng. Ini tempat alternatif yang asyik juga untuk ngabuburit. Kamu bisa menikmati sensasi masuk ke kapal selam, yang pernah terlibat dalam Pertempuran Laut Aru, untuk membebaskan Irian Barat, saat zaman penjajahan Belanda. Historikal.

  • Jembatan Suramadu

tempat ngabuurit di surabaya
Image Source: nasional.republika.co.id

Memang ini bukan tempat wisata, tapi Jembatan Suramadu sudah menjadi ikonnya Surabaya. Selayaknya Jembatan Ampera yang jadi kebanggaan arek-arek Suroboyo. Masyarakat banyak yang ngabuburit di Jembatan Suramadu, sambil memancing atau sekadar menikmati ombak yang berdebur di pantai. Kalau kamu juga ingin merasakan keseruannya, langsung saja ke Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya. 

  • G-Walk Citra Land

Image Source: jejakpiknik.com

G-Walk Citra Land merupakan kawasan kuliner yang berada di Surabaya Barat. Jadi, kamu para pencinta kuliner bakal seneng banget, deh, jalan-jalan di sini. Di sepanjang jalan, kamu bisa lihat-lihat tempat kuliner sambil memilih yang mau dicicipi. Tenang saja, karena harga makanan di sini cukup terjangkau. Sementara, untuk parkir juga nyaman. Sudah tersedia tempat parkir yang areanya luas di sini.

  • Surabaya North Quay

Image Source: idntravel

Pastinya nggak setiap hari kamu bisa melihat kapal pesiar berlalu lalang. Nah, di Surabaya ada dermaga dengan pemandangan keren tersebut. Namanya Surabaya North Quay. Di sini, kamu serasa berada di sebuah Circular Quay Sydney. Sebab, ini bukan dermaga seperti jalur penyeberangan biasanya. Fasilitasnya juga lengkap. Pas banget ngumpul dengan keluarga di sini. Ada tempat makan, live music di akhir pekan sampai galeri foto.

Menu Takjil Rekomendasi Khas Surabaya

Seru banget, ya, semua tempat ngabuburit tadi. Nah, Surabaya juga punya aneka macam menu takjil yang nikmat. Menu lezat ini bisa kamu nikmati sembari berbuka puasa. Berikut menu takjil khas Surabaya: 

  • Lepet

Image Source: inews

Lepet adalah makanan ringan yang pas untuk dijadikan sajian buka puasa. Bahan sajian ini adalah beras ketan dicampur kacang, lalu dimasak di dalam santan, dan dibungkus dengan daun janur. Biasanya, pedagang takjil menjajakan makanan ini di Surabaya ketika Ramadan. Kamu pun bisa menemukannya di hampir seluruh pasar tradisional. Seringnya, pedagang jajan pasar keliling menjualnya di perkampungan padat penduduk.

  • Bongko kopyor

Image Source: cookpad.com

Bongko kopyor merupakan takjil khas Gresik, Jawa Timur. Sajian ini mudah ditemukan di berbagai lokasi. Meskipun asalnya dari Gresik, tapi jajanan ini mudah kamu temukan di Surabaya, bahkan saat bukan di bulan Ramadan. Bahannya tepung beras dengan isian pisang, sekilas mirip seperti bubur sumsum. Isiannya bervariasi, biasanya menggunakan santan, kelapa muda, bubur mutiara dan roti.

  • Srawut

 

Image Source: cookpad.com

Jajanan srawut sebenarnya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY alias Jogja. Di bulan Ramadan, seringkali jajanan ini dijual di Surabaya. Bahkan, pedagang takjil pasti menjualnya di pasar tradisional. Bahannya dari singkong parut, lalu dikukus dengan taburan gula merah. Kemudian, di atasnya ditaburi parutan kelapa. Srawut pas banget dinikmati bersama segelas teh tawar hangat saat berbuka puasa.

  • Klanting

Image Source: cookpad.com

Banyak istilah untuk menyebut jajanan ini. Klanting atau cenil atau cetot adalah makanan ringan tradisional, khas dari Jawa Timur. Warnanya macam-macam, tergantung selera penjualnya. Biasanya, sih, warna klanting merah, hijau dan kuning. Bahan jajanan ini adalah tepung jagung. Rasanya memang hambar, tapi karena disajikan dengan topping gula merah bersama parutan kelapa, jadi nikmat. Klanting biasa dinikmati bersama es kopyor untuk berbuka. 

  • Pukis arab

Image Source: cookpad.com

Biasanya, menu asal Timur Tengah ini dijual hanya pada saat Ramadan. Selain itu, takjil ini tersedia nggak di semua lokasi yang ada di Surabaya. Kamu bisa menemukannya di kawasan perkampungan Arab. Lokasinya yaitu di kawasan Sunan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya. Bahan kue ini adalah adonan tepung terigu, ragi, telur, santan dan gula pasir. Kemudian, dituang ke dalam cetakan setengah bulan. Lalu, dipanggang sampai matang. Bedanya, pukis ini lebih lembut. Juga lebih besar.

  • Jongkong

Image Source: cookpad.com

Jongkong adalah sajian takjil yang berbeda dari yang lain. Ini karena tampilannya unik sehingga terlihat menarik. Warna kue jongkong itu hitam. Sementara, bahan dasarnya adalah tepung beras. Sedangkan, warna hitamnya berasal dari abu merang. Kalau citarasanya kenyal, dan mirip seperti kue lapis. Cukup menarik, ya, kue yang satu ini. Kamu bisa mencicipinya saat mampir ke Surabaya.

  • Klepon

tempat ngabuburit di surabaya
Photo via pinterest.com

Klepon adalah makanan ringan tradisional yang terkenal, nggak hanya di Surabaya saja. Sebab, klepon merupakan makanan khas Jawa Timur juga. Sajian ini berbentuk seperti bola, kemudian dibalut dengan parutan kelapa. Keunikannya yaitu klepon memiliki isian gula merah di dalamnya. Sedangkan, tekstur kue luarnya kenyal. Saat digigit, gula merahnya lumer di dalam mulut. 

  • Lupis

tempat ngabuburit di surabaya
Image Source: cookpad.com

Lupis adalah jajanan yang bentuknya seperti lontong. Kemudian, penyajiannya dengan dipotong bulat-bulat. Sedangkan, bahan dasar lupis adalah beras ketan. Lalu, lupis ini dibungkus dengan daun pisang. Baru, saat disajikan, lupis dipotong-potong. Cara menyajikannya menyerupai penyajian lontong. Masyarakat Surabaya dan Jawa Timur menyukai jajanan ini untuk sehari-hari juga.

  • Kolak

tempat ngabuburin di surabayaTentu saja kolak menjadi takjil yang wajib ada saat puasa. Termasuk di Surabaya, kolak merupakan takjil favorit yang nggak boleh terlewatkan. Kolak pisang paling populer, dengan isian pisang, singkong dan labu, kemudian diberi kuah santan, gula merah dan pandan sebagai bahan dasar utamanya. Pedagang takjil di mana saja pasti menjajakan kolak pisang. Nikmat.


Baca juga: Nggak Usah Nunggu Lebaran, Yuk Siapkan Resep Opor Ayam untuk Ramadhan Nanti!

Barusan kita sudah menyimak berbagai tempat ngabuburit di Surabaya. Seru, ya. Banyak spot asyik di Kota Pahlawan, yang sekaligus merupakan kota metropolitan ini. Terutama tempat-tempat dengan wahana permainan dan sajian kuliner. Selain itu, takjil khas Surabaya juga menggugah selera. Oh, ya, ada lagi satu tempat, di mana kamu bisa hangout, sambil menikmati buka puasa sekalian, yaitu di Surabaya Square. Bahkan, kamu bisa pesan aneka makanan dan minumannya secara online di Blibli, lho. Banyak diskon dan promonya loh karena sekarang lagi ada Promo Hikmah Ramadhan!

Dapatkan Kemudahan Berbelanja di Surabaya Square Hanya di Sini!

Hikmah Ramadhan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY