10 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Jogja

tempat nagbuburit di Jogja
sumber: climchalp.org

Ngabuburit menjadi salah satu momen paling asyik di bulan puasa Ramadan. Begitu juga nuansa Ramadan di kota Jogja. Bahkan, ada tempat ngabuburit di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Sementara, Jogja merupakan salah satu kota yang begitu kaya adat budaya. Jogja kental dengan nuansa Jawa yang benar-benar terasa. Makanya, Blibli Friends pasti bisa ngerasain kekhasan kotanya.

Selain tempat ngabuburit asyik, kamu juga bisa melihat berbagai macam menu takjil khas Jogja. Nah, biar lebih kenal Jogja, yuk, kita baca dahulu sekilas tentang kota ini. Baru setelah itu, kita kulik tempat-tempat ngabuburit seru dan takjil paling favorit di Jogja.


Baca juga: Rekomendasi Hijab Baru untuk Acara Bukber di Bulan Ramadhan

Tentang Kota Jogja

hotel di jogja
sumber: pixabay.com

Jogja atau yang biasa disebut dengan Yogyakarta merupakan ibu kota sekaligus pusat pemerintahan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Indonesia. Nah, Jogja merupakan kota tempat kediaman Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Paku Alam. Di Indonesia, Jogja menjadi salah satu kota paling besar. Sementara, di Pulau Jawa, Jogja merupakan kota terbesar keempat. Di antara tahun 1946-1950, Jogja pernah jadi ibu kota RI. 

Tentang asal usul nama kotanya, Yogyakarta berasal dari dua kata, yakni “ayogya” atau “ayodhya” yang berarti “kedamaian”, dan “karta” yang berarti “baik”. Ayodhya adalah sebuah kota bersejarah di India, tempat terjadinya cerita Ramayana. Unik juga, ya. Selain itu, Jogja juga menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Jawa Tengah. Sekarang, yuk, simak tempat-tempat asyik untuk ngabuburit di Jogja. 

Daftar Tempat Ngabuburit di Jogja

Biar nggak bosen nungguin jam buka puasa, banyak tempat asyik untuk dikunjungi di Jogja. Tempat ngabuburit tersebut di antaranya yaitu:

  1. Jalan Malioboro

kopi enak di jogja
image source: tourjogja

Kamu pasti sudah nggak asing dengan nama jalan satu ini. Apalagi, buat kamu yang sering dateng ke kota Jogja. Terutama lagi, kalau kamu tinggal di kawasan sekitar Jogja. Di dekat Malioboro, ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Dari dulu, nih, kawasan Jalan Malioboro terkenal sebagai tempat ngabuburit di Jogja. Suasana di sini eksotis, terasa Jawa banget. Kamu bakal betah jalan kaki sambil menunggu waktu buka puasa. Sambil belanja juga seru.

2. Tugu Pal Putih

tempat ngabuburit di jogja
sumber: dikpora.jogjaprov.go.id

Di bulan Ramadan, tempat ini biasa jadi tempat ngabuburit yang ramai didatangi. Tugu Pal Putih merupakan salah satu ikonnya kota Jogja. Tugu ini keberadaannya berkaitan dengan Kraton Jogja. Sebab, Kraton Jogja yang membangun tugu ini. Nah, di sekitar Tugu Pal Putih, juga disediakan aneka macam jajanan untuk menu buka puasa. Kamu bisa bersepeda dari Tugu Jogja sampai Malioboro, untuk menikmati keindahan kota.

3. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Image Source: antarejatour.com

Kamu yang suka fotografi pasti menyukai Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Spot ini instagrammable memang. Kamu bisa mengambil latar belakang foto Kantor Pos Indonesia, Kantor Bank Indonesia Yogyakarta, Benteng Vrederburg, dan juga Monumen Serangan Umum. Di sepanjang jalannya, juga ada pedagang yang biasa berjualan jajanan buat berbuka puasa. Lengkap banget, kan.

4. Kawasan Lembah UGM

Orang-orang yang ngabuburit juga suka banget mengunjungi kawasan lembah UGM. Lokasinya strategis serta mudah dijangkau. Terus, menunya lengkap, ada makanan dan aneka camilan untuk berbuka puasa. Apalagi, harganya relatif murah. Lokasinya bersih, juga dekat masjid agung UGM. Pas banget habis buka di sini, kamu bisa langsung beribadah untuk salat maghrib di masjid.

5. Alun-Alun Selatan (Alkid)

Image Source: tripjogja.co.id

Di Jogja, Alun-Alun Selatan adalah salah satu tempat favorit untuk ngabuburit. Banyak anak muda yang nongkrong di sini, sembari menunggu waktu buka puasa. Kamu bisa menikmati waktu, dengan menyewa sepeda, atau naik odong-odong. Nggak ketinggalan, ada aneka minuman khas Jogja serta makanan, di sepanjang jalan di sekeliling alun-alun. Tempat ini juga dekat dari Masjid Gedhe Kauman.

6. Masjid Gedhe Kauman

Image Source: wikipedia

Masjid ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Singkat cerita, Sultan memberikan Masjid Gedhe Kauman sebagai hadiah khusus untuk kaum dhuafa. Tiap Ramadan, ada tradisi membuat takjil khas yaitu gulai kambing di masjid ini. Tradisi tersebut sudah berusia ratusan tahun. Biasanya, tiap hari Kamis di bulan puasa, pengunjung masjid akan dibagikan takjil tersebut. Menarik, ya.

7. Pasar Seni Gabusan

Image Source: Yogyes.

Tempat ngabuburit ini juga asyik, lho. Lokasinya berada di Jalan Parangtritis. Di sini, dijual aneka macam jajanan dengan harga terjangkau banget. Cocok sekali buat menu buka puasa kamu. Nah, selain jajanan nikmat, ada juga wahana permainan anak di sini. Kalau kamu ingin menikmati ngabuburit di daerah Jogja selatan, mampir saja ke Pasar Seni Gabusan.

8. Candi Ratu Boko

tempat ngabuburit di jogjaCandi Ratu Boko berada 3 km di selatan kompleks Candi Prambanan. Tentu saja tempat ini cocok buat kamu penggemar sejarah. Kamu bisa ngabuburit sambil menikmati sunset atau matahari terbenam. Pemandangannya indah di sini. Apalagi, tempatnya berada di ketinggian, dan alamnya hijau terbuka. Oh iya, Candi Ratu Boko juga menjadi lokasi syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2).

9. Jalur Gaza

Image Source: tribunnews.com

Kamu nggak harus jauh-jauh ke Palestina kalau mau mengunjungi Jalur Gaza. Di Jogja, juga ada tempat dengan nama sama. Akan tetapi, bukan seperti jalur di Timur Tengah. Jalur Gaza merupakan singkatan dari Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Azhar Zerba Ada. Letaknya berada di Sorogenen, Jogja. Ada suguhan jajanan, makanan, minuman, camilan lengkap untuk berbuka. Seru, kan.

10. Pasar Sore Ramadan Sleman

Image Source: bookprimera

Satu lagi, ada pasar di daerah Jalan Magelang. Pasar sore  ini berada di timur Masjid Besar Sleman. Selain ramai saat pagi, pasar ini juga padat pengunjung di sore hari, apalagi ketika Ramadan. Ada berbagai camilan sampai makanan berat di sini, buat buka puasa. Kalau kamu ngekos di sekitar pasar ini, langsung aja mampir ke lokasi, buat berburu jajanan dan takjil. Mantap, deh.

Seru-seru, ya, tempat ngabuburit tadi. Pasti, deh, kamu nggak akan merasa bosan menjelang berbuka. Sekarang, yuk, lihat menu takjil dan sajian berbuka khas Jogja.

Menu Takjil Rekomendasi Khas Jogja

Berikut menu takjil favorit di Jogja:

  • Kicak

Image Source: cookpad.com

Kicak adalah kue khas Ramadan populer dari Kauman, Jogja. Biasanya, kamu hanya bisa menemukan kue kicak ini saat bulan Ramadan saja. Nah, kue ini terbuat dari ketan dan kelapa muda, kemudian diberi irisan nangka serta gula putih. Biasanya, kicak dijual di bazar makanan khas Jogja, yang berada di kampung Kauman. Bisa kulineran sambil jalan-jalan, nih. 

  • Kolak

resep puding kolakDi Jogja, kolak merupakan takjil yang terkenal banget. Orang-orang berbuka puasa dengan kolak. Biasanya, kolak berisi pisang kepok, ubi, singkong, lalu dipadukan kuah santan dan gula merah, serta dilengkapi rempah-rempah seperti daun pandan, kayu manis dan cengkeh. Ini adalah kolak pisang klasik yang sangat disukai masyarakat Jogja saat buka puasa.

  • Jenang Mutiara

Image Source: cookpad.com

Jenang mutiara terbuat dari sagu yang bentuknya bulat. Sementara, jenang merupakan sajian khas dalam masyarakat Jawa. Biasanya, jenang dikaitkan dengan simbol rasa syukur terhadap Tuhan. Umumnya, jenang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras, kemudian dimasak dengan santan, dan ditambahkan gula merah. Lalu, mutiara direbus hingga berbentuk bulat cerah, disajikan dengan kuah santan.

  • Kipo

tempat ngabuburit di jogja
Image Source: cookpad.com

Kipo adalah sajian dengan bahan tepung ketan, lalu diisi dengan parutan kelapa serta gula jawa. Jajanan kipo ini memiliki rasa yang manis, dengan diberi pewarna hijau yang alami. Biasanya, kipo bisa kamu temukan di daerah Kotagede. Sekalian ngabuburit, ya. 

  • Thiwul 

tempat nongkrong di jogja
Image Source: cookpad.com

Thiwul merupakan jajanan khas yang populer di Jawa. Masyarakat Jawa menyukai sajian ini. Citarasa thiwul manis karena bahan bakunya yang terbuat dari tepung singkong, kemudian, dicampur dengan gula jawa. Biasanya, thiwul Jogja dinikmati dengan parutan kelapa dengan rasa manis juga. Camilan ini cocok untuk jadi menu saat berbuka puasa. 

  • Gatot

Image Source: cookpad.com

Gatot biasanya disajikan bersamaan dengan thiwul. Penjual yang menjual thiwul juga pasti menjual gatot. Bahan gatot adalah singkong yang terlebih dahulu difermentasi. Gatot memiliki tekstur kenyal dan warnanya cokelat kehitaman. Lalu, rasanya manis, dan juga cocok kalau disajikan dengan parutan kelapa, sama seperti thiwul. Gatot juga pas untuk sajian buka puasa apalagi saat Ramadan.

  • Geplak

Image Source: cookpad.com

Umumnya, geplak berbentuk bulat atau kotak-kotak, juga warna-warni. Geplak dibuat dari bahan parutan kelapa, gula jawa atau gula pasir, dan tepung beras yang sudah disangrai. Nah, geplak memiliki rasa yang manis dengan tekstur mudah hancur saat digigit. Selain untuk sajian buka puasa, geplak juga cocok kamu jadikan oleh-oleh sepulang dari Jogja. Apalagi, geplak juga awet untuk disimpan.

  • Jadah Manten 

Image Source: ringkaskata.com

Nah, ini jajanan yang juga pas untuk takjil. Cara bikinnya, beras ketan dan santan dikukus sampai matang. Lalu, adonannya diberi isian daging ayam atau daging sapi cacah yang sudah dibumbu. Lalu, dibungkus dengan kulit dadar. Kemudian, adonan tersebut dilipat dan dijepit tangkai bambu. Di ujungnya, diberi potongan buncis dan kacang panjang untuk pengunci. Terakhir, jadah dibakar sehingga rasanya gurih. 

  • Jadah Tempe

Image Source: Facebook/Jadah Tempe Mbah Carik

Kalau jadah tempe, sedikit beda dari jadah manten. Jadah tempe adalah kombinasi jadah yang warnanya putih dan tempe bacem dengan warna cokelat. Nah, biasanya jadah tempe disajikan bersamaan untuk teman minum teh. Pas sekali untuk camilan saat buka puasa.

  • Bakpia

Siapa yang nggak kenal bakpia. Terutama, bakpia yang terkenal sebagai makanan khas Jogja. Makanya, bakpia sering dijadikan oleh-oleh. Namun, bakpia yang gurih dan manis juga cocok menjadi sajian camilan takjil. Bentuk bakpia bulat dan biasanya berisi kacang hijau atau keju atau cokelat. Rasa manisnya menjadikan momen buka puasa semakin berkesan.


Baca juga: Guys, Yuk Simak Tips Grooming Untuk Persiapan Ramadhan yang Sudah di Depan Mata!

Itu tadi tempat ngabuburit di Jogja serta hidangan takjil yang populer di sana. Tempatnya seru-seru, ya. Kamu bisa jalan-jalan sambil ngabuburit asyik di berbagai tempat keren di Jogja. Terus, takjilnya juga lezat dan nikmat. Kamu bisa menikmatinya bersama dengan orang-orang tercinta. Apalagi, bulan Ramadan saatnya kamu berkumpul dengan keluarga. Nah, buat kamu yang bingung dan belum sempat ke Jogja saat Ramadan, kamu bisa banget beli bakpia di toko online Blibli. Selain dinikmati sendiri, berbagilah manisnya camilan favorit dengan orang-orang terdekat. Jangan lupa gunakan Promo Hikmah Ramadhan dari Blibli supaya belanja kamu makin hemat!

Rasakan Kelezatan Bakpia Khas Jogja Hanya di Sini!

Hikmah Ramadhan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY