Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Bandung

tempat ngabuburit di bandung

Tempat Ngabuburit di Bandung – Bicara soal kuliner nih, Indonesia terkenal sama makanannya yang sangat variatif di setiap wilayah. Makanan khas tradisional yang beragam ini semakin menambah kekayaan bangsa,lho. Mulai dari makanan utama, makanan pendamping, sampai makanan kecil, semuanya unik dan menarik untuk dicobain. 

Salah satu kota yang sangat dikenal dengan kekayaan kulinernya adalah Bandung, ibu kota Jawa Barat. Hanya berjarak sekitar 150 km dari Jakarta, Bandung sering dijadikan tujuan wisata kuliner bagi warga ibu kota. Mungkin karena alasan inilah kota Bandung lebih banyak dipublikasikan sebagai kota kuliner di Indonesia. 

Tapi jika mencoba mampir ke sana dan mencoba kekayaan kulinernya, rasanya 1 minggu pun masih kurang! Nikmatnya berwisata kuliner didukung dengan hawa kota Bandung dan sekitarnya yang cenderung sejuk. Ditambah dengan pemandangan alam yang indah di berbagai sudut kota, makin betah deh wisata ke kota yang punya julukan Paris van Java ini. 

Menjelang puasa, ngabuburit menjadi waktu yang penting bagi banyak orang. Jalan-jalan sambil pilih makanan untuk berbuka puasa memang selalu menyenangkan kan? Punya rencana jalan-jalan ke Bandung di bulan Ramadhan kali ini? Kalau begitu, ada 10 rekomendasi tempat ngabuburit di Bandung yang sayang banget jika Blibli Friends lewatkan. Ini dia daftarnya. 


Baca juga: Biar Tetap Fit Saat Bulan Ramadhan, Lakukan 4 Olahraga Ringan Ini, Yuk!

  1. Alun-Alun Kota Bandung

Image Source: tokopedia.com

Berlokasi tepat di depan Masjid Agung, alun-alun luas ini memang merupakan salah satu tempat favorit warga Bandung dan sekitarnya. Kalau di luar bulan Ramadhan sering dijadikan tempat olahraga atau sekedar bersantai, di bulan Ramadhan alun-alun ini jadi tempat yang sangat nyaman untuk ngabuburit. Mau duduk-duduk santai di atas rumput sintetis, selfie atau foto-foto dengan teman dan keluarga, sampai belanja juga bisa. 

Di sekitar alun-alun ada sederet pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman. Mulai dari makanan ringan seperti siomay, batagor, asinan, sampai makanan berat juga tersedia. Sementara untuk minumannya, bisa pilih es kelapa, kolak, aneka jenis es, dan lain-lain.

  1. Jalan Braga

tempat ngabuburit di bandungIni adalah salah satu tujuan wisata di kota Bandung yang selalu ramai kapan saja, nggak hanya di bulan puasa. Di sepanjang Jalan Braga suasananya dibuat tetap bergaya kolonial, jadi pengunjung bisa merasakan suasana Bandung di masa lalu yang jadi favorit orang Eropa karena cuacanya. Walau ada gedung-gedung modern juga di sana-sini,  Jalan Braga tetap menarik untuk dikunjungi. Saat ngabuburit, pengunjung bisa berfoto di depan deretan gedung tua dan menyusuri jalanan lain di sekitarnya juga. 

  1. Lapangan Gasibu

tempat ngabuburit di bandung
Image Source: pegipegi.com

Nah, ini dia salah satu kawasan ikonik di kota Bandung. Menjadi salah satu tempat favorit anak muda, Lapangan Gasibu yang ada di depan Gedung Sate ini kerap kali jadi tempat komunitas muda melakukan aktivitas. Misalnya aja nih komunitas sepeda motor yang akan menampilkan ketangkasan ketika beraksi di atas sepeda motor. 

Daripada beraksi ngebut di jalanan, mereka melakukan aktivitas positif dengan cara menghibur warga Bandung di lapangan ini. Pengunjung juga bisa duduk-duduk di sekitar lapangan sambil menunggu waktu buka tiba. Lapangan Gasibu berada di dekat Jalan Cimandiri, Cisangkuy, dan Dipati Ukur yang dikenal sebagai lokasi wisata kuliner. Jadi saat mendekati buka, pengunjung tinggal menuju ke salah satu lokasi tersebut.

  1. Taman Cikapayang Dago

tempat ngabuburit di Bandung
Image Source: infobdg.com

Dago sudah menjadi tempat populer sejak dulu, banyak dikunjungi oleh warga bandung maupun wisatawan dari luar kota dan luar negeri. Dipenuhi dengan pusat jajanan dan tempat belanja, salah satu tempat yang menarik di Dago adalah Taman Cikapayang. Sangat nyaman untuk bersantai dan kumpul-kumpul bersama teman dan keluarga, Taman Cikapayang juga seru buat foto-foto. 

Kalau bosan duduk-duduk aja, pengunjung bisa juga belanja atau sekedar cuci mata di butik dan factory outlet yang ada di sepanjang Jalan Dago. Tak perlu khawatir soal makanan dan minuman saat waktu buka tiba, karena di sekitar taman banyak yang menjajakan jajanan khas buat kamu buka puasa, nih,  Blibli Friends. 

  1. Taman Foto

tempat ngabuburit di bandung
Image Source: jejakpiknik.cim

Nah, kalau yang satu ini pas banget buat wisatawan yang hobi berfoto. Mau foto selfie atau ramai-ramai, semua bisa. Taman Foto punya banyak spot cantik untuk kaum millenials berfoto dengan berbagai gaya seru. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat beragam hasil karya fotografi yang sangat menarik. Serunya lagi, nih, di Taman Foto tersedia fasilitas Wi-Fi gratis untuk umum. Wah, ngabuburit sambil berselancar di internet gratis sepuasnya ditemani hawa yang sejuk, pasti seru banget, kan?

  1. Taman Jomblo

tempat ngabuburit di bandung
Image Source: travelingyuk.com

Tempat nongkrong yang masih hangat nih Blibli Friends, Taman Jomblo sudah populer terutama di kalangan anak muda. Tenang saja, bukan hanya yang jomblo yang bisa mampir ke taman ini. Terletak di bawah Jembatan Pasupati, luas taman ini memang nggak terlalu besar. 

Meski begitu, tetap nyaman untuk dijadikan tempat ngabuburit. Seperti di Taman Foto, di Taman Jomblo pengunjung juga bisa menikmati fasilitas Wi-Fi gratis. Bagi yang suka main sepatu roda atau skateboard, di sini ada komunitasnya, lho. Tersedia track khusus untuk skateboard yang cukup luas. 

  1. Trans Studio Bandung

tempat ngabuburit di bandung
Image Source: KSMtour.com

Bagi wisatawan yang lebih suka tempat modern, Bandung juga punya banyak tempat seru yang sayang dilewatkan saat ngabuburit. Wahana bermain indoor ini jelas nggak akan bikin capek meski banyak beraktivitas, karena terletak di dalam ruangan yang nyaman. 

Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana menarik yang terbagi menjadi 3 zona yaitu Studio Central, Hollywood, dan New York Lost City. Serunya, di bulan puasa biasanya ada diskon, nih. Mendekati waktu berbuka, pengunjung bisa menuju Trans Studio Mall yang menyediakan beragam makanan, mulai dari sajian tradisional hingga modern. 

  1. Gang Nikmat

tempat ngabuburit di bandung
Image Source: tourism.bgdtoday.com

Bandung punya sudut-sudut yang sangat menyimpan kenikmatan kuliner. Mulai dari pasar, jalanan, taman, bahkan gang sekalipun. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah sebuah rumah makan yang ada di dalam gang di sekitar daerah Cihapit. 

Rumah makannya memang nggak terlalu luas, tapi selalu ramai didatangi pengunjung. Ini karena rumah makan 2 lantai ini menyediakan menu yang unik. Salah satunya adalah Ayam Gulung Telur Asin. Ini adalah masakan dengan bahan utama ayam yang disajikan dengan kuah. Cita rasanya manis, asam, dan pedas. Tiga rasa bermain di lidah, bikin ketagihan!

  1. Warung Nasi Bu Eha

tempat ngabuburit di bandung
Image Source: radarbandung.id

Mungkin namanya sudah nggak asing lagi di telinga. Ya, karena tempat makan yang satu ini memang sudah terkenal dan sering dibicarakan banyak orang. Sudah berdiri sejak tahun 1947, warung makan ini nggak hanya terkenal di kalangan warga Bandung saja, loh. Bahkan banyak orang terkenal yang menjadi langganan tetap kalau mereka sedang berkunjung ke kota Bandung.

Mulai dari kalangan selebriti sampai politisi, nih, Warung Nasi Bu Eha sudah kerap jadi bahan perbincangan. Di sini tersedia berbagai menu hidangan khas Sunda. Di hari biasa, Warung Makan Bu Eha buka sejak pagi dan biasanya makanan sudah banyak yang habis di siang hari. Khusus di bulan puasa, pengunjung bisa datang di saat ngabuburit untuk berbuka puasa. Terletak di dalam Pasar Cihapit, lokasinya mudah ditemukan karena orang di sekitar pasti paham, deh, sama warung yang satu ini.

  1. Pusat Takjil Bandung

Image Source: ayobandung.com

Di bulan Ramadhan emang sudah biasa kalau beberapa wilayah akan berubah menjadi pusat takjil, terutama mendekati sore hari, sekitar pukul 4 sore hingga 7 malam. Begitu juga di Bandung. Ada beberapa kawasan yang menjadi pusat takjil di kota Bandung. Beberapa di antaranya adalah jalan Otto Iskandardinata (Otista), kawasan sekitar Gasibu, Jalan Dipati Ukur, Jalan Tamansari, dan Pusdai. Kawasan ini memang dekat dengan beberapa kampus, karena itu biasanya selalu ramai dengan mahasiswa. 

Pengunjung bisa menemukan berbagai jenis makanan khas Bandung di sini. Mulai dari gorengan, cilok, seblak, combro, dan lain-lain. Untuk minumannya, ada berbagai kolak, aneka es, sampai minuman hangat. Karena berada dekat dengan kampus dan banyak dikunjungi mahasiswa, bisa dipastikan harga makanan dan minuman di sini sangat terjangkau. Pengunjung bisa mendapatkan jajanan yang dijual di kisaran harga Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu saja. Sangat terjangkau, kan?

Menu Takjil Rekomendasi Khas Bandung

Baru pertama kali ke Bandung dan butuh rekomendasi menu takjil? Saking banyaknya rekomendasi memang kadang bikin bingung, ya. Ada beberapa makanan dan minuman khas Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Cocok untuk takjil, ini dia beberapa di antaranya;

  1. Siomay

Image Source: detikfood.com

Sajian yang satu ini memang terinspirasi dari makanan khas negeri Tiongkok. Bedanya, siomay khas Bandung disiram dengan bumbu kacang, berbeda dengan sajian di negara asalnya. Siomay Bandung menggunakan ikan tenggiri pipih atau ikan belida. Ada yang menggunakan ikan tenggiri murni, tapi ada juga yang mencampurnya dengan daging ayam. Siomay yang lembut dipadukan dengan bumbu kacang yang manis dan gurih, pas banget buat ngabuburit.

  1. Seblak

Sumber: inews.id

Terkenal karena rasanya yang gurih dan pedas, seblak sangat unik karena terbuat dari kerupuk yang dimasak dengan kuah dan paduan daging ayam atau olahan daging sapi. Bisa juga memadukannya dengan hidangan laut. Karena semakin banyak penggemarnya, isian seblak pun makin beragam. Ada yang menambahkannya dengan makaroni, sosis, ceker ayam, dan lain sebagainya. Saking populernya, nih, seblak sempat sangat populer sampai ke ibu kota dan butuh antre berjam-jam untuk menikmatinya!

  1. Batagor

tempat ngabuburit di bandung
Sumber: thegorbalsla.com

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Sebenarnya batagor mirip dengan siomay, hanya saja pengolahannya digoreng. Sama-sama disiram dengan bumbu kacang, batagor Bandung sangat gurih dan mengenyangkan! Batagor juga terkadang bisa dicampur dengan siomay dalam penyajiannya.


Baca juga: Guys, Yuk Simak Tips Grooming Untuk Persiapan Ramadhan yang Sudah di Depan Mata!

Sajikan Menu Takjil Ala Bandung di Rumah

Belum punya waktu berwisata kuliner ke kota Bandung? Tenang saja… Kamu juga bisa menyiapkan menu takjil khas kota Bandung dari rumah. Di Blibli tersedia berbagai macam pilihan seblak yang gurih dengan tingkat kepedasan yang bisa kamu pilih sesuai selera, lho. Untuk seblak instan isi 1 porsi, ada pilihan menu yang diberi nama Seblak Cikruhh

Sementara untuk buka puasa ramai-ramai, bisa pilih Seblak Cikruhh Paket 6 Bungkus. Kalau kamu suka seblak dengan campuran batagor dan cilok, ada juga Mokaifood Cilok Seblak Batagor yang cocok banget buat dicoba. Semuanya mudah diolah dan disiapkan. Yuk, cek langsung di Blibli untuk pilihan seblak instan dan makanan khas Bandung lainnya. Belinya jangan lupa pake Promo Hikmat Ramadhan ya supaya belanja kamu lebih hemat. 

Temukan Berbagai Macam Seblak Favoritmu Hanya di Sini!

Hikmah Ramadhan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY