Tempat Bukber Keluarga di Surabaya yang Harus Kamu Kunjungi

Apr 01, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya – Surabaya dikenal sebagai ibukota Jawa Timur yang budayanya kaya. Ini karena Surabaya ditinggali oleh berbagai etnis yang memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari Melayu, China, Arab, hingga Eropa. Untuk suku yang banyak menetap di Surabaya sendiri beragam. Yang paling menonjol pastinya orang Madura. Selain itu ada pula suku Sunda, Batak, Bali dan masih banyak lagi.

Pertemuan berbagai ras dan suku ini menyatu dan masing-masing membawa tradisi mereka masing-masing. Salah satu yang pastinya kita suka adalah kekayaan kulinernya. Menjelang bulan Ramadhan tahun ini, pastinya banyak warga lokal maupun turis yang mau tahu apa saja sih tempat bukber keluarga di Surabaya yang populer? Dapatkan infonya di sini yuk.

BACA JUGA : Outfit Lebaran Ala Korea, Makin Cetar Deh!

———————————————————————————————————————————

Apa Ciri Khas Kota Surabaya?

Sebenarnya Surabaya nggak cuma dikenal karena wisata kulinernya saja. Ada satu hal yang paling menonjol dan sulit dilepas dari orang Surabaya yaitu dialeknya. Dialek atau logat yang sering disebut Arekan bisa kita dengar di mana pun saat mengunjungi kota ini. Sebaliknya, orang Surabaya yang merantau ke kota lain bakal mudah dikenali lewat cara mereka berbicara.

Selain itu, kesenian kota ini juga beragam dan menarik. Ada kesenian Ludruk yang awalnya berasal dari Jombang, tapi sudah jadi maskot budaya Surabaya. Terutama Tari Remo yang disukai banyak orang. Selain itu, ada Gending Jula-Juli Suroboyo, Kentrung, Tari Lenggang Suroboyo, dan masih banyak lagi. Tarian modern pun berkembang karena ada beberapa grup tari modern yang maju pesat dari kota ini.

Soal makanan, Surabaya adalah gudangnya. Gampang banget menemukan penjual makanan enak di berbagai sisi kota. Satu bumbu yang jadi khas Surabaya adalah petis. Kamu bisa temukan bumbu petis di banyak makanan. Misalnya saja rujak cingur, tahu campur, tahu tek, lontong kupang, dan lontong balap.

10 Rekomendasi Tempat Bukber Keluarga di Surabaya

Berencana berbuka puasa bareng keluarga di Surabaya? Yuk temukan 10 rekomendasi tempat bukber yang populer di bawah ini:

  1. D’Oeleg Indonesian Resto & Cafe

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya
instagram.com/doelegresto

Mau traktir bukber orang tua dan anak anak-anak ke tempat yang nyaman dan arsitekturnya nyaman? D’Oeleg adalah pilihan yang oke banget. Ruangannya nyaman dengan dinding penuh kaca. Selain itu, harga menunya yang merupakan sajian khas Indonesia pun relatif terjangkau. Menu makanannya mulai dari Rp 20 ribuan sampai Rp 90 ribuan, sedangkan menu minumannya paling mahal Rp 32 ribuan saja.

  1. Rumah Makan Taman Handayani

puteramentari.com

Kalau bareng keluarga, pasti seru mengunjungi tempat makan yang sudah populer sejak tahun 1960-an. Rumah Makan Taman Handayani kental dengan arsitektur Jawa dikelilingi suara gemericik air. Sajian yang dihadirkan adalah makanan khas Indonesia yang resep kunonya tetap konsisten! Kamu bisa menikmati tempe penyet, lalapan, sapo tahu, kepiting soka, hingga kangkung tauco yang gurih!

  1. Rawon Setan

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya
ksmtour.com

Habis shalat tarawih mau makan yang pedas-pedas bareng keluarga? Yuk kunjungi Rawon Setan yang jadi favorit banyak selebriti ini. Rasa rawon yang khas karena bumbu keluweknya makin sedap dengan bumbu pedas! Kamu bisa tambah lauk lainnya dengan empal, telur asin, telur pindang, dan perkedel. Kalau datang pas ngabuburit pasti penuh banget! Datang setelah tarawih, asyik juga kan?

  1. Sate Lisidu

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya
travel.tribunnews.com

Salah satu makanan yang banyak ditemukan di Indonesia adalah sate, ada yang khas Probolinggo dan ada yang khas Madura. Ada satu nih sate yang bahkan dikenal hingga istana negara yaitu Sate Lisidu yang berlokasi di jalan Kutai. Yang paling populer adalah sate ayam kampung bagian dada atau paha. Selain itu ada juga sate kulit, sate usus, sate ati dan sate ampela.

  1. Sate Klopo Ondomehan

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya
grab.com

Pilihan sate lainnya yang harus banget dicoba di Surabaya adalah sate klopo atau sate kelapa. Menu ini bisa kamu dapatkan di Sate Klopo Ondomehan yang lokasinya di jalan Walikota Mustajab. Terkenal banget, kalau bulan Ramadhan memang harus sabar karena antreannya dijamin panjang. Tapi terbayar deh dengan cita rasanya yang luar biasa!

  1. TooTooMoo Patisserie

diarysivika.com

Buat yang nggak terbiasa langsung menyantap makanan berat di waktu buka, bisa pilih beragam kue yang ada di TooTooMoo Patisserie. Berlokasi di jalan Untung Suropati, interiornya super nyaman memadukan gaya vintage dan modern. Menu yang paling dicari pengunjung adalah Banana Cream Pie dengan paduan manis asin yang pas banget! Dijamin kamu bakal ketagihan dan mau coba menu lainnya!

  1. Dewa Ndaru Culture Resto 

fimela.com

Mau bukber spesial dengan menu yang cukup mewah bareng keluarga? Dewa Ndaru Culture Resto adalah pilihan yang pas banget. Di sini kamu bisa menikmati menu spesial seperti Iga Sapi King Dinasty dan Sop Buntut Sapi. Untuk camilannya ada Lumpia Nyonya Kedungwungi. Nggak hanya cita rasa yang lezat, tempat yang nyaman dan pelayanan baik juga jadi kelebihan resto ini.

  1. Kedai Sabindo

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya yang Harus Kamu Kunjungi
travel.tribunnews.com

Sudah puas mencoba semua makanan khas Surabaya? Sekarang saatnya mencoba makanan khas lain dari penduduk yang ada di Surabaya. Yuk coba berbagai makanan Melayu di Kedai Sabindo yang berlokasi di jalan Simpang Darmo Permai Utara. Berbagai menunya cocok banget untuk berbuka. Misalnya ada teh tarik, yang bisa ditemani dengan roti canai, kue leker, roti tisu, dan lain-lain.

  1. Warung Makan Madinah

sajianlezat.com

Coba juga hidangan khas Timur Tengah yang lezat di Warung Makan Madinah. Lokasinya ada di jalan KH Mas Mansyur, menu andalannya yang selalu dicari pengunjung adalah kambing oven dan nasi kebuli. Selain itu, kamu bisa pesan nasi goreng kambing, gulai kambing, gulai kacang ijo, sampai roti maryam. Harganya terjangkau banget karena warungnya dibuat sederhana. Tapi soal rasa dijamin puas deh!

  1. Sitara Indian Cuisine

Tempat Bukber Keluarga di Surabaya yang Harus Kamu Kunjungi
tripadvisor.com

Komunitas penduduk India juga ada di Surabaya. Karena itu, sudah pasti ada restoran India terkenal yang cocok banget buat dijadikan tempat bukber bareng keluarga. Sitara berlokasi di jalan Hayam Wuruk. Interiornya mewah, nyaman banget kalau ke sini dengan orang tua dan saudara tersayang. Menu yang populer adalah nasi briyani, roti canai, chicken tikka, dan chicken tandoori.

——————————————————————————————————————————-

BACA JUGA : 5 Bahan Mukenah yang Simple dan Nyaman Untuk Traveling

Sebelum jalan-jalan ke Surabaya dan menikmati tempat bukbernya yang populer, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhan berbuka di Blibli. Mulai dari bahan makanan, bumbu masak, hingga berbagai minuman ringan bisa kamu temukan di sini dengan harga yang hemat. Nggak hanya itu lho. Kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan ibadah yang bisa digunakan sepanjang bulan Ramadhan, pakaian muslim untuk bulan Ramadhan dan hari Lebaran, hingga berbagai produk untuk bingkisan hari raya. Nggak perlu berlama-lama lagi, yuk intip apa saja produk yang tersedia di Promo Ramadhan Blibli. Yuk, borong produk favoritmu dengan harga terbaik hanya di Blibli. Seru, kan? Cus, checkout sekarang juga!

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel