Foto OOTD Terbaik dengan Teknik Foto Portrait Model Ini

teknik foto portrait

Hobi foto-foto OOTD? Pastinya Blibli Friends sering banget coba model fotografi portrait. Eh, tapi kok ternyata hasilnya kurang maksimal? Hmmm, jangan keburu patah semangat dulu. Biarpun kelihatan simple dan gampang, jenis foto portrait memang butuh teknik foto yang tepat. Kamu bisa banget kok dapat hasil foto portrait OOTD yang maksimal dengan praktekin tips teknik foto portrait model di bawah ini.


Baca juga: 4 Alat Wajib yang Kudu Punya Biar Kamera Awet & Aman

  1. Perhitungkan Focal Length

Photo via Pexels.com

Supaya hasil foto portrait OOTDmu makin maksimal, coba deh Blibli Friends perhitungkan buat pakai focal length yang panjang. Focal length panjang bisa kamu pakai supaya hasil foto jadi kelihatan proporsional. Soalnya, kamu juga bisa sekaligus tangkap background dengan jarak yang lebih dekat. Alhasil, kamu dan pakaian yang Bilbli Friends pakai bakal jadi fokus utama. Ini cocok banget nih buat Blibli Friends yang ingin bikin foto OOTD di kafe atau di mall. Ukuran focal length yang paling direkomendasikan buat foto portrait adalah 50 mm, 85 mm, dan 100 mm.

2. Eksperimen dengan Angle

Photo via Pexels.com

Salah satu teknik foto portrait model lainnya adalah, jangan takut eksperimen dengan angle. Angle atau sudut pandang bisa banget bikin efek foto OOTDmu jadi berbeda. Jangan cuma puas dengan angle foto eye view saja. Cobain memotret dengan angle foto yang lain dari biasanya. Misalnya, pakai teknik high angle, low angle, atau frog angle. Beberapa angle foto bahkan bisa bantu penampilanmu di dalam foto jadi kelihatan keren. Misalnya, buat kamu yang berwajah tembem, bisa pakai model sudut pandang high angle atau low angle. Bebas banget deh eksperimen dengan model angle yang pas buat kamu.

3. Perhitungkan Arah Cahaya

Photo via Pexels.com

Pencahayaan emang jadi faktor yang penting banget di bidang fotografi. Nah, supaya hasil foto portraitmu makin maksimal, Blibli Friends juga harus banget perhitungkan faktor pencahayaan. Misalnya, buat kesan yang dramatis kamu bisa pilih pencahayaan saat sunset, alias matahari tenggelam. Kalau kamu butuh kesan yang lembut dan anggun buat foto portrait OOTD-mu, pilih waktu pengambilan foto saat pagi hari di atas jam 11 atau di sore hari sebelum jam 5 sore. Kalau bisa sih, hindari pemotretan saat sinar matahari sedang terik-teriknya. Selain bikin gerah, fotomu juga lebih beresiko kena efek flare matahari.

4. Manfaatkan Foreground

Photo via Pexels.com

Hasil foto OOTDmu masih kurang maksimal? Wah, bisa jadi itu gara-gara kamu kurang manfaatkan foreground. Foreground adalah obyek-obyek yang ada di sekitarmu. Misalnya, kalau kamu foto OOTD di taman pastinya bakal ketemu dengan pepohonan dan bunga-bunga. Nah, obyek foreground itu bisa kamu pakai buat memaksimalkan foto OOTDmu. Atau, kalau kegiatan fotografimu ada di dalam ruangan, pastinya ada lah beberapa perabotan Instagramable yang bisa kamu pakai sebagai foreground. Sekreatifnya kamu saja, deh!

5. Tingkatkan ISO

Photo via Pexels.com

Salah satu hal yang bikin foto portraitmu jadi nggak maksimal bisa jadi gara-gara efek blur. Blur memang ganggu banget. Soalnya, bisa bikin fotomu jadi kelihatan nggak tajam. Untungnya, itu bisa diatasi dengan gampang. Caranya, cukup tingkatkan saja ISO di dalam kameramu. Seandainya kamu memotret dalam kondisi low light, tingkatkan saja ISO kameramu ke angka 1600. Kalau perlu, kamu juga bisa gaspol hingga sampai angka 3200. Setting ISO yang tinggi bisa menghindarkan fotomu dari resiko blur. Ya, biarpun ada noise. Tapi, paling nggak kamu bisa mengedit foto itu buat menghilangkan pengaruh noise. Beda dengan blur yang memang nggak ada obatnya.


Baca juga: Fitur ISO di Kamera HP Bikin Foto Keliatan Jernih

Itu deh beberapa tips teknik foto portrait model yang bisa Blibli Friends pakai. Dengan tips di atas, kamu bisa banget deh maksimalkan foto OOTD-mu. Jangan lupa, ikutan promo Kartini Day yang ada di Blibli. Kamu nggak cuma bisa beli perlengkapan kewanitaan dan baju-baju keren. Blibli juga tawarkan diskon buat produk kamera. Selain promo diskon, Blibli juga tawarkan promo free ongkir. Yuk, buruan! Soalnya, perempuan hebat sepertimu berhak dapat yang terbaik dari toko online ini.

BELI KAMERA TERBAIK HANYA DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY