Teknik Dasar Tenis Meja, Pelajari Biar Makin Jago

teknik dasar tenis meja

Teknik Dasar Tenis Meja — Tenis meja, atau ping pong adalah jenis olahraga tenis yang lumayan digemari. Permainan ini ideal banget dimainkan bareng teman-teman dekat. Soalnya, jumlah pemain tenis meja memang hanya sedikit. Selain itu, kamu juga nggak butuh space yang terlalu luas buat bermain tenis meja. Sehingga, lumayan banyak orang yang memiliki perlengkapan tenis meja di rumah.

Supaya permainanmu jadi semakin seru, kamu wajib tahu teknik dasar tenis meja berikut ini:

BACA JUGA: 5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dipelajari

___________________________

1. Teknik Memegang Bet

Teknik Dasar Tenis Meja
image source: listrik.org

Saat mendengar kata teknik dasar tenis meja, hal yang langsung terlintas di benak pastilah teknik-teknik memukul supaya lawan mainmu jadi K.O. Eh, ternyata cara kamu memegang bet atau pemukul juga punya teknik khusus. Tanpa menguasai ini, kamu jadi nggak bisa scoring poin yang banyak selama pertandingan. Tekning memegang bet tenis meja terbagi jadi 4, yaitu: teknik Shakehand Grip, Teknik Seemiller Grip, dan Teknik Penhold Grip.

2. Teknik Stance atau Posisi Tubuh

Image Source: Ping Pong

Selain tahu teknik memegang bet yang benar, kamu juga harus tahu posisi tubuh, atau stance yang tepat. Soalnya, stance yang kamu gunakan bakal membantu Blibli Friends dalam bergerak mengikuti arah datangnya bola. Teknik stance terbagi jadi dua, yaitu: side stance dan square stance. Side stance berarti tubuh pemain harus berada pada sisi meja (side). Posisi ini lebih identik digunakan saat akan menyerang lawan. Sedangkan Square stance lebih banyak digunakan buat membalikkan service yang datang atau sebagai blocking. Posisi ini butuh ketepatan positioning yang bagus. Tubuhmu harus berada menghadap ke net dan mengambil posisi tengah.

3. Teknik Footwork atau Gerakan Kaki

Image Source: Table Tenis Sport

Teknik gerakan kaki juga jadi salah satu teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai. Teknik ini bisa membantu kamu dalam melancarkan jurus blocking atau menyerang. Serangan maupun pertahanan dari pihak lawan pun bisa kamu jebol dengan menggunakan teknik footwork yang tepat. Kebanyakan pemain tenis meja biasanya pakai teknik Footwork two-step sebagai jurus andalan. Teknik ini dilakukan dengan cara menekuk bagian lutut sedikit saja. Sedangkan berat badan ditumpukan pada masing-masing kaki. Dengan begitu, kamu pun bakal memperoleh keseimbangan yang bagus.

4. Teknik Service atau Serve

Image Source: danslavitrine.com

Service atau serve adalah pukulan pertama yang menandakan dimulainya pertandingan tenis meja. Menentukan strategi service sangatlah penting, lho. Soalnya, kamu jadi punya peluang menang yang lebih besar. Dalam permainan tenis meja, ada 3 jenis service yang biasa digunakan, yaitu forehand fast serve, forehand pendulum serve, dan backhand sidespin serve. Forehand fast serve ideal buat kamu yang ingin mencuri skor di permulaan. Teknik serve ini bisa bikin lawanmu kaget. Caranya, pukul bola tenis tersebut sekuat dan secepat mungkin dengan menggunakan teknik pukulan dari posisi samping tubuh. Sedangkan, buat membalikkan keadaan, teknik backhand sidespin serve lebih banyak digunakan.

5. Teknik Attacking atau Serangan

Image Source: mimpibaru.com

upaya bisa unggul di pertandingan, kamu juga harus menguasai teknik dasar tenis meja ini. Teknik attacking dalam pertarungan tenis meja terbagi jadi 2, yaitu: Forehand Attack dan Backhand Attack. Untuk melancarkan teknik Forehand Attack, pukul bola pingpong dari arah samping secara kuat. Sebaliknya, teknik Backhand Attack dipakai dengan cara menyerang dari sisi dalam tubuh. Teknik serangan ini biasanya digunakan dengan memukul bola dari bawah dada sekuat mungkin.

___________________________

BACA JUGA: 5 Olahraga Seru Yang Asyik Dilakukan Bareng Sahabat

Ternyata, ada banyak banget teknik dasar tenis meja yang bisa bikin permainanmu jadi makin baik. Kamu juga pastinya lebih bersemangat, soalnya bisa beli berbagai perlengkapan tenis meja lewat Blibli.

Toko online ini tawarkan berbagai macam peralatan olahraga tenis meja lengkap! Apalagi, dengan diskon dan promo yang bertaburan. Selain itu, fitur retur dari Blibli juga jamin aktivitas belanja online jadi makin terasa aman dan nyaman. Yuk!

DAPATKAN PERLENGKAPAN TENIS MEJA TERBAIK DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY