me

Teknik Dasar Softball yang Benar, Wajib Tahu Nih

Oct 20, 2020.By Blibli Friends
Bagikan

Menguasai teknik dasar permainan softball penting loh untuk pemula. Teknik dasar softball meliputi memegang bola, memegang bat atau pemukul bola, dan memukul bola penting loh dalam permainan bola softball. Ketahui penjelasan teknik dasar permainan softball berikut ini.

Teknik Dasar Softball – Jenis olahraga softball memang kurang terdengar di Indonesia. Malah, banyak yang mengira softball sama saja dengan kasti. Hayo, ada nggak dari Blibli Friends yang beranggapan seperti itu? Memang, dalam beberapa aspek, olahraga ini memang mirip banget dengan kasti atau baseball. Ditemukannya softball oleh George Hancock di tahun 1887 ternyata juga terinspirasi oleh olahraga kasti.

Permainan Sofbol atau Softball adalah salah satu permainan bisbol yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil. Dalam permainan softball, pemain memulai permainan dengan mengayunkan bola dengan ayunan tangan di bawah dan melemparkannya ke arah pemegang bat atau pemukul bola.

Namun, ada beberapa perbedaan dari bisbol dan sofbol atau softball. Misalnya, dari detail teknik permainan. Kamu mungkin sudah familiar dengan teknik permainan kasti. Tapi, sudahkah kamu kenal dengan teknik dasar softball berikut ini?

BACA JUGA: TEKNIK DASAR BULU TANGKIS


Teknik Dasar Permainan Softball

1. Teknik Memegang Bola

pexels.com

Salah satu teknik dasar permainan softball yang paling umum adalah cara memegang bola. Teknik lemparan softball beda dari teknik yang dimiliki olahraga kasti. Permainan softball dilempar dari arah bawah ke atas. Di sini, mengetahui teknik lemparan bola penting banget. Ada 3 teknik memegang bola yang biasanya digunakan. Buat kamu yang punya jenis tangan besar atau jari yang panjang biasanya lebih nyaman melempar bola dengan 2 jari. Teknik memegang bola ini dilakukan dengan cara menempatkan jari telunjuk dan jari tengah di bagian atas dari bola. Tiga jari lainnya menyangga bagian bawah bola.

Sedangkan, buat Blibli Friends yang punya jari pendek dengan bentuk tangan yang kecil, metode memegang bola 3 jari lebih direkomendasikan. Letakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas bola. Sedangkan, 2 jari lainnya digunakan buat menyangga bola. Posisi ini bisa bantu kamu memegang bola softball dengan mantap.

Teknik memegang bola lainnya yang cocok buat empu tangan pendek adalah dengan menggunakan 4 jari. Teknik ini bisa kamu pakai kalau kurang pede dengan cara memegang dengan 3 jari. Untuk teknik memegang bola dengan 4 jari, genggam bola dengan kelima jari berada di sekeliling bola. Pegangan ini cenderung memberikan cengkraman yang lebih mantap. Teknik ini juga populer banget di kalangan anak-anak.

2. Teknik Memegang Bat atau Pemukul Bola

pexels.com

Selain tahu teknik dasar memegang bola dalam permainan softball, Blibli Friends juga harus tahu cara menggenggam bat yang benar. Teknik memegang bat di dalam softball terbagi jadi 3, yaitu teknik pegangan atas, teknik pegangan tengah, dan teknik pegangan bawah. Kamu bisa memilih teknik pegangan bat manapun yang sesuai dengan kenyamanan. Pastikan peganganmu itu nggak cuma nyaman, tapi juga kuat, ya.

3. Teknik Memukul Bola

pexels.com

Dalam permainan softball, ada 2 jenis teknik memukul bola yang kerap digunakan. Teknik pukulan tumbuk atau bunt adalah cara memukul bola yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengayunkan bat. Caranya, cukup tahan saja arah datang dari bola tersebut dengan menggunakan bat. Tujuannya, agar bola itu bisa jatuh dekat dengan pemukul. Saat melakukan teknik ini, pastikan kakimu berada sejajar dengan arah datangnya bola.

Selain Bunt, ada juga teknik pukulan Swing. Seperti namanya, kamu harus mengayunkan bat buat melentingkan bola yang datang. Posisi sebelum memukul pun harus benar. Pastikan posisi pegangan pemukul ada tepat di atas bahumu. Lengan kanan harus memiliki posisi yang lebih rendah dibandingkan lengan tangan kiri. Fokuskan perhatianmu pada bola yang datang dari pitcher. Setelah itu, pukul bola tersebut sekuat tenaga.

Manfaat Bermain Softball

pexels.com

Bermain Softball ternyata punya banyak manfaat untuk Kesehatan kamu loh. Pergerakannya yang mengandalkan banyak bagian tubuh ternyata mampu memperkuat fisik kamu. Apalagi untuk kamu yang masih dalam proses tumbuh kembang. Koordinasi tangan dan mata juga sangat dilatih dalam permainan ini karena ketajaman mata untuk fokus memandang arah bola sangat diasah. Selain itu, permainan ini juga bermanfaat untuk melatih kedisiplinan kamu terhadap waktu, Kerjasama tim, dan kepemimpinan.

Aturan-aturan Permainan Softball

  1. Permainan softball dipertandingkan antara 2 tim.

  2. Setiap tim terdiri dari 9 pemain, bisa seluruhnya adalah perempuan atau campuran.

  3. Satu game berlangsung selama 7 inning (babak) dan dibagi menjadi dua bagian, yakni inning atas dan inning bawah.

  4. Setiap tim memukul satu kali di setiap inning sebelum bertukar sisi.

  5. Tim bertahan (fielding team) terdiri atas seorang pelempar, penangkap, pemain di base pertama, base kedua, base ketiga, tiga deep fielder, dan seorang short stop.

  6. Seorang pemukul harus berhasil memukul bola dan berlari ke base sebanyak mungkin. Setelah berhasil kembali ke home base, pemain akan mencetak angka.

  7. Home run tercipta ketika bola dipukul ke area bola tidak bisa lagi diambil. Home run memungkinkan pemukul dan semua pemain yang berada di base untuk kembali ke home base dan mencetak angka.

  8. Kecuali home run, fielding team bisa mencegah tim pemukul mencetak angka dengan membuat pemukul tidak mampu memukul bola, mengenai salah satu base dengan bola sebelum tim pemukul mencapainya, atau mengenai pemukul dengan bola saat berlari di antara 2 base.

  9. Area di antara base 1 dan 3 adalah zona terlarang. Ketika bola melintasi area ini sebelum menyentuh tanah, perminan harus diulang dengan lemparan baru.


BACA JUGA: TEKNIK DASAR SEPAK BOLA

Nah, sekarang kamu sudah tahu teknik dasar softball. Tertarik buat mencoba olahraga satu ini. Pastikan kamu sudah membeli perlengkapan softball di Blibli, ya. Belanja di Blibli nggak hanya bikin aktivitas belanja online mu jadi makin hemat dengan berbagai promo dan diskon.

Namun, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas retur seandainya barang yang sampai nggak sesuai dengan pesananmu. Blibli terpercaya banget, kan?

DAPATKAN PERLENGKAPAN SOFTBALL TERBAIK DI SINI

Tag: