Teknik Dasar Softball yang Benar, Wajib Tahu Nih

Jenis olahraga softball memang kurang terdengar di Indonesia. Malah, banyak yang mengira softball sama saja dengan kasti. Hayo, ada nggak dari Blibli Friends yang beranggapan seperti itu? Memang, dalam beberapa aspek, olahraga ini memang mirip banget dengan kasti atau baseball. Ditemukannya softball oleh George Hancock di tahun 1887 ternyata juga terinspirasi oleh olahraga kasti.

Namun, ada beberapa perbedaan dari kedua jenis olahraga ini. Misalnya, dari detail teknik permainan. Kamu mungkin sudah familiar dengan teknik permainan kasti. Tapi, sudahkah kamu kenal dengan teknik dasar softball berikut ini?

BACA JUGA: TEKNIK DASAR BULU TANGKIS

____________________________

1. Teknik Memegang Bola

Image Source: Blog / ummuqudsiyah14

Salah satu teknik dasar softball yang paling umum adalah cara memegang bola. Teknik lemparan softball beda dari teknik yang dimiliki olahraga kasti. Permainan softball dilempar dari arah bawah ke atas. Di sini, mengetahui teknik lemparan bola penting banget. Ada 3 teknik memegang bola yang biasanya digunakan. Buat kamu yang punya jenis tangan besar atau jari yang panjang biasanya lebih nyaman melempar bola dengan 2 jari. Teknik memegang bola ini dilakukan dengan cara menempatkan jari telunjuk dan jari tengah di bagian atas dari bola. Tiga jari lainnya menyangga bagian bawah bola.

Sedangkan, buat Blibli Friends yang punya jari pendek dengan bentuk tangan yang kecil, metode memegang bola 3 jari lebih direkomendasikan. Letakkan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas bola. Sedangkan, 2 jari lainnya digunakan buat menyangga bola. Posisi ini bisa bantu kamu memegang bola softball dengan mantap.

Teknik memegang bola lainnya yang cocok buat empu tangan pendek adalah dengan menggunakan 4 jari. Teknik ini bisa kamu pakai kalau kurang pede dengan cara memegang dengan 3 jari. Untuk teknik memegang bola dengan 4 jari, genggam bola dengan kelima jari berada di sekeliling bola. Pegangan ini cenderung memberikan cengkraman yang lebih mantap. Teknik ini juga populer banget di kalangan anak-anak.

2. Teknik Memegang Bat atau Pemukul Bola

Selain tahu teknik dasar softball memegang bola, Blibli Friends juga harus tahu cara menggenggam bat yang benar. Teknik memegang bat di dalam softball terbagi jadi 3, yaitu teknik pegangan atas, teknik pegangan tengah, dan teknik pegangan bawah. Kamu bisa memilih teknik pegangan bat manapun yang sesuai dengan kenyamanan. Pastikan peganganmu itu nggak cuma nyaman, tapi juga kuat, ya.

3. Teknik Memukul Bola

Dalam softball, ada 2 jenis teknik memukul bola yang kerap digunakan. Teknik pukulan tumbuk atau bunt adalah cara memukul bola yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengayunkan bat. Caranya, cukup tahan saja arah datang dari bola tersebut dengan menggunakan bat. Tujuannya, agar bola itu bisa jatuh dekat dengan pemukul. Saat melakukan teknik ini, pastikan kakimu berada sejajar dengan arah datangnya bola.

Selain Bunt, ada juga teknik pukulan Swing. Seperti namanya, kamu harus mengayunkan bat buat melentingkan bola yang datang. Posisi sebelum memukul pun harus benar. Pastikan posisi pegangan pemukul ada tepat di atas bahumu. Lengan kanan harus memiliki posisi yang lebih rendah dibandingkan lengan tangan kiri. Fokuskan perhatianmu pada bola yang datang dari pitcher. Setelah itu, pukul bola tersebut sekuat tenaga.

____________________________

BACA JUGA: TEKNIK DASAR SEPAK BOLA

Nah, sekarang kamu sudah tahu teknik dasar softball. Tertarik buat mencoba olahraga satu ini. Pastikan kamu sudah membeli perlengkapan softball di Blibli, ya. Belanja di Blibli nggak hanya bikin aktivitas belanja online mu jadi makin hemat dengan berbagai promo dan diskon.

Namun, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas retur seandainya barang yang sampai nggak sesuai dengan pesananmu. Blibli terpercaya banget, kan?

DAPATKAN PERLENGKAPAN SOFTBALL TERBAIK DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY