5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Dipelajari

Teknik Dasar Sepak Bola
Photo via pexels.com

Teknik Dasar Sepak Bola ー Sama halnya dengan olahraga yang lain, sepak bola juga dilengkapi dengan aneka teknik permainan. Sayangnya, nggak semua orang familier dan mengenal apa saja teknik yang ada di sepak bola. Masyarakat pada umumnya hanya akan menganggap bermain sepak bola itu tentang menendang dan memasukkan bola ke gang lawan. Meski anggapan tersebut nggak salah, namun tetap  nggak bisa dibenarkan.

Semakin banyak teknik sepak bola yang dikuasai akan membuat permainanmu semakin bagus saja. Bahkan, memenangkan pertandingan sepak bola pun tak akan lagi susah. Sebelum kamu mencari tahu teknik sepak bola yang ribet, intip dulu teknik dasar sepak bola berikut.

BACA JUGA: Hari Olahraga Nasional, Berikut Daftar Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

______________________________________

1. Menggiring Bola atau Dribbling

sumber: unsplash.com

Teknik dasar ini wajib dikuasai oleh para pemain sepak bola. Bahkan, bisa dikatakan bahwa teknik ini sangat penting dan menjadi kunci utama permainan. Semakin jago kamu menggiring bola ke arah teman satu tim, semakin tinggi pula persentase untuk mencapai gol. Meski terkesan sepele, namun teknik dasar satu ini perlu kamu latih secara rutin, lho.

2. Juggling

Teknik Dasar Sepak Bola
sumber: unsplash.com

Teknik yang satu ini juga nggak kalah penting untuk kamu pelajari. Cara melakukan juggling juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu memegang bola dengan kedua tangan dalam posisi berdiri. Kemudian, jatuhkan bola tersebut ke tanah dan gunakan satu kaki untuk menendang kembali bola tersebut ke atas. Saat bola dilempar ke atas, kini giliran tangan kamu yang kembali menangkap bola tersebut.

Teknik ini dipercaya mampu membuat pemain memiliki reaksi yang cepat tanggap terhadap bola. Jika dilakukan secara rutin, bisa dibayangkan betapa handalnya koordinasi tubuh kamu selama bermain sepak bola nantinya. Jika ingin segera jago bermain bola, nggak ada salahnya kamu lakukan latihan juggling setiap hari.

3. Passing

Teknik Dasar Sepak Bola
sumber: unsplash.com

Teknik dasar lainnya yang wajib kamu kuasai dengan baik yakni passing atau mengumpan bola. Semakin handal kemampuan kamu dalam melakukan passing, akan sangat membantu teman satu tim untuk bergerak lebih maju ke arah gawang lawan. Jika ingin benar-benar menguasai teknik ini, kamu perlu melatihnya secara rutin. Selain bisa dilakukan sendiri, melatih teknik ini juga akan lebih seru jika dilakukan dengan teman-teman kamu, lho.

4. Kontrol Bola

Teknik Dasar Sepak Bola
sumber: unsplash.com

Jika kamu sudah jago dalam melakukan dribbling dan passing, kini saatnya kamu untuk melatih kemampuanmu dalam mengontrol bola. Teknik satu ini akan sangat memudahkan pergerakan kakimu setiap kali menerima umpan saat bermain sepak bola. Akan sangat sia-sia jika teman satu tim kamu sudah melakukan passing dengan baik namun kamu nggak bisa menerimanya. Agar tim kamu bisa lebih mudah memenangkan pertandingan, latih kemampuanmu mengontrol bola secara rutin, ya.

5. Menembak atau Shooting

Teknik Sepak Bola
sumber: pexels.com

Jika keempat teknik dasar di atas sudah kamu kuasai, kini saatnya kamu melatih teknik shooting. Kekuatan dan keakuratan menjadi dua penentu keberhasilan kamu dalam melakukan shooting. Latih kemampuan yang satu ini dengan baik jika kamu ingin mencetak gol dengan jumlah yang banyak.

______________________________________

BACA JUGA: Daftar Olahraga yang Baik untuk Jantung Sehat

Bagi kamu yang memang suka bermain sepak bola, pastikan kelima teknik dasar di atas sudah kamu kuasai dengan baik, ya. Agar aktivitas berlatih lebih nyaman, pastikan kamu menggunakan perlengkapan bermain sepak bola yang berkualitas.

Jika belum punya, temukan perlengkapan sepak bola impianmu secara online di laman Blibli. Beragam sepatu bola hingga jersey bola yang kece tersedia secara lengkap. Skill dasar sudah bisa, ditambah perlengkapan yang berkualitas. Makin keliatan jago deh main bolanya.

TEMUKAN PERLENGKAPAN SEPAK BOLAMU DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY