Teknik Dasar Sepak Bola, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Futsal

Oct 01, 2020.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Teknik Dasar Sepak Bola ー Memahami teknik dalam sepak bola tentu penting loh. Sama halnya dengan olahraga yang lain, sepak bola juga dilengkapi dengan aneka teknik permainan. Sayangnya, Teknik ini nggak semua orang familiar dan menganggap penting. Masyarakat pada umumnya hanya akan menganggap bermain sepak bola itu tentang menendang dan memasukkan bola ke gang lawan. Meski anggapan tersebut nggak salah, namun tetap  nggak bisa dibenarkan.

Semakin banyak teknik sepak bola yang dikuasai akan membuat permainanmu semakin bagus saja. Bahkan, memenangkan pertandingan sepak bola pun tak akan lagi susah. Sebelum kamu mencari tahu teknik sepak bola yang ribet, intip dulu teknik dasar sepak bola berikut.

BACA JUGA: Hari Olahraga Nasional, Berikut Daftar Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

______________________________________

Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

1. Teknik Menggiring Bola atau Dribbling

sumber: unsplash.com

Teknik dasar sepak bola ini wajib dikuasai oleh para pemain sepak bola. Bahkan, bisa dikatakan bahwa teknik ini sangat penting dan menjadi kunci utama permainan. Semakin jago kamu menggiring bola ke arah teman satu tim, semakin tinggi pula persentase untuk mencapai gol. Meski terkesan sepele, namun teknik dasar satu ini perlu kamu latih secara rutin, lho.

2. Teknik Juggling

Teknik Dasar Sepak Bola
sumber: unsplash.com

Teknik dasar sepak bola yang satu ini juga nggak kalah penting untuk kamu pelajari. Cara melakukan juggling juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu memegang bola dengan kedua tangan dalam posisi berdiri. Kemudian, jatuhkan bola tersebut ke tanah dan gunakan satu kaki untuk menendang kembali bola tersebut ke atas. Saat bola dilempar ke atas, kini giliran tangan kamu yang kembali menangkap bola tersebut.

Teknik ini dipercaya mampu membuat pemain memiliki reaksi yang cepat tanggap terhadap bola. Jika dilakukan secara rutin, bisa dibayangkan betapa handalnya koordinasi tubuh kamu selama bermain sepak bola nantinya. Jika ingin segera jago bermain bola, nggak ada salahnya kamu lakukan latihan juggling setiap hari.

3. Teknik Passing

Teknik Dasar Sepak Bola
sumber: unsplash.com

Teknik dasar sepak bola lainnya yang wajib kamu kuasai dengan baik yakni passing atau mengumpan bola. Semakin handal kemampuan kamu dalam melakukan passing, akan sangat membantu teman satu tim untuk bergerak lebih maju ke arah gawang lawan. Jika ingin benar-benar menguasai teknik ini, kamu perlu melatihnya secara rutin. Selain bisa dilakukan sendiri, melatih teknik ini juga akan lebih seru jika dilakukan dengan teman-teman kamu, lho.

4. Teknik Kontrol Bola

Teknik Dasar Sepak Bola
sumber: unsplash.com

Jika kamu sudah jago dalam melakukan dribbling dan passing, kini saatnya kamu untuk melatih kemampuanmu dalam mengontrol bola. Teknik dasar sepak bola satu ini akan sangat memudahkan pergerakan kakimu setiap kali menerima umpan saat bermain sepak bola. Akan sangat sia-sia jika teman satu tim kamu sudah melakukan passing dengan baik namun kamu nggak bisa menerimanya. Agar tim kamu bisa lebih mudah memenangkan pertandingan, latih kemampuanmu mengontrol bola secara rutin, ya.

5. Teknik Menembak atau Shooting

Teknik Sepak Bola
sumber: pexels.com

Jika keempat teknik dasar di atas sudah kamu kuasai, kini saatnya kamu melatih teknik shooting. Teknik sepak bola ini mengedepankan kekuatan dan keakuratan dalam melakukan shooting. Latih kemampuan yang satu ini dengan baik jika kamu ingin mencetak gol dengan jumlah yang banyak.

Manfaat bermain sepak bola

teknik dasar sepak bolaSudah dibuktikan dalam sebuah penelitian kalau orang yang bermain sepak bola dengan rutin 30 persen fungsi otot dan 15 persen asupan oksigen meningkat. Bermain bola juga layaknya melakukan jogging, berjalan, hingga sprint bergantian selama 90 menit. Karena itulah, bersepakbola rutin juga bisa menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan. Selain untuk tubuh, pemain sepak bola juga belajar untuk bekerja sama dan bertanggung jawab di posisinya. 

Perbedaan sepak bola dan futsal

  1. Tempat Permainan

Perbedaan paling mendasar antara sepak bola dan futsal adalah tempat bermainnya. Permainan sepak bola dimainkan di lapangan berumput seluas 100-110 meter x 64-75 meter. Berbeda dengan futsal yang dimainkan di lapangan seluas 38-42 meter x 18-25 meter. 

2. Waktu Permainan

Permainan sepak bola berlangsung minimal 2 kali 45 menit dengan 1 kali istirahat 15 menit. Berbeda dengan futsal yang permainannya hanya berlaku minimal 2 kali 20 menit tanpa jeda istirahat.

3. Jumlah Pemain

Karena tim sepak bola juga disebut kesebelasan tentunya jumlah pemainnya ada 11, ya. Jumlah pemain futsal berbeda karena 1 tim hanya ada 5 pemain.

4. Aturan permainan

Ada beberapa perbedaan dari segi aturan permainan. Contohnya, pergantian pemain di sepak bola hanya boleh 3 kali, sedangkan futsal tidak dibatasi dengan pemain yang sama bisa keluar masuk. Ketika bola keluar, pemain sepak bola harus melempar ke dalam, sedangkan pemain futsal harus menendang. Di sepak bola, off side berlaku dan bisa menjadi salah satu strategi, tetapi dalam futsal tidak berlaku.

5. Hakim Permainan

Wasit dalam permainan sepakbola ada 1 dengan 2 hakim garis. Dalam futsal juga ada 1 wasit, tetapi hanya dibantu oleh 1 asisten wasit. 

Club Sepak Bola Indonesia

Dari tahun 1994 hingga 2020, Indonesia telah berhasil menggelar 24 musim liga Indonesia. Sepanjang tahun itu, ada 10 tim sepak bola Indonesia tersubur yang pernah ada, yakni sebagai berikut.

  1. Persipura

Image Source: bolasport.com

Persipura adalah tim yang berasal dari daerah timur Indonesia yang berhasil mencetak 1.034 gol sepanjang 24 musim. Tim yang sebagian besar anggotanya merupakan anak-anak asli Papua ini banyak ditakuti tim lain karena skill-nya yang di atas rata-rata meskipun banyak memakai pemain lokal.

2. PSM

Image Source: indosport

Menduduki peringkat 2, ada PSM Makasar dengan total 961. Klub sepak bola dari Sulawesi Selatan ini berhasil memenangkan liga Indonesia sebanyak 6 kali.

3. Persija

Image Source: indosport

Persija Jakarta merupakan tim dari Ibu Kota Indonesia dengan jumlah 942 gol. Bahkan, Persija merupakan tim yang paling sering memenangkan liga dengan 11 kali kemenangan.

4. Persib

teknik dasar bola
Image Source: bolasport.com

Persib Bandung menduduki peringkat 4 dengan jumlah gol 861 kali. Klub asli Bandung ini termasuk banyak memenangkan liga dengan 7 kali kemenangan. 

5. Arema FC

Image Source: bola.com

Arema Malang mewakili tim dari Jawa Timur dengan 856 kali gol. Gelar bergengsi yang berhasil diraih Arema sepanjang bermain di sepak bola nasional ada 7 dengan kompetisi yang berbeda-beda.

6. Persebaya

Image Source: bolasport.com

Berikutnya, ada Persebaya yang terkenal dengan suporternya yang disebut Bonek. Klub ini berhasil mengoleksi gol sebanyak 856.

7. Semen Padang FC

Image Source: indosport.com

Semen Padang FC berhasil menjadi klub yang menduduki peringkat ketujuh dengan koleksi 624 gol. Klub ini asli dari Sumatera Barat.

8. Persita

Image Source: fandom.id

Persita Tangerang menduduki peringkat 8 dengan 505 gol. Persita merupakan klub yang mengalami pasang surut cukup signifikan.

9. PSMS

Image Source: bolasport.com

PSMS Medan berhasil mencetak 494 gol sepanjang liga. Klub asli dari Sumatera Utara ini memiliki sejarah yang cukup stabil.

10. Barito Putera

Image Source: bola.com

Barito Putera merupakan klub dari Banjarmasin. Klub ini termasuk produktif dengan gol hingga 471.

______________________________________

BACA JUGA: Daftar Olahraga yang Baik untuk Jantung Sehat

Bagi kamu yang memang suka bermain sepak bola, pastikan kelima teknik dasar di atas sudah kamu kuasai dengan baik, ya. Agar aktivitas berlatih lebih nyaman, pastikan kamu menggunakan perlengkapan bermain sepak bola yang berkualitas.

Jika belum punya, temukan perlengkapan sepak bola impianmu secara online di laman Blibli. Beragam sepatu bola hingga jersey bola yang kece tersedia secara lengkap. Skill dasar sudah bisa, ditambah perlengkapan yang berkualitas. Makin keliatan jago deh main bolanya, apalagi dengan pakai jersey berkualitas seperti Jersey Bali United. Klik banner di bawah ini karena Jersey Bali United Original sekarang sudah ada di Blibli!

promo jersey bali united

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel