Teknik Dasar Senam Lantai Ini Penting Diketahui

Teknik Dasar Senam Lantai

Teknik Dasar Senam Lantai — Buat kamu yang ingin terus sehat dan bugar, memang wajib banget berolahraga. Tapi, yang namanya olahraga juga nggak harus intens dan dilakukan di lingkungan outdoor. Buat kamu yang lagi mager ke gym juga bisa kok melakukan olahraga senam. Senam lantai misalnya, adalah jenis olahraga aerobik yang bisa kamu lakukan di rumah saja.

Kalau dilakukan dengan benar, jenis senam ini bisa bikin kamu lebih sehat dan bugar. Supaya hasil yang kamu peroleh maksimal, simak teknik dasar senam lantai berikut ini, yuk.

BACA JUGA: Ukuran Matras Senam Lantai yang Sebaiknya Kamu Tahu

____________________

1. Teknik Back Roll

Image Source: Medibank

Back roll atau senam berguling ke belakang adalah salah satu teknik dasar senam lantai. Buat melakukan olahraga ini, pertama-tama kamu berdiri tegak dengan kedua tangan di atas dengan jarak membentuk huruf V. Setelah itu, berjongkok lah dan turunkan tangan hingga lurus ke depan. Gulingkan badanmu ke bagian belakang dengan posisi tangan siap buat menyangga berat badan saat berguling.

Setelah berguling, posisi kaki harus berada di bagian atas kepala dengan telapak kaki menghadap ke atas. Arahkan telapak kaki ke arah tanah untuk kembali berpijak dengan posisi tubuh tegak.

2. Forward Roll

Image Source: innatemoves.com

Selain back roll, salah satu teknik dasar senam lantai yang populer adalah forward roll. Teknik satu ini jauh lebih gampang dan cocok buat Blibli Friends yang masih pemula. Untuk melakukan roll depan, kamu bisa memilih 2 pose awal, yaitu pose berdiri dan posisi jongkok.Tapi, buat beginner memang sebaiknya pilih pose berjongkok. Dalam posisi ini, tempatkan kedua tangan di atas matras selebar bahu.

Setelah itu, meluruskan kedua kaki sambil menekuk siku tangan. Lipat kepalamu hingga mendekat ke bagian dada, dan mulailah berguling ke depan. Pastikan kamu mendarat dengan bagian tengkuk, ya! Posisi kaki juga harus rapat antara satu dengan yang lain. Setelah itu, barulah kamu bangun dengan melepaskan tumpuan tangan dari matras.

Promo Gajian Big Payday

3. Teknik Lilin

Image Source: SehatQ

Kamu mungkin merasa familiar dengan teknik dasar senam lantai satu ini. Saat kamu duduk di bangku SD pastinya pernah diperkenalkan dengan posisi senam ini. Buat melakukan posisi ini, pertama-tama baringkan tubuhmu secara telentang. Posisi bahu juga harus menempel pada lantai. Rapatkan kaki dan angkat ke atas. Pastikan kakimu tetap berposisi lurus saat sudah sampai di atas. Angkat pinggul dan gunakan kedua tangan buat menopang pinggangmu. Pertahankan sikap ini selama beberapa menit sebelum berganti ke posisi senam lantai yang lainnya.

4. Kayang

Image Source: jurnalponsel

Buat kamu yang hobi koleksi jokes atau meme lucu, pastilah akrab dengan istilah satu ini. Walaupun sering digunakan sebagai bahan bercanda, ternyata memang ada teknik dasar senam lantai kayang, lho. Gerakan kayang juga relatif gampang. Caranya adalah dengan mengangkat badan ke bagian atas dan tidak menyentuh lantai. Sedangkan, telapak tangan dan kaki kamu jadikan sebagai tumpuan. Untuk posisi awal, kamu bisa berdiri atau duduk. Yang jelas, sesuaikan saja dengan kenyamanan kamu.

Jika kamu melakukan kayang dengan pose awal berdiri, maka pertama-tama berdirilah tegak dengan posisi kaki sedikit terbuka. Setelah itu, gerakkan satu atau kedua tangan ke bagian belakang. Tengadahkan kepala saat tubuh kamu melenting ke bagian belakang. Manfaatkan kedua tanganmu sebagai tumpuan di atas matras.

Kalau kamu masih pemula, sebaiknya lakukan posisi kayang dengan cara tiduran. Caranya, letakkan telapak tanganmu di samping telinga. Secara perlahan, lipat lutut dan angkat tubuh ke atas dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Teknik dasar senam lantai ini memang lebih gampang dibandingkan kayang dengan posisi berdiri.

____________________

BACA JUGA: Tips Memilih Baju Olahraga Yang Nyaman Dan Bebas Gerak

Olahraga senam lantai nggak lengkap rasanya kalau nggak memiliki perlengkapan yang cocok. Saat melakukan senam lantai, sebaiknya gunakan yoga mat yang bisa kamu beli di Blibli. Toko online ini menghadirkan berbagai produk senam lantai seperti matras yang bisa menemani aktivitas olahraga kamu. Harganya juga terjangkau banget, lho.

CEK HARGA MATRAS SENAM LANTAI DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY