me

5 Teknik Dasar Futsal yang Wajib Kamu Kuasai

Oct 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source: pexels.com

Teknik Dasar Futsal — Kamu salah jika beranggapan sepak bola sama dengan futsal. Meski keduanya terlihat serupa, namun sepak bola dan futsal merupakan dua olahraga yang berbeda. Perbedaan keduanya yang paling menonjol terletak di venue pertandingan. Jika sepak bola dimainkan di kawasan outdoor, futsal dimainkan di kawasan tertutup atau indoor. Selain venue, perbedaan keduanya juga terletak di jumlah pemain, durasi permainan, gaya permainan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Sepatu Futsal Brand Lokal Indonesia, Recommended Banget!


Teknik Dasar Futsal

Jika Blibli Friends lebih nyaman berolahraga di tempat tertutup, futsal bisa jadi pilihan olahraga yang tepat untuk kamu. Agar aktivitas berolahraga futsal semakin seru, kamu sebaiknya mengetahui apa saja teknik dasar futsal. Dengan begitu, memenangkan pertandingan akan lebih mudah. Langsung saja, simak teknik dasar futsal berikut.

1. Menendang Bola (Kick)

mengumpan bola
Image Source: pexels.com

Menendang menjadi teknik dasar yang wajib dikuasai para pemain futsal. Pasalnya, sepanjang permainan kamu akan dituntut untuk menendang bola menuju ke gawang lawan. Bisa dibayangkan, gimana jadinya jika teknik satu ini nggak kamu kuasai. Menendang bola bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, yakni menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan terakhir tumit. Sebelum mempelajari teknik menendang yang lain, pastikan kamu sudah benar-benar mahir menendang bola dengan kaki bagian dalam.

2. Mengumpan Bola (Passing)

teknik dasar futsal
Image Source: pexels.com

Selain diwajibkan untuk mahir menendang bola, pastikan kamu juga nggak lupa untuk belajar mengumpan bola. Teknik dasar ini wajib dipelajari untuk memudahkan tim kamu memenangkan pertandingan. Kamu nggak mau kan, salah mengumpan bola ke arah lawan? Alih-alih mendapatkan gol, kamu bisa jadi malah menguntungkan lawan. Untuk bisa benar-benar menguasai teknik ini, kamu perlu berlatih dengan baik secara rutin.

3. Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring Bola
Image Source: pexels.com

Tak hanya berbicara mengenai tendang-menendang, futsal juga identik dengan gerakan menggiring bola atau yang lebih familier disebut dengan dribbling. Teknik dasar satu ini kerap dilakukan untuk mengecoh lawan. Kecoh dan goyahkan pertahanan lawan dan lakukan teknik dribbling untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Menggiring bola ini bisa kamu lakukan dengan beberapa teknik, yakni menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, hingga punggung kaki.

4. Menembak ke Gawang Lawan (Shooting)

Menembak ke Gawang Lawan
Image Source: pexels.com

Ingin mencetak gol sebanyak mungkin dan menjadi pahlawan bagi tim kamu? Pastikan Blibli Friends menguasai teknik dasar yang satu ini. Teknik shooting ini sangat diperlukan agar kamu bisa lebih mudah dalam menendang bola ke arah gawang lawan. Gunakan ujung kaki atau ujung sepatu agar bola yang kamu tembakkan melesat kencang dan tak bisa ditangkap oleh kiper lawan. Dibutuhkan kekuatan dan keakuratan posisi bola untuk bisa menguasai teknik dasar ini.

5. Menyundul Bola (Heading)

menyundul bola
Image Source: pexels.com

Selama bermain bola, kamu hanya bisa mengandalkan kaki dan kepala untuk bisa mengarahkan bola ke gawang lawan. Sekalipun venue bermain futsal terbilang tak terlalu lebar, nggak ada salahnya jika kamu juga melatih teknik dasar satu ini. Kamu bisa melakukan heading untuk mengoper bola ke teman satu tim atau bahkan untuk mencetak sebuah gol.

Apa Itu Flank dalam Futsal?

Dalam futsal ada 4 posisi. Yang pertama ada pivot atau penyerang, lalu ada anchor atau posisi bertahan, kiper sebagai penjaga gawang, dan flank. Buat yang sering main futsal, pasti sudah tahu apa itu flank dalam futsal. Bagi yang belum tahu, flank adalah posisi yang setara dengan sayap atau gelandang dalam sepak bola biasa.

Fungsi flank dalam futsal penting, lho. Walaupun ujung tombak di dalam tim futsal adalah pivot yang menyerang, tapi yang tugasnya menggerakkan bola justru adalah flank. Jadi pemain yang ada di posisi flank justru bisa mengatur alur permainan futsal. Jadi pemain yang ada di posisi flank sangat bertanggung jawab untuk memberi bola dan ruang ke pivot. Setelah itu, pivot bisa menyerang.

Tanpa bantuan dari flank yang menggerakkan bola, pivot juga bakal kesulitan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Kerja sama yang baik antara flank dan pivot akan menghasilkan permainan yang baik. Peluang menang pun makin besar.

Tugas Pemain di Posisi Flank

Ini dia beberapa tugas posisi flank dalam futsal:

  • Membuka ruang di lapangan untuk memukul mundur tim lawan.
  • Menggiring bola semakin mendekati posisi pivot.
  • Tujuan utama adalah pivot dan gawang lawan, bukan untuk berhadapan dengan flank tim lawan.
  • Tahu kapan waktu yang tepat untuk mengoper bola ke pivot, agar pivot bisa menyerang dengan lancar.
  • Bertahan dan menghadang flank tim lawan kalau posisinya lagi diserang.
  • Membantu anchor yang ada di lini belakang untuk bertahan dan sebisa mungkin merebut bola.
  • Beradaptasi dengan formasi tim lawan, supaya bisa merebut bola dan mengatur kendali bola dengan mulus. 

Karena tugasnya yang penting banget ini, pemain futsal yang posisinya di flank harus punya stamina yang kuat. Mereka harus lincah dan fleksibel. Bahkan pemain flank yang baik juga bisa ditempatkan menjadi anchor dan pivot. Jadi sebenarnya seorang pemain flank harus jago jadi anchor sekaligus pivot.

Pemain Flank Terbaik di Indonesia

1. Vennard Hutabarat

Pemain yang akrab dipanggil Veve ini adalah pemain futsal generasi pertama. Ia pernah bertanding di Piala AFC 2002. Vennard sudah punya dasar sebagai pemain sepak bola. Prestasi terbaiknya adalah membawa tim nasional futsal Indonesia sebagai juara di Piala AFF Futsal 2010.

2. Randy Satria

Pemain yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan Akang. Randy dikenal dengan kekuatannya saat main futsal. Bersama dengan pelatih tim nasional saat itu, Kensuke Takahashi, Randy sukses memberi kontribusi besar pada Piala AFF Futsal 2019, meski Indonesia hanya berhasil menempati posisi runner up.

3. Indra Kurnia Purnomo

Indra juga bagian dari tim nasional pada Piala AFF Futsal 2010. Memang namanya nggak sebesar Vennard Hutabarat, tapi sebenarnya peran Indra penting banget di tim nasional. Pria ini sering disebut dengan panggilan Indra KP. Keunggulan Indra adalah mampu bermain tenang. Ia juga bisa mengisi posisi anchor.

4. Bambang Bayu Saptaji

Ini dia ikon futsal tanah air yang namanya lagi dielu-elukan saat ini. Bambang punya sebutan beken BBS, adalah pemain futsal pertama dari Indonesia yang punya kesempatan berkarir di tim luar negeri. Kelebihan BBS adalah kecepatannya yang tinggi dan tekniknya yang super jago. BBS juga andal banget dalam mengelabui lawan dengan gerakannya. Tembakan BBS juga keras banget.


Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Futsal

Itu tadi teknik dasar futsal yang sebaiknya kamu kuasai. Merasa sudah menguasai keseluruhan teknik dasar di atas? Kini saatnya kamu melengkapi perlengkapan bermain futsal. Semakin nyaman pakaian dan sepatu yang kamu gunakan, akan membuat pengalaman bermain futsal semakin nyaman saja.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bola futsal dengan kualitas terbaik hanya di Blibli. Yuk, buruan check out sekarang juga ya, Friends biar kamu semakin jago bermain futsal!

Bola Futsal Ortuseight Zeal FS Ball White Red 31020008 Original BNWT

DAPATKAN PERLENGKAPAN FUTSAL TERBAIK DAN ORIGINAL DI SINI

Tag: