5 Teknik Dasar Futsal yang Wajib Kamu Kuasai

Teknik Dasar Futsal

Teknik Dasar Futsal — Kamu salah jika beranggapan sepak bola sama dengan futsal. Meski keduanya terlihat serupa, namun sepak bola dan futsal merupakan dua olahraga yang berbeda. Perbedaan keduanya yang paling menonjol terletak di venue pertandingan. Jika sepak bola dimainkan di kawasan outdoor, futsal dimainkan di kawasan tertutup atau indoor. Selain venue, perbedaan keduanya juga terletak di jumlah pemain, durasi permainan, gaya permainan, dan masih banyak lagi.

Jika Blibli Friends lebih nyaman berolahraga di tempat tertutup, futsal bisa jadi pilihan olahraga yang tepat untuk kamu. Agar aktivitas berolahraga futsal semakin seru, kamu sebaiknya mengetahui apa saja teknik dasar futsal. Dengan begitu, memenangkan pertandingan akan lebih mudah. Langsung saja, simak teknik dasar futsal berikut.

BACA JUGA: Rekomendasi Sepatu Olahraga Lokal dengan Sejarah Panjang, Sering Dikira Brand Import!

______________________________________

1. Menendang Bola (Kick)

Menendang menjadi teknik dasar yang wajib dikuasai para pemain futsal. Pasalnya, sepanjang permainan kamu akan dituntut untuk menendang bola menuju ke gawang lawan. Bisa dibayangkan, gimana jadinya jika teknik satu ini nggak kamu kuasai. Menendang bola bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, yakni menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan terakhir tumit. Sebelum mempelajari teknik menendang yang lain, pastikan kamu sudah benar-benar mahir menendang bola dengan kaki bagian dalam.

2. Mengumpan Bola (Passing)

teknik futsal
Image Source:bola.com

Selain diwajibkan untuk mahir menendang bola, pastikan kamu juga nggak lupa untuk belajar mengumpan bola. Teknik dasar ini wajib dipelajari untuk memudahkan tim kamu memenangkan pertandingan. Kamu nggak mau kan, salah mengumpan bola ke arah lawan? Alih-alih mendapatkan gol, kamu bisa jadi malah menguntungkan lawan. Untuk bisa benar-benar menguasai teknik ini, kamu perlu berlatih dengan baik secara rutin.

3. Menggiring Bola (Dribbling)

Image Source: dreamsite.com

Tak hanya berbicara mengenai tendang-menendang, futsal juga identik dengan gerakan menggiring bola atau yang lebih familier disebut dengan dribbling. Teknik dasar satu ini kerap dilakukan untuk mengecoh lawan. Kecoh dan goyahkan pertahanan lawan dan lakukan teknik dribbling untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Menggiring bola ini bisa kamu lakukan dengan beberapa teknik, yakni menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, hingga punggung kaki.

4. Menembak ke Gawang Lawan (Shooting)

Image Source: olahragapedia.com

Ingin mencetak gol sebanyak mungkin dan menjadi pahlawan bagi tim kamu? Pastikan Blibli Friends menguasai teknik dasar yang satu ini. Teknik shooting ini sangat diperlukan agar kamu bisa lebih mudah dalam menendang bola ke arah gawang lawan. Gunakan ujung kaki atau ujung sepatu agar bola yang kamu tembakkan melesat kencang dan tak bisa ditangkap oleh kiper lawan. DIbutuhkan kekuatan dan keakuratan posisi bola untuk bisa menguasai teknik dasar ini.

5. Menyundul Bola (Heading)

Image Source: klikdokter.com

Selama bermain bola, kamu hanya bisa mengandalkan kaki dan kepala untuk bisa mengarahkan bola ke gawang lawan. Sekalipun venue bermain futsal terbilang tak terlalu lebar, nggak ada salahnya jika kamu juga melatih teknik dasar satu ini. Kamu bisa melakukan heading untuk mengoper bola ke teman satu ti atau bahkan untuk mencetak sebuah gol.

______________________________________

BACA JUGA: Inspirasi Hadiah Akhir Tahun Untuk Pacarmu Yang Suka Main Futsal

Itu tadi teknik dasar futsal yang sebaiknya kamu kuasai. Merasa sudah menguasai keseluruhan teknik dasar di atas? Kini saatnya kamu melengkapi perlengkapan bermain futsal. Semakin nyaman pakaian dan sepatu yang kamu gunakan, akan membuat pengalaman bermain futsal semakin nyaman saja.

Merasa nggak punya banyak waktu? Seluruh perlengkapan futsal sudah tersedia secara lengkap di laman Blibli, lho! Ada juga opsi pengembalian barang jika kamu merasa mendapat produk yang rusak atau cacat. Cusss cek sekarang!

DAPATKAN PERLENGKAPAN FUTSAL TERBAIK DAN ORIGINAL DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY