me

Belajar Fotografi Secara Otodidak? Kenali Dulu Teknik Dasar Fotografi Ini!

Dec 28, 2022.By Rio
Bagikan
Cicilan 0% KAM

Supaya bisa jadi fotografer yang menghasilkan karya keren, kamu tentu harus tahu teknik dasar fotografi yang pas. Info soal teknik dasar fotografi itu nggak hanya bisa didapat dari kelas fotografi atau sekolah tertentu, lho. Belajar sendiri juga bisa membuat kamu menghasilkan karya sekeren jepretan fotografer profesional ternama.

Menurut Garin Anugrah, fotografer profesional yang memulai kariernya serba otodidak, ada 4 teknik dasar fotografi yang nggak boleh luput dari perhatian fotografer pemula. Keempat teknik itu dimulai dari persiapan, pengambilan gambar, hingga proses setelah gambar diambil. Semuanya bersifat krusial dan wajib banget dipraktikkan. Apa aja, sih? Simak selengkapnya berikut ini!

BERBAGAI PILIHAN KAMERA UNTUK BELAJAR FOROGRAFI ADA DI SINI

1. Temukan referensi yang pas

Kamu mungkin sering mendengar istilah copy the master. Metode ini menyarankan pemula untuk mencontoh master atau orang yang sudah profesional. Menurut Garin, fotografer pemula itu layaknya anak kecil yang perlu bimbingan. Dengan kata lain, kamu setidaknya harus punya satu referensi yang bisa dicontoh. Siapapun yang kamu anggap sudah ahli, bisa dijadikan master!

Mencontoh yang dimaksud bukan berarti menjiplak atau imitasi, melainkan melakukan tiruan dengan beberapa modifikasi. Lama kelamaan, modifikasi yang dilakukan fotografer pemula akan menghasilkan gaya atau teknik foto yang baru, gaya yang orisinal.

IDOLAMU PAKAI KAMERA APA? CARI KAMERANYA DI SINI!

2. Pengaturan kamera yang sesuai

Hasil foto selalu berkaitan dengan kamera yang dipakai. Teknik dasar forografi selanjutnya yang wajib kamu lakukan berurusan dengan pengaturan kamera. Setiap kamera punya pengaturannya sendiri. Untuk itu, kamu perlu mencari banyak informasi mengenai pengaturan kamera pilihanmu dari berbagai sumber. Pengaturan kamera yang dimaksud meliputi tombol-tombolnya, cara kamu memegang, dan mengatur ketepatan objek.

Semakin kamu hapal pengaturan kamera yang kamu mau, akan semakin nyaman pula kamu dalam memotret. Apabila sudah nyaman dan terbiasa, hasil bidikan pastinya akan semakin siginifikan.

PILIHAN KAMERA DENGAN PENGATURANNYA MUDAH ADA DI SINI!

3. Perhatikan komposisi foto

Garin mengatakan bahwa selain gaya memotret dan pengaturan kamera, teknik fotografi yang nggak kalah penting adalah mengetahui komposisi foto. Sifat dari komposisi foto ini nggak pernah absolut, artinya sesuai dengan kreasi dan apa yang ingin diperlihatkan kepada orang lain.

Adapun aspek komposisi foto yang dimaksud meliputi rule of third, framing, pattern, kesimetrisan objek, perspektif, repetisi, leading lines, diagonal, poin of interest, dept of field, dan komposisi warna yang diinginkan. Secara sederhana, komposisi foto dan aspeknya ini bisa diartikan sebagai bagaimana cara kamu mengatur sebuah objek dan ruang yang melingkupinya agar terlihat bagus di lensa kamera.

KOMPOSISI FOTO YANG PAS SEKALI BIDIKAN DENGAN KAMERA INI!

4. Pentingnya proses editing

Setelah proses pengambilan gambar, tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah proses editing. Tujuannya untuk menyesuaikan gambar dengan keinginanmu, entah menaikan kontras, memperhalus gambar, dan sebagainya. Buat Garin, yang paling penting dari proses editing adalah bagaimana foto tersebut “sehati” dengan fotografernya. Sebagai contoh, kalau kamu ingin mendapatkan feeds Instagram yang artsy kamu bisa mengedit foto dengan tone yang senada atau ditambahkan template tersendiri.

KAMERA TERLENGKAP SESUAI KEBUTUHANMU ADA DI SINI


Pemaparan Garin sudah cukup jelas, kan, guys?Sekarang udah tahu dong, teknik dasar fotografi apa aja yang perlu kamu perhatikan. Biar skill fotografimu makin jago dan kamu punya referensi, kamu bisa banget menjadikan Garin sebagai master yang bisa kamu contoh atau tanya-tanya lebih lanjut di Instagram-nya @anugarin.

Jangan lupa, sebelum belajar teknik fotografi, pastikan dulu kamu sudah punya kameranya! Tunggu apa lagi? Yuk temukan kamera terbaik dengan harga terjangkau di #BlibliSekarang! Pilih kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk menghasilkan foto terbaik!

DI SINI TEMPAT YANG PALING PAS BUAT NYARI KAMERA!

Tag: