Teknik Dasar Bulu Tangkis untuk Pemula

Siapa yang nggak kenal olahraga bulu tangkis? Olahraga ini biasa dimainkan dengan cepat dan membutuhkan kekuatan serta ketangkasan fisik yang baik. Nah, jika kamu baru mau mulai mempelajari teknik bulu tangkis yang benar, tidak perlu khawatir. Sebab, teknik dasar bulu tangkis tidaklah sulit untuk dipelajari dan diterapkan. Mari simak tekniknya berikut ini:

BACA JUGA: Sepatu Badminton 200 Ribuan. Olahraga Social Distancing Paling Seru!

____________________

1. Teknik Grip

Grip adalah cara memegang raket. Cara memegang yang benar sangat penting untuk mengontrol shot sekaligus menghindari kemungkinan cedera. Cara tepat memegang raket sama seperti gerakan tanganmu saat berjabat tangan. Letakkan jempolmu di area yang lebih luas pada bagian pegangan raketnya. Jangan pegang terlalu erat karena bisa membuat gerakanmu tidak fleksibel dan meningkatkan risiko pergelangan tangan cedera.

2. Teknik Stance

Stance adalah bagaimana cara kamu berdiri saat sedang bermain bulu tangkis, baik di tengah pertandingan maupun sebelum mulai melakukan serve. Posisi berdiri yang stabil dan benar membuat kamu lebih mudah bergerak. Ada tiga posisi stance yang utama, yakni attacking stance untuk menyerang, defensive stance untuk bertahan dan net stance untuk menangkis di dekat net.

3. Teknik Footwork

Bulu tangkis dimainkan di lapangan dengan ukuran terbatas. Para atlet harus bisa menggunakan area bertanding tersebut dengan baik. Footwork sangat membantu mempermudah gerakan agar makin efektif di lapangan. Tipsnya yaitu selalu ingat base atau starting point-mu, bergeraklah maksimal 2-3 langkah mundur, berpindah maksimal 1 langkah ke samping dan 2-3 langkah maksimal ke depan.

4. Teknik Serve

Service adalah salah satu kemampuan dasar yang wajib kamu kuasai dalam bulu tangkis. Secara umum, ada dua macam service yakni high serve dan low serve. High serve menargetkan bagian pojok belakang area lapangan lawan. Sementara, low serve menargetkan bagian depan lapangan, tujuannya melayangkan kok bulu tangkis tepat di atas net agar mendarat di pojok depan lapangan.

5. Teknik Smash

Smash merupakan stroke yang paling potensial dan powerful dalam bulu tangkis. Smash berarti gerakan menangkis kok bulu tangkis dengan raket. Ada tiga macam tipe smash, yakni forehand smash, backhand smash dan jumping smash. Forehand smash mirip seperti gerakan melempar bola ke depan, sedangkan backhand smash berarti melakukan gerakan smash ke belakang. Sementara jumping smash dilakukan sambil melompat.

6. Teknik Drop Shot

Drop shot bulu tangkis adalah shot perlahan yang bisa memenangkan poin untukmu secara terselubung. Cara melakukannya dengan backhand dan forehand, teknik ini digunakan untuk mengarahkan lawan maju ke lapangan depan, sehingga tercipta space kosong di lapangan tengah dan belakang yang bisa kamu jadikan sasaran.

7. Teknik Clear or Lob

Lob shot dalam bulu tangkis bisa digambarkan sebagai gerakan yang melengkung membentuk huruf U. Tujuannya untuk mendaratkan kok sedekat mungkin dengan baseline, dengan sudut yang kelihatannya tidak mungkin dijangkau. Biasanya, gerakan ini menciptakan space kosong di depan dan tengah lapangan, sehingga membuka banyak kesempatan untukmu.

____________________

BACA JUGA: Hobi Olahraga Lari? Ini Starter Pack yang Wajib Kamu Bawa

Itu dia teknik dasar bulu tangkis. Blibli Friends bisa mulai menerapkannya sambil belajar bermain bulu tangkis. Latihan dahulu saja di halaman atau depan rumah di hari Minggu. Hitung-hitung sambil menikmati aktivitas seru bersama keluarga saat libur.

Jangan lupa gunakan raket dan kok bulu tangkis berkualitas dari Blibli agar kegiatanmu makin seru. Siapa tahu, kamu bakal jadi pemain bulu tangkis handal nanti.

CEK DAFTAR HARGA PERLENGKAPAN BULU TANGKIS/BADMINTON DI SINI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY