Simak Tata Cara Sholat Idul Fitri dan Hikmahnya

tata cara sholat idul fitri
Image Source: dekadepos.com

Tata Cara Sholat Idul Fitri – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari perayaan kemenangan setelah berpuasa 30 hari lamanya. Blibli Friends pasti juga udah menantikan momen satu ini, kan? Terlebih lagi, selama Lebaran banyak banget tradisi dan ibadah yang hanya dilakukan setahun sekali, termasuk sholat Idul Fitri. Tapi meski sudah melakukannya setiap tahun, apakah kamu sudah paham tata cara sholat idul fitri? pernahkah kamu tahu apa sebenarnya hikmah di balik sholat Idul Fitri?

Yuk, simak berbagai informasi terkait sholat Idul Fitri biar nanti ibadahmu makin khusyuk dan penuh makna!


Baca juga: Kirim Parcel Lebaran Biar Silaturahmi Tetep Jalan Pas Pandemi Gini

Hikmah Sholat Idul Fitri

tata cara sholat idul fitriSholat Idul Fitri memang termasuk ibadah sunnah. Tapi banyak banget lho, hikmah atau keutamaan yang bisa diperoleh dengan melakukannya, misalnya saja mengagungkan nama Allah di hari yang istimewa setelah bulan Ramadan. Saat sholat Idul Fitri, takbir dilakukan berkali-kali, sehingga secara nggak langsung kamu ikut mengagungkan nama Allah bersama dengan ratusan orang lainnya yang juga sedang melakukan sholat di tempat yang sama.

Hikmah lainnya adalah sholat Idul Fitri jadi tempat silaturahmi sesama saudara Muslim dan bahkan non Muslim juga. Sering banget kan, saat di masjid atau dalam perjalanan dari masjid, kamu bertemu dengan tetangga atau bahkan orang-orang yang baru dikenal, lalu saling bersalaman dan mengucapkan selamat Idul Fitri? Hal ini tentu jadi momen mengharukan yang nggak bisa dilakukan sepanjang tahun.

Yang nggak boleh dilupakan juga, sholat Idul Fitri menjadi simbol kemenangan umat muslim sedunia yang telah menahan hawa nafsu selama 30 hari dengan berpuasa. Diharapkan solat Idul Fitri bukan menjadi akhir, tapi justru awal untuk menjadi sosok yang jauh lebih baik lagi. Melihat berbagai hikmah tersebut, tentunya rugi banget kan kalau kamu sampai melewatkan sholat Idul Fitri?

Niat Sholat Idul Fitri

Image Source: islami.co

Ada pun bacaan niat dari sholat Idul Fitri adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Usholli rak’ataini sunnatan ai’dil fitri (ma’mumam/imaman) lillahi ta’ala

Artinya : “Aku berniat sholat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala

Umumnya, sholat idul Fitri ini dilakukan sejak matahari terbit hingga masuk waktu zuhur, Blibli Friends. Diketahui bahwa waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri ini diperlambat karena untuk memberikan kesempatan kaum muslim yang masih belum menunaikan zakat fitrah.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

tata cara sholat idul fitri
Image Source: bincangsyariah.com

Sholat Idul Fitri dilakukan secara berjamaah dengan jumlah minimal 4 orang jamaah. Nah, untuk sholat berjamaah, tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Membaca takbir, tahmid, dan tasbih sebelum waktu sholat Idul Fitri tiba.
  2. Sebelum memulai sholat Idul Fitri, akan diserukan ‘asshalatu jammi’ah’ (sholat berjamaah akan didirikan).
  3. Sholat Idul Fitri dimulai tanpa azan dan juga iqamah.
  4. Membaca niat sholat Idul Fitri seperti yang tertera di atas.
  5. Membaca takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan.
  6. Melakukan 7 kali takbir pada rakaat pertama. Di sela-sela takbir, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca yaitu ‘subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha ilallah wallahuakbar’ (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar).
  7. Membaca surat Al Fatihah.
  8. Dilanjutkan dengan urutan sholat seperti biasa, yakni rukuk, iktidal, sujud, duduk di atara dua sujud, sujud, dan berdiri.
  9. Melakukan 5 kali takbir pada rakaat kedua. Di sela takbir, membaca doa yang sama seperti di atas.
  10. Membaca surat Al Fatihah.
  11. Dilanjutkan dengan urutan sholat seperti biasa hingga salam.
  12. Setelah salam, tetap duduk diam mendengarkan khutbah Idul Fitri.

Apabila dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri ternyata jumlah jamaah kurang dari 4 orang dan nggak ada yang bisa melakukan khutbah, maka boleh tetap dilaksanakan sesuai kondisi.

Selain itu, ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan sebelum sholat Idul Fitri dan akan mendatangkan pahala, yaitu mandi dan memotong kuku serta memakai wewangian sebelum berangkat, kemudian menggunakan pakaian yang bersih dan terbaik, lalu makan terlebih dahulu sebelum sholat Idul Fitri. Nggak perlu sarapan lauk lengkap, bisa mengonsumsi kurma dengan jumlah ganjil seperti yang dilakukan Rasulullah.

Amalan sunnah lainnya adalah mengumandangkan takbir sejak malam hari sampai dengan pagi sebelum sholat Idul Fitri dilaksanakan. Disunnahkan juga untuk melewati rute yang berbeda pada saat berangkat melakukan sholat dan ketika pulangnya. Yang terakhir, kamu bisa mendapatkan pahala dengan saling mengucapkan selamat Idul Fitri kepada saudara sesama muslim, baik saat bertemu di masjid ketika sholat Idul Fitri maupun dengan saling berkunjung ke kediaman satu sama lain.

Amalan-amalan ini jika dilakukan tak cuma mendatangkan pahala, tapi juga membuat momen Idul Fitri setahun sekali lebih berkesan dan terasa berbeda.

Hukum Sholat Idul Fitri

foto lebaran
Via – i24NEWS

Umumnya, umat muslim mengenal sholat Idul Fitri masuk dalam kategori hukum sunnah mukadah atau biasa dikenal dengan sunah yang dianjurkan karena Rasullullah nggak pernah meninggalkan ritual ini hingga beliau wafat. Nah, dari sinilah para sahabat Rasulullah melanjutkan ritual sholat idul Fitri yang kemudian berlangsung hingga saat ini. Tapi ternyata, ada beberapa mazhab yang memiliki perbedaan hukum dari sholat Idul Fitri, yaitu:

  • Mazhab Hanafi. Dalam mazhab Hanafi, hukum sholat Idul Fitri adalah fardhu a’in alias wajib bagi setiap umat muslim, sama halnya seperti hukum sholat lima waktu.
  • Mazhab Hanbali. Dalam mazhab Hanbali, disebutkan bahwa hukum sholat Idul Fitri adalah fardu kifayah, yang berarti jika sudah dilakukan oleh sebagian umat muslim maka gugurlah kewajiban dari umat muslim lainnya.
  • Mazhab Maliki dan Syafi’’i. Kedua mazhab ini menyetujui jika hukum sholat Idul Fitri adalah sunnah muakaddah seperti yang kita ketahui selama ini. Mazham Syafi’I memang yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri, ternyata ada juga perbedaan dari dua mazhab. Ada yang menyebutkan bahwa sholat Idul Fitri harus dilaksanakan di tempat terbuka, namun ada pula yang menyebutkan sholat Idul Fitri sebaiknya dilakukan di dalam masjid. Namun tetap diperbolehkan jamaah hingga luar masjid jika memang kondisi tidak memungkinkan atau lokasi terlalu sempit.

Setiap mazhab tentu memiliki pertimbangan masing-masing, jadi Blibli Friends nggak perlu bingung dan tinggal mengikuti imam yang dipercaya karena beliau jelas lebih memahami masalah agama dan ketentuan sholat Idul Fitri.


Baca juga: Cara Ngindarin Drama ART yang Mau Nikah Pas Deket Lebaran

Nah, sholat Idul Fitri tentu nggak lengkap tanpa sarung dan mukenah. Meski nggak harus beli yang baru, tapi nggak ada salahnya di momen istimewa setahun sekali ini kamu menyiapkan perlengkapan sholat yang terbaik. Selain beli untuk diri sendiri, boleh banget nih menyiapkan hadiah perlengkapan sholat untuk keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Apalagi sekarang beli perlengkapan sholat udah makin mudah melalui Blibli dengan ragam pilihan produk terbaik.

Yuk, rayakan Idul Fitri bersama yang tersayang dengan perlengkapan sholat terbaik Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY